- Beranda
- The Lounge
Yang Pernah Jualan di BBM Pasti Pernah Merasakan Ini
...
TS
faris41251
Yang Pernah Jualan di BBM Pasti Pernah Merasakan Ini
Assalamualaikum Wr. Wb.
Biasakan komen yang bermutu setelah membaca
Quote:
Semua pembeli itu unik, ada yang menyenangkan, ada juga yang menyebalkan
Quote:
Quote:
Ane akan sedikit berbagi beberapa pengalaman yang ane rasakan maupun pengalaman orang lain yang berjualan via BBM, suka dukanya terhadap para pembeli.
Ya begitulah, mau bagaimana lagi, sifat-sifat setiap orang memang berbeda-beda. Kita tidak bisa merubahnya, kita hanya bisa merubah respon kita terhadap mereka
Ya begitulah, mau bagaimana lagi, sifat-sifat setiap orang memang berbeda-beda. Kita tidak bisa merubahnya, kita hanya bisa merubah respon kita terhadap mereka
Quote:
Quote:
Sebenarnya buat apa sih kita mengetahui tipe pembeli segala?
Quote:
Alasan utamanya sebenarnya hanyalah satu, yaitu agar kita cepat CLOSING
Tapi pada kenyataanya dilapangan, kita tidak bisa memaksa semua transaksi jual-beli kudu closing. Karena jika semakin dipaksakan untuk closing, orang semakin sebel kepada kita dan reputasi kita semakin jelek. Mereka berpikir, "Ini orang mau jualan atau mau nodong, maksa banget sih jualanya... Sumpah BT banget". bahkan selain itu mereka akan membenci kita dan akan menjelek-jelekan jualan kita
Tapi pada kenyataanya dilapangan, kita tidak bisa memaksa semua transaksi jual-beli kudu closing. Karena jika semakin dipaksakan untuk closing, orang semakin sebel kepada kita dan reputasi kita semakin jelek. Mereka berpikir, "Ini orang mau jualan atau mau nodong, maksa banget sih jualanya... Sumpah BT banget". bahkan selain itu mereka akan membenci kita dan akan menjelek-jelekan jualan kita
Quote:
"Jangan pernah paksa orang lain beli produk Agan, jika Agan tidak mengenal mereka"
Quote:
5 Tipe Pembeli di BlackBerry
Quote:
1. Brengsek
Quote:
mereka adalah pembeli yang sangat tidak kita harapkan keberadaanya. Lebih baik tidak mengenal mereka daripada kudu bertransaksi terhadap mereka
Quote:
Ane binggung mau kasih sebutan apa kepada tipe ini, tapi memang begitulah keadaan mereka.
Bayangkan saja... Jika ini terjadi kepada agan, apa yang agan rasakan jika mereka menipu agan? Apa yang agan rasakan jika mereka mengambil sedikit demi sedikit pelanggan agan untuk beralih ke kompetitor lain? *nyesek*
Bayangkan saja... Jika ini terjadi kepada agan, apa yang agan rasakan jika mereka menipu agan? Apa yang agan rasakan jika mereka mengambil sedikit demi sedikit pelanggan agan untuk beralih ke kompetitor lain? *nyesek*
Quote:
Apa saja ciri-ciri pembeli tipe brengsek itu? Dan bagaimana cara mengatasinya?
Mereka mengatakan sudah transfer ke rekening agan, tapi kenyataanya belum. Ketika dikonfirmasikan mereka tetap saja ngeyel bilang sudah transfer, padahal kenyataanya uang belum masuk ke rekening agan.Ketika agan minta bukti transfer darinya, mereka banyak alasan dan tidak memberikan bukti transfernya, yang paling menyebalkan mereka mengirim bukti transfer "SMS Banking" dengan nomor resi yang ngarang, tetapi di rekening tidak ada uang yang sudah diterima. Alhasil merekalah yang penipu
Beri kepada mereka nama singkat agan di informasi rekening, ketika mereka sudah transfer uang mereka akan tau nama panjang agan dari nomor rekening tujuan, jadi agan tinggal tanya siapa nama panjang agan yang tertera dalam rekening
Mereka sebenarnya bukan pembeli produk agan, mereka hanya berpura-pura menjadi pembeli produk agan. Itu adalah strategi mereka.
