Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • [Formil Discussion] Pembelian Frigate seken untuk TNI-AL.

MrBhassAvatar border
TS
MrBhass
[Formil Discussion] Pembelian Frigate seken untuk TNI-AL.
Background:

Membaiknya ekonomi Indonesia dan ambrolnya Eropa Akibat Krisis mengakibatkan banyak nya alutsista Eropa yang di kandangkan. Salah satunya adalah Kapal Laut.

Meskipun 2nd, tetapi kapal kapal ini masih cukup bertaji untuk di kawasan Asia Tenggara, plus banyak diantara mereka yang BARU SAJA DIUPGRADE kemudian TERPAKSA di moth ball. Bahkan ada yang belum selesai dibuat, terpaksa dihentikan meskipun hull nya sudah setengah jadi.

Topik: Berkaca dari pengalaman TNI-AL membeli 3 kapal Nakhoda Ragam ex Brunei dan pembelian kapal kapal bekas sebelum sebelumnya, opsi ini jadi menarik. Ini dikarenakan pembuatan kapal laut membutuhkan banyak biaya dan memerlukan waktu yang lama, sendangkan TNI-AL memiliki banyak PR untuk memenuhi target MEF.

Sedangkan di sisi lain, negara negara Eropa membutuhkan banyak dana untuk recovery ekonomi mereka dan sebagian melego alutsista alutsista bekas mereka. Hubungan Indonesia dengan negara Uni Eropa juga relatif baik, sehingga dianggap pembelian ini akan mudah dilakukan

Aturan Diskusi:
- Dibatasi hanya membahas Kapal Perang jenis FRIGATE yang statusnya saat ini FOR SALE atau ada kabar kabar akan DIJUAL. Jadi jangan mikir misalnya "Ah, saya mau hibah Gepard dari Rusia". Jangan juga masukin Carrier kesini ya... Frigate only.
- Asal Frigate bebas. Mau dari Eropa, Amrik, China, Jepang dll juga ga masalah. Mau kapal bekas atau "baru tapi bekas" model NR gapapa.
- Diskusi dengan ilmiah, gak SARA, gak ngejunk. Tolong kasih data-data juga soal kapal yang akan dibeli. Diskusikan juga kira kira upgrade yang akan dilakukan TNI dan planning kelengkapan (misal: mau dipasang 76 mm Otobreda, MW-08 Radar, Tetral, Exocet, Eurotorp dan dikasih helikopter Mi-2 di geladaknya... alasan, biar sama kayak Sigma)
- Hindari pembahasan terkait hal hal non teknis, atau komen komen gak guna seperti "Palingan TNI-AL gak kuat beli kapal ini buat ngisi BBM nya..." Coba gunakan perbandingan ilmiah misalnya "saya lebih suka kapal jenis A daripada jenis B, karena yang B pake Gas Turbine, kalo jenis A pake Diesel, soalnya Turbine lebih boros dan mahal." lalu dicouner "Pake B aja, ganti turbine sama diesel..."

Sebagai awal saya kasih "Poll" untuk kapal kapal yang kira kira bisa kita akuisisi. Mohon ditambahkan sama rekan-rekan kalo ada info lagi emoticon-Smilie emoticon-Smilie

List sementara:
Bremen (Jerman)
Luigi Durand de la Penne (Italia)
Floreal (Prancis)
Krivak (Rusia)
Vasco de Gamma (Portugal)
Type 42 Batch 3 (Inggris)
Karel Doorman (Belanda)
Santa Maria (Spanyol)
Oliver Hazard Perry (Amerika Serikat)
Type 22 Frigate (Inggris)
Suffren class (Prancis)
Maestrale (Italia)
Soldati (Italia)
Polling
0 suara
Frigate Bekas apakah yang sebaiknya dipilih oleh TNI-AL?
Diubah oleh MrBhass 05-12-2013 06:21
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
70.8K
372
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.