Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Joko.WiAvatar border
TS
Joko.Wi
[Revolusi Mental] Ada 'Tol Laut', Jalan-jalan Baru akan Dibangun dan Dilebarkan

ilustrasi

Jakarta -Program 'Tol Laut' yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur laut. Namun keberadaan program ini akan berdampak pada pembangunan infrastruktur di darat seperti jalan bebas hambatan (tol) hingga non tol.

Tol laut merupakan sistem transportasi laut, yang terintegrasi untuk mendukung sistem logistik antar pulau di Indonesia, dengan pemanfaatan kapal-kapal besar dengan dukungan pelabuhan-pelabuhan besar. Saat ini sedang disiapkan 24 pembangunan dan perluasan pelabuhan untuk menopang program 'tol laut'.

"Titik tol laut sudah disampaikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim. Ada 24 titik," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Djoko Murjanto kepada detikFinance, Rabu (7/1/2015).

Ia menuturkan dari 24 titik pelabuhan, lokasinya dekat dengan jalan-jalan nasional yang telah dibangun kementerian PUPR‎. Namun perlu ada peningkatan dari sisi kualitas jalan dan konektivitasnya.

"Ti‎tik-titik itu sudah di dekat lokasi jalan kita tinggal aksesnya. Kita bangunkan kalau belum ada, kalau sudah ada kita tingkatkan,"‎ katanya.

Ia menjelaskan, akses jalan ke pelabuhan tidak harus dalam bentuk jalan tol, namun bisa juga dengan jaringan jalan nasional. Jalan-jalan nasional tersebut kualitas dan kapasitasnya akan ditingkatkan.‎ ‎"Tidak harus jalan tol. Tapi kalau sudah masuk jalan nasional sudah lancar harusnya," katanya.

Rencananya kondisi jalan nasional yang menjadi akses pelabuhan akan distandarkan jadi dengan formasi 2-7-2 atau 2 meter bahu jalan, 7 meter badan jalan, 2 meter bahu jalan).

"Itu standar minimum. Kalau akases ke pelabuhan, kalau sudah 2-7-2 sudah lancar. Sekarang lebarnya ada yang baru 3 meter, belum 7 meter," katanya.

Pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan yang bertanggung jawab melakukan pembangunan pelabuhan. Alasannya masih ada titik yang dianggap kurang pas untuk dijadikan lokasi pembangunan pelabuhan.

"Seperti di Sumatera itu perlu penelitian agak dalam karena laut bagian dalam yang ada di sebelah timur pulau kan airnya dangkal sehingga tidak cocok untuk kapal besar. Tapi, kalau diletakkan di timur, itu posisinya laut bebas yang ombaknya nggak stabil. Jadi ini masih butuh penyesuaian," katanya.

Untuk pelabuhan yang terhubung dengan jalan tol, maka peningkatan akses akan dilakukan dengan mengutamakan alias memprioritaskan pembangunan jalan tol terdekat dengan pelabuhan. Misalnya di rencana lokasi tol Trans Sumatera dari Palembang-Bakauheni. Selain itu, jalan Tol Tangerang-Merak yang akan ditambah panjangnya hingga 3 Km agar terhubung langsung dengan Pelabuhan Merak.

http://finance.detik.com/read/2015/0...dan-dilebarkan

Mohon doa seluruh rakyat Indonesia (kecuali kader/simpatisan Partai KS) agar proyek ini bisa terselesaikan dengan baik..., (agar) pengerjaannya lancar sehingga bisa memberikan manfaat (bagi kita semua). Amin Ya Rabb.

Terimakasih.
0
3.8K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.