Misalkan mereka minta kepada agan untuk dimasukan ke grup BBM agan. Setelah masuk grup, mereka akan invite satu per satu costumer agan yang ada di grup itu. Lama kelamaan mereka akan leave grup dan akan menghubungi costumer agan satu per satu
Lebih telitilah dalam memilih orang yang pantas masuk digrup BBM agan, sehingga agan tidak akan salah unuk memasukan orang lain kedalam grup BBM agan
Quote:
- Suka Nipu
Mereka mengatakan sudah transfer ke rekening agan, tapi kenyataanya belum. Ketika dikonfirmasikan mereka tetap saja ngeyel bilang sudah transfer, padahal kenyataanya uang belum masuk ke rekening agan.Ketika agan minta bukti transfer darinya, mereka banyak alasan dan tidak memberikan bukti transfernya, yang paling menyebalkan mereka mengirim bukti transfer "SMS Banking" dengan nomor resi yang ngarang, tetapi di rekening tidak ada uang yang sudah diterima. Alhasil merekalah yang penipu
Spoiler for Solusi::
Beri kepada mereka nama singkat agan di informasi rekening, ketika mereka sudah transfer uang mereka akan tau nama panjang agan dari nomor rekening tujuan, jadi agan tinggal tanya siapa nama panjang agan yang tertera dalam rekening
Quote:
- Nyuri Costumer Agan, Pindah ke Kompetitor
Mereka sebenarnya bukan pembeli produk agan, mereka hanya berpura-pura menjadi pembeli produk agan. Itu adalah strategi mereka.
Misalkan mereka minta kepada agan untuk dimasukan ke grup BBM agan. Setelah masuk grup, mereka akan invite satu per satu costumer agan yang ada di grup itu. Lama kelamaan mereka akan leave grup dan akan menghubungi costumer agan satu per satu
Spoiler for Solusi::
Lebih telitilah dalam memilih orang yang pantas masuk digrup BBM agan, sehingga agan tidak akan salah unuk memasukan orang lain kedalam grup BBM agan
Quote:
2. Menyebalkan
Agan pernah menghadapi orang yang sudah berjanji mau beli, tapi akhirnya tidak beli-beli? Nah... inilah yang disebut hit & run.Di-SMS ngak dibalek, di_BBM juga ngak diread, ditelpon juga ngak diangkat.
Hadeeh... PHP banget bro -__-'
Jangan buang-buang waktu menghadapi tipe yg seperti ini. Hanya ingatkan seperlunya saja. Selebihnya, jika memang tidak ada kabar lagi tinggalkan saja. InsyaAllah masih banyak orang yang membutuhkan kita
Walaupun hal ini sebenarnya wajar, tapi baisanya sebel juga menghadapinya. Misal: "Mas, ini bener kan dikirim siang ini? Mas ngak nipu kan?"Waduh... belum apa-apa udah dituduh nipu aja
Pasang testimoni yang bisa dipercaya dalam Display Picture. Cantumkan nomor telpon agan dalam Display Name agan, agar mereka bisa menghubungi agan langsung untuk membuktikan bahwa agan orang baik-baik
Setiap kita menawarkan produk baru mereka tidak pernah melakukan pembelian. Misalnya...
Pembeli: "Ih, barang lucu amat gan, berapa harganya?"
Agan: "35.000 sist"
Pembeli: "Ongkir berapaan gan?"
Agan: "Kemana?"
