Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

argopuroAvatar border
TS
argopuro
Jualan online via Facebook & Instagram kini dilarang di Malaysia

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Kepenggunaan Malaysia baru saja membuat kebijakan baru yang menyatakan bahwa siapa pun yang menjual barang secara online dan tak berizin melalui Facebook atau Instagram masuk dalam tindakan ilegal dan bisa dijerat hukum.

Kebijakan baru ini sendiri dibuat Pemerintahan Malaysia untuk melindungi warga negaranya dari tindak penipuan via jual beli online yang hingga kini makin meningkat. Untuk itu, para penjual barang online via Facebook dan Instagram diwajibkan untuk mendaftarkan usaha mereka Komisi Perusahaan Malaysia.

"Dalam Peraturan Perlindungan Konsumen yang baru ( Transaksi Perdagangan Online) 2012, pedagang online harus menampilkan nama, nomor telepon bisnis, nomor registrasi bisnis/perusahaan, dan alamat email mereka di Facebook atau Instagram." ujar Datuk Seri Ahmad Bashah Md Hanipah, Wakil Menteri Perdagangan Dalam Negeri Koperasi dan Kepenggunaan Malaysia.

Memang Facebook dan Instagram kini telah menjadi platform yang digunakan orang tak semata hanya sebagai jejaring sosial untuk berbagi momen pribadi, tetapi juga dijadikan wadah untuk meraih pundi-pundi uang dengan berjualan produk tertentu di dalamnya.

Transaksi menggunakan dua platform ini sendiri memang tak menyalahi aturan kedua jejaring sosial tersebut. Akan tetapi dengan banyaknya kasus penipuan yang muncul dengan modus transaksi jual beli online, akhirnya Malaysia pun mengeluarkan aturan tersebut. Setujukah Anda jika peraturan pelarang jual beli tanpa izin di Facebook dan Instagram diterapkan di Indonesia?

Sumber:
http://www.merdeka.com/teknologi/jua...-malaysia.html
0
1.8K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.