Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

6999Avatar border
TS
6999
Tradisi mudik hanya ada di Indonesia



Tradisi "Mudik" sudah menjadi fenomena sosial dan warisan sosio-kultural mereka sangat antusias melalukan mudik ke kampung masing2 tak perduli kenaikan ongkos, antri tiket dan perjalanan panjang, sampai ironis nya korban jiwa. " Mudik" dari dasar kata " Udik" yang berarti kampung / desa diartikan umum pulang ke desa / kampung menurut kamus bahasa Indonesia WJS Poerwadarminta (1976).

Mudik " Luar Biasa " ini hanya ada di Indonesia karena kebetulan berdekatan dengan hari raya Idul Fitri yang di adakan pulang kampung massal dan serempak





Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa, mudik boleh dikatakan sebuah tradisi yang mutlak harus dilaksanakan. Pasalnya, saat mudik itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua.

Ketika mudik mereka bisa berkumpul bersama keluarga. Bukan saja keluarga kecil (dekat) saja namun keluarga dalam lingkup yang jauh lebih luas. Secara sosiologis hal itu berbeda ketika libur pada hari-hari biasa di luar Idul Fitri. Kedekatan, emosional dan semangat untuk mudik Lebaran lebih besar dibandingkan libur biasa.

Di negara lain India, Bangladesh, Malaysia, Mesir dan Nigeria juga melalukan budaya mudik pada saat Idul Fitri tapi tidak seheboh Indonesia. Adapun China yang mudik pada saat Imlek / tahun baru China.

Lalu bagaimana dengan anda?
Bagi yang bermudik selamat sampai tujuan. Bagi yang tidak mudik selamat istirahat saja...
Diubah oleh 6999 05-08-2013 08:14
0
4.4K
18
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Budaya
BudayaKASKUS Official
2.3KThread1.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.