Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LiefdeZoekersAvatar border
TS
LiefdeZoekers
(Hot News) Mega dan Surya Paloh Kandidat Wantimpres


Jakarta. Istana kini sedang menjaring sejumlah nama untuk diminta menggawangi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Tokoh partai politik termasuk yang sedang di gadang-gadang.

"Tapi, karena belum final, belum bisa saya sampaikan," kata Mensesneg Prtikno di Istana Negara, Jakarta, Kemarin.(6/1).Selain tokoh parpol, lanjut dia, sejumlah elemen lain sedang dipersiapkan. Mulai tokoh masyarakat hingga sejumlah orang ternama pimpinan organisasi sosial dan kemasyarakatan.

Dia mengungkapkan, untuk sembilan kursi anggota Wantimpres, sudah ada gambaran beberapa nama. Sambil mencari sosok lain, finalisasi akan dilaksanakan sekitar pertengahan bulan ini. "Sudah dimulai, tapi sekali lagi belum final. Jadi, belum bisa saya sampaikan," terang mantan rektor UGM tersebut.

Khusus untuk tokoh parpol, beberapa nama selama ini telah di sebut sebut. Salah seorang di antaranya Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh. Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri juga sempat di wacanakan untuk dudu di lembaga pemerintah nonstruktural yanv bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden tersebut.

Namun, tidak mudah bagi pimpinan parpol untuk masuk sebagai anggota wantimpres . Pasal 12 Undang Undang  No 19 Tahun 2006 tentang Wantimpres dengan tegas melarang rangkap jabatan. Pimpinan parpol termasuk yang dilarang. Statusnya sama dengan larangan untuk pejabat negara, pejabat struktural pada instansi pemerintah, pimpinan ormas, pimpinan LSM, pimpinan BUMN, dan beberapa lembaga lainnya.

Mereka harus mengundurkan diri jika diangkat sebagai anggota Wantimpres. Di pasal tersebut, diatur pula bahwa waktu untuk melepas jabatan yang di rangkap paling lambat tiga bulan. "Prinsipnya, semua masih dalam proses. Ditunggu saja," ujar Pratikno.

Beberapa nama lain juga sempat di sebut sebut akan masuk sebagai anggota Wantimpres. Diantara yang paling mengemuka, ada mantan Kepala badan Intelijen Negara (BIN) A.M. Hendropriyono. Anggota tim sukses Jokowi-JK saat pilpres lalu tersebut bahkan datang ke istana untuk menemui presiden senin lalu (5/1). Namun , ketika itu dia membantah anggapan bahwa kedatangannya terkait dengan jabatan. Dia menyatakan sekedar mengabarkan kondisi kesehatannya yang sudah baik. (dyn/c11/end)

Sumber: Jawa Pos, Rabu, 7 Januari 2015. Kolom Berita Utama.

Sumber Netnya : http://www.jawapos.com/teks/read/2015/01/07/3/395541/mega-dan-surya-paloh-kandidat-wantimpres

Semoga 9 Slot lebih banyak profesional daripada parpol.
Silahkan di komentari gan. Hargai TS yang sudah nulis dengan cendol. 😊
Diubah oleh LiefdeZoekers 07-01-2015 02:27
0
9.3K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.