Pembeli: "Ke Sorong, Papua gan"
Agan: "Ongkir ke Sorong 86.000"
Pembeli: Yah... mahalan ongkirnya ga, gak jadi deh, kapan-kapan aja"
Agan minta dia cek langsung ke website pengiriman jasa paket yang agan gunakan. Atau agan minta rekomendasi penguruman yang cocok dan murah ke kota mereka. Biarkan mereka yang menentukan sendiri"
Mereka pilih barang "A" dan janji akan segera transfer. Karena Agan tidak ingin kehilangan barang tersebut, maka Agan membeli barang yang mereka inginkan ke supplyer dan keep barang tersebut. Setelah Agan konfirmasi ulang ke pembeli, mereka tidak merespon, bahkan tidak membalas pesan dari Agan, atau mereka bilang "Mas, ngak jadi beli deh kayaknya...". Bayangkan... bagaimana ngak nyesek, Agan sudah keluar duit untuk beli barang ke supplyer, eeeh ujung-ujungnya ngak jadi beli. Huft... *ngelus dada* sabar-sabar -___-'
Sebelum dia transfer, pastikan Agan tidak keluarkan barang dulu, walau untuk keepbarang tersebut dari supplyer. Ini untuk meminimalisir resiko. Bilanglah kepadanya, "JIka ingin keep silahkan transfer terlebih dahulu" setelah mereka transfer, minta bukti transfernya lewat BBM atau MedSoc lainya. Jika bukti transfer sudah agan trima, baru lakukan pemesanan barang ke supplyer
"Kalau stock barang habis bagaimana?"
Salah dia juga, kenapa ngak segera transfer, karena barang terbatas, jika belum transfer maka barang tidak bisa di keep dahulu
Quote:
Ane yakin agan pernah berhadapan dengan tipe pembeli yang menyebalkan yang dimana orang-orang seperti ini bakalan buat emosi agan naik, tapi walaupun begitu tipe ini masih mendingan daripada tipe pertama tadi
Quote:
- Hit & Run
Agan pernah menghadapi orang yang sudah berjanji mau beli, tapi akhirnya tidak beli-beli? Nah... inilah yang disebut hit & run.Di-SMS ngak dibalek, di_BBM juga ngak diread, ditelpon juga ngak diangkat.
Hadeeh... PHP banget bro -__-'
Spoiler for Sulusi::
Jangan buang-buang waktu menghadapi tipe yg seperti ini. Hanya ingatkan seperlunya saja. Selebihnya, jika memang tidak ada kabar lagi tinggalkan saja. InsyaAllah masih banyak orang yang membutuhkan kita
Quote:
- Curigaan
Walaupun hal ini sebenarnya wajar, tapi baisanya sebel juga menghadapinya. Misal: "Mas, ini bener kan dikirim siang ini? Mas ngak nipu kan?"Waduh... belum apa-apa udah dituduh nipu aja
Spoiler for Solusi::
Pasang testimoni yang bisa dipercaya dalam Display Picture. Cantumkan nomor telpon agan dalam Display Name agan, agar mereka bisa menghubungi agan langsung untuk membuktikan bahwa agan orang baik-baik
Quote:
- Nanya Doang!
Setiap kita menawarkan produk baru mereka tidak pernah melakukan pembelian. Misalnya...
Pembeli: "Ih, barang lucu amat gan, berapa harganya?"
Agan: "35.000 sist"
Pembeli: "Ongkir berapaan gan?"
Agan: "Kemana?"
Pembeli: "Ke Sorong, Papua gan"
Agan: "Ongkir ke Sorong 86.000"
Pembeli: Yah... mahalan ongkirnya ga, gak jadi deh, kapan-kapan aja"
Spoiler for Solusi::
Agan minta dia cek langsung ke website pengiriman jasa paket yang agan gunakan. Atau agan minta rekomendasi penguruman yang cocok dan murah ke kota mereka. Biarkan mereka yang menentukan sendiri"
Quote:
- Sudah KeepBarang, Tapi Ngak Jadi Beli
Mereka pilih barang "A" dan janji akan segera transfer. Karena Agan tidak ingin kehilangan barang tersebut, maka Agan membeli barang yang mereka inginkan ke supplyer dan keep barang tersebut. Setelah Agan konfirmasi ulang ke pembeli, mereka tidak merespon, bahkan tidak membalas pesan dari Agan, atau mereka bilang "Mas, ngak jadi beli deh kayaknya...". Bayangkan... bagaimana ngak nyesek, Agan sudah keluar duit untuk beli barang ke supplyer, eeeh ujung-ujungnya ngak jadi beli. Huft... *ngelus dada* sabar-sabar -___-'
Spoiler for Solusi::
Sebelum dia transfer, pastikan Agan tidak keluarkan barang dulu, walau untuk keepbarang tersebut dari supplyer. Ini untuk meminimalisir resiko. Bilanglah kepadanya, "JIka ingin keep silahkan transfer terlebih dahulu" setelah mereka transfer, minta bukti transfernya lewat BBM atau MedSoc lainya. Jika bukti transfer sudah agan trima, baru lakukan pemesanan barang ke supplyer
"Kalau stock barang habis bagaimana?"
