Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

widdynugrahaAvatar border
TS
widdynugraha
Tips Sukses Berwirausaha
Tips Sukses Berwirausaha
Assalamualaikum agan dan aganwati semua,

disini widdy mau coba bagi tips sukses berwirausaha emoticon-Malu (S),,

1. Kenali dulu usaha yang mau agan/aganwati geluti. ( emoticon-Bingung (S) bahasa geluti dalam bahasa indonesia apa yah )
Tips Sukses Berwirausaha
Setelah agan/aganwati semua sudah memilih usaha apa yang mau di geluti, agan/aganwati harus kenal dulu dengan usaha tersebut, karena kalau tidak kenal tidak sayang emoticon-Malu (S) , oleh karena itu kalau agan/aganwati udah sayang sama usahanya insya allah bakal di perjuangkan sama agan/aganwati semua..
emoticon-Bingung (S) bagaimana sih cara kenalan sama usaha ??

- Kenali dulu pesaingnya,
sama seperti mengeceng seorang pasangan kita pasti bersaing ketat dengan orang lain, begitu juga dengan usaha, contoh usaha yang banyak pesaingnya adalah jualan handphone,, seperti kisah bb yang tenggelam dan superiornya apel, kenapa bb tenggelam? karena ga ada keunikan kalau dulu sih iya gaya karena ada pin tp sekarang ?? emoticon-Cape d... (S) udah semua hp bisa pakai pin, tapi kenapa apel bisa bertahan , banyak faktor pertama gengsi kedua entertaiment bgt yg 3 aple ga pernah setengah setengah mengarap produknya..

- Kenali dulu resikonya.
setiap usaha pasti ada resiko sekecil apapun itu, kita harus coba berfikir resiko apa saja yang di timbulkan karena usaha kita ini, saya kasih contoh, buka usaha rumah makan, kalau makanan kita ga habis otomatis di buang dan itu ada resiko usaha rumah makan, emoticon-Cape d... (S) tapi ada saja pedagang rumah makan yang curang tapi insya allah yang curang tidak akan lama.

- Kenali dulu kekuatan produknya.
Saya ambil contoh dan ini real kenyataan di alami, semua orang bisa jualan bahan mentah untuk kaos, tapi ada salah satu toko, enci enci yang jual dia baik sekali, kebetulan waktu itu hujan gede, baru pertama kali ada pemilik toko yang nawarin " mau beli batagor , nanti saya yang bayar " terus " itu kopinya ga usah di bayar nanti saya yang bayar " wah dan itu sangat mengena bgt sama saya, bukan karena makanan gratis tetapi enci enci tersebut memperlakukan pelanggannya seperti temannya tidak seperti pembeli dan penjual, apa lagi waktu itu kita banyak nanya bgt tetapi belinya sedikit..

-Kenali modalnya
Setiap usaha harus mengeluarkan modal, modal disini tidak melulu berbicara soal uang, tetapi waktu dan tenaga,, apakah usaha ini menyita semua wktu anda jadi waktu dengan keluarga abis? apakah usaha ini menghabiskan tenaga anda jadi ga ada tenaga untuk bermain dengan anak dan keluarga anda?? coba pikirkan baik baik..

- Kenali dulu keuntungannya
emoticon-Bingung (S) loh ko keuntungan harus di kenali ?? bukannya itu bagian enak nya, .. Yup betul setiap usaha pasti yang di cari untungnya, tapi ada beberapa keuntungan yang harus kita pikirkan, apakah untungnya hanya musiman? atau berkelanjutan, atau bahkan untungnya hanya bisa buat dapur ngebul saja ? semua itu harus kita pertimbangkan.

Setelah semua di kenali , tahap selanjutnya

2. FOKUS
Tips Sukses Berwirausaha
ini yang menjadi point penting lainnya dalam usaha, banyak yang berwirausaha tetapi semua di pegang dan lebih parah lagi beda jenis usaha, contoh usaha jual bahan pakaian tapi usaha juga bidang IT dan usaha juga bidang pertenakan ,itu bisa saja di lakukan kalau usaha kita sudah besar jadi kita bisa mendelagasikan ke orang kepercayaan kita salah satu usahanya, tetapi kalau masih berjuang sendiri lebih baik fokus dulu dan buat besar dulu usaha anda. jgn di tengah jalan pindah usaha karena tergiur dengan untungnya.

3. Berhemat
Tips Sukses Berwirausaha
Kenapa di Indonesia banyak orang cina kaya raya ? emoticon-Bingung (S) jawabnya simple , mereka pandai berhemat, mereka tidak akan foya foya kalau tidak kaya beneran, beda dengan bangsa kita, dapat untung dikit beli hp baru atau traktir teman teman dan di tengah bulan ngelamun emoticon-Cape d... (S) , kalau yang niat berwirausaha coba jauhkan sifat itu perlu kita contoh sifat berhematnya orang cina.

4. Kalau gagal sekali, bangkit lagi, gagal lagi bangkit lagi..
Tips Sukses Berwirausaha
Siapa yang tidak kenal KFC , dan siapa yang belum pernah makan disana .. pasti semua sudah kenal dan sudah pernah makan, tapi tahu tidak sejarahnya KFC? emoticon-Bingung (S) ... sang pemilik resep yaitu kolonel sanders harus jatuh bangun sebanyak 99x baru di 100 resepnya diterima dan meledak seperti sekarang. begitu pula dengan om saya, dia membangun usahanya jatuh bangun, sampai bilang " mending migrasi ke kampung dari pada kekota harus kerja kaya gini " kebeteluan om lulusan SMA, terus dia merintih usaha perikanan dan sekarang sudah besar usaha ikannya sudah besar dia delegasikan ke orang kepercayaanya dan sekarang buka pertenakan ayam.. kalau boleh cerita waktu usahanya jatuh ada yang nawarin PNS tapi om menolak dengan alasan waktunya akan habis kalau PNS dan usahanya akan mati, dia memilih menolak dan melanjutkan usahanya sampai besar sekarang, sudah punya pemancingan yang luas kandang ayam yang luas dan 2 tingkat lag 3 buah ,, emoticon-Cape d... (S) rumah aku saja hanya 1 tingkat ini ayam 2 tingkat...


Insya allah dengan niat yang baik akan selalu menghasilkan yang baik pula.

boleh dung yang suka minta cendol emoticon-Cendol (S) atau bintangnya emoticon-Malu (S)

kalau ada yang mau diskusi bisa kirim emoticon-Cek PM (S) saja oke emoticon-Big Grin ..
Diubah oleh widdynugraha 06-01-2015 08:23
0
3K
38
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.