Salah dia juga, kenapa ngak segera transfer, karena barang terbatas, jika belum transfer maka barang tidak bisa di keep dahulu
Quote:
3. REWEL
Tipe ini adalah tipe yang sangat berhati-hati. Dia bertanya tentang produk yang ingin dia beli. Sampai semua produk yang kita jual mereka tanyakan. Walaupun ujung-ujungnya mereka cuma beli satu saja. Misalnya...
Pembeli: "Gan, yang di DP berapa harganya"
Agan: "125.000"
Pembeli: "Ada warna apa aja gan?"
Agan: "Pink, kuning, ijo dan Ungu"
Pembeli: "Selain itu ada yang lainya lagi ngak?"
Agan: "Ada sist, minatyang warna apa?"
Pembeli: "Coba lihat dulu deh semua"
Agan: (Sensing picture)
Pembeli: "Yang ini berapa?"
Agan: "145.000"
Pembeli: "Kalau yang ini?"
Agan: "180.000"
dan seterusnya. Akhirnya...
Pembeli: "Beli yang tadi aja deh" *gubrak* -___-'
Ikutin saja, follow dia. Apa yang jadi permintaanya bersabarlah... Gunakan teknih closing yang tepat
Tipe ini suka gonta-gantipesanan dalam beberapa menit saja. Padahal kitanya sudah terlanjur pesan ke supplyer kita, karena jika tidak ceoat pesan nanti terlanjur habis dulu barangnya. Dampaknya, kita harus minta maaf ke supplyer kita karena kita sedang menghadapi pelanggan yang piln plan.
Berikan keyakinan kepada pembeli setiap kali memilih produk tertentu. Katakan juga kepadanya kalau produk yang sudah dibeli tidak bisa ditukarkan kembali dengan barang lain.
Pernah ngak.. Ketika orang lain ingin membeli ke kita, mereka malah marah-marah kepada kita. Misalnya, "Lama amat sih balesnya? Niat jualan ngak sih?" atau biasanya dia memberi "PING!!" berkali-kali sampai kita menjawabnya. Padahal kita kan juga manusia, ngak selamanya pegang BBM.
Beda tipis dengan tipe menyebalkan, tipe ini sudah melakukan tranfer ke rekening agan. "Mas, barangnya kog nak sampai-sampai sih? Mau nipu ya?" Zzzzzz.... Padahal kita tidak dapat mengendalikan lama atau cepatnya pengiriman barang.
Setelah barang dikirim berikan nomor resi pengirimanya, sehingga mereka bisa cek pengiriman ke website jasa pengiriman langsung.
Quote:
Diantara tipe-tipe lainya ane yakin Agan pernah mengalami tipe yang seperti ini.
Lagi-lagi mereka menguji kesabaran Agan.
Lagi-lagi mereka menguji kesabaran Agan.
Quote:
- [EMAIL]Cerewet[/EMAIL]
Tipe ini adalah tipe yang sangat berhati-hati. Dia bertanya tentang produk yang ingin dia beli. Sampai semua produk yang kita jual mereka tanyakan. Walaupun ujung-ujungnya mereka cuma beli satu saja. Misalnya...
Pembeli: "Gan, yang di DP berapa harganya"
Agan: "125.000"
Pembeli: "Ada warna apa aja gan?"
Agan: "Pink, kuning, ijo dan Ungu"
Pembeli: "Selain itu ada yang lainya lagi ngak?"
Agan: "Ada sist, minatyang warna apa?"
Pembeli: "Coba lihat dulu deh semua"
Agan: (Sensing picture)
Pembeli: "Yang ini berapa?"
Agan: "145.000"
Pembeli: "Kalau yang ini?"
Agan: "180.000"
dan seterusnya. Akhirnya...
Pembeli: "Beli yang tadi aja deh" *gubrak* -___-'
Spoiler for Solusi:
Ikutin saja, follow dia. Apa yang jadi permintaanya bersabarlah... Gunakan teknih closing yang tepat
Quote:
- Plin Plan
Tipe ini suka gonta-gantipesanan dalam beberapa menit saja. Padahal kitanya sudah terlanjur pesan ke supplyer kita, karena jika tidak ceoat pesan nanti terlanjur habis dulu barangnya. Dampaknya, kita harus minta maaf ke supplyer kita karena kita sedang menghadapi pelanggan yang piln plan.
Spoiler for Solusi::
Berikan keyakinan kepada pembeli setiap kali memilih produk tertentu. Katakan juga kepadanya kalau produk yang sudah dibeli tidak bisa ditukarkan kembali dengan barang lain.
Quote:
- Tidak Sabaran
Pernah ngak.. Ketika orang lain ingin membeli ke kita, mereka malah marah-marah kepada kita. Misalnya, "Lama amat sih balesnya? Niat jualan ngak sih?" atau biasanya dia memberi "PING!!" berkali-kali sampai kita menjawabnya. Padahal kita kan juga manusia, ngak selamanya pegang BBM.
Spoiler for Solusi::
Kalau memang agan sedang sibuk dan tidak bisa fast respon, buatlah tanda "busy". Perjelas dengan tulisan "Maaf, selow respon"
Quote:
- Tidak Sabar Menunggu Pengiriman
Beda tipis dengan tipe menyebalkan, tipe ini sudah melakukan tranfer ke rekening agan. "Mas, barangnya kog nak sampai-sampai sih? Mau nipu ya?" Zzzzzz.... Padahal kita tidak dapat mengendalikan lama atau cepatnya pengiriman barang.
Spoiler for Solusi::
Setelah barang dikirim berikan nomor resi pengirimanya, sehingga mereka bisa cek pengiriman ke website jasa pengiriman langsung.
Quote:
HEMAT
Ane yakin pasti agan paling sering nemu tipe yang seperti ini.Maunya diskon mulu, padahal kita sudah kasih harga paling murah.
Untuk mensiasatinya, tawarkan edisi ekonomis dari produk Agan. Atau jika sulit untuk melakukanya, Agan bisa menawarkan jasa pengiriman degan tarif lebih murah
Mereka banyak bertanya tentang manfaat yang didapatkan dari produk Agan. Apakan produk Agan bisa menyelesaikan masalahnya atau tidak?
Quote:
Orang-orang yang seperti ini terlalu perhitungan dengan yang dia beli. Pembeli yang seperti ini memang banyak memperhitungkan seberapa besar manfaat yang didapatkan dengan beli produk Agan.
Quote:
- Minta Diskon
Ane yakin pasti agan paling sering nemu tipe yang seperti ini.Maunya diskon mulu, padahal kita sudah kasih harga paling murah.
Spoiler for Solusi::
Untuk mensiasatinya, tawarkan edisi ekonomis dari produk Agan. Atau jika sulit untuk melakukanya, Agan bisa menawarkan jasa pengiriman degan tarif lebih murah
Quote:
- Tanya Manfaat
Mereka banyak bertanya tentang manfaat yang didapatkan dari produk Agan. Apakan produk Agan bisa menyelesaikan masalahnya atau tidak?
Spoiler for Solusi::
Siapkan penjelasan yang detile dan lengkap. Simpan dari setiap penjelasan di keyboard AutoText Agan. Sampaikan manfaat dan fungsi dari setian produk
Quote:
ASYIK
- Beli banyak
- Langsung transfer
- Ngak banyak nawar
- Ngak minta free ongkir
- Dan lain-lain
Quote:
Tipe inilah yang kita tunggu-tunggu. Semua orang pasti mengingginka tipe pembeli yang seperti ini.
Quote:
- Beli banyak
- Langsung transfer
- Ngak banyak nawar
- Ngak minta free ongkir
- Dan lain-lain
Quote:
Bayangkan kalau semua pembeli seperti ini, pasti hidup Agan bahagia
Quote:
Diubah oleh faris41251 26-10-2014 10:21
0
4.9K
Kutip
32
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.3KThread•84KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok