Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

veiilaAvatar border
TS
veiila
BukanJanjiSaya, Subdisi BBM buat | Janji Rp1,4 Miliar, Dana Desa Cuma Cair Rp120 Juta
Janji Rp1,4 Miliar, Dana Desa Cuma Cair Rp120 Juta

Jakarta, HanTer - Janji pemerintah pusat memberikan dana desa hingga Rp 1,4 miliar setiap tahunnya, ternyata janji manis belaka.

Hal itu dipastikan usai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyiapkan lima Peraturan Menteri (Permen) terkait pedesaan. Yang masing-masing Permen berisi tentang kewenangan, keuangan, musyawarah, pelatihan dan pendampingan, serta Permen hal Peraturan Pedesaan.

Permen tersebut untuk mengatur regulasi teknis. Sehingga dalam anggaran untuk desa ada payung hukum dan rujukannya. Apalagi Undang-undang Desa telah mengamanatkan pada pemerintah mengalokasikan anggaran Dana Desa sebesar 10 persen di luar dana transfer daerah atau sekitar Rp1,4 miliar per desa.

“Tapi alokasi dana itu tidak mencapai angka Rp 1,4 miliar karena minimnya dana yang dianggarkan. Pemerintah mengalokasikan Rp 9,01 triliun untuk alokasi dana ke desa-desa, atau masing-masing desa hanya mendapatkan Rp 120 juta,” katanya di Jakarta, Senin (22/12/14) kemarin.

Kementerian DPDTT, kata Marwan, kini tengah memerjuangkan agar kebijakan anggaran pemberdayaan masyarakat desa (PMD) dapat direvisi. Paling tidak ditambah menjadi Rp 29 triliun yang akan disalurkan ke 74.000 desa sesuai amanat UU Desa. Sehingga masing-masing desa dapat memeroleh Rp 350 juta lebih.

“Kita akan ajukan revisi, dinaikkan menjadi Rp 29 triliun. Dana PMD tersebut akan disalurkan ke 74.000 desa. Saya berpesan kepada kepala desa agar pelaporan dana harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena KPK akan mengawasi langsung dana ini. Kemudian, penggunaannya juga harus disesuaikan dengan potensi masyarakat desa,” ujarnya
http://harianterbit.com/read/2014/12...air-Rp120-Juta

Jokowi Janji Tingkatkan Dana Desa Hingga Rp 2 Miliar
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko mengatakan, Joko Widodo (Jokowi) berjanji untuk meningkatkan anggaran untuk desa berprestasi hingga Rp 2 miliar per tahun.
"Saya malah berpikir kalau ada desa yang bagus prestasinya, mengembangkan badan usaha milik desa bagus, menanggulangi kemiskinan, nanti anggaran akan saya tingkatkan Rp 2 miliar," kata Budiman menirukan pernyataan Jokowi di Jakarta, Selasa (9/9).
Awalnya, kata dia, Jokowi bertanya tentang kondisi di lapangan. Termasuk dana desa per tahun yang tepat berdasarkan jumlah anggaran yang diserap.
Budiman menjelaskan, kondisi pedesaan tidak bisa dipukul rata. Karena ada perbedaan jumlah kepala keluarga per desa.
"Kalau berdasar APBN seharusnya anggaran untuk desa Rp 64 triliun plus APBD ada Rp 40 triliun lagi. Terus desa cocoknya berapa? Rp 1,4 miliar per desa itu pas," kata Budiman.
Ia menyarankan, jumlah anggaran itu sebaiknya dipertahankan selama minimal lima tahun. Jika dilakukan, ia optimistis kemiskinan bisa dikurangi dan rumah kumuh bisa ditanggulangi.
Dari hasil diskusi tersebut, Jokowi justru menjanjikan anggaran Rp 2 miliar per tahun untuk desa berprestasi.
Jokowi yakin, anggaran minimal Rp 2 miliar per desa sangat bisa diwujudkan. Yaitu dengan adanya pengalihan anggaran subsidi BBM serta penghematan anggaran di 14 kementerian.
http://www.republika.co.id/berita/na...ga-rp-2-miliar

Revolusi Mental dan 8 Janji Jokowi-JK


Dana Rp 1,4 Miliar per Desa Setiap Tahun
Di bidang kesejahteraan sosial, Jokowi-JK berjanji menyejahterakan desa. Caranya dengan mengalokasikan dana untuk setiap desa rata-rata Rp 1,4 miliar per tahun.

Dana tersebut diberikan dalam bentuk program bantuan khusus dan menjadikan perangkat desa menjadi PNS secara bertahap.

Jokowi-JK juga berjanji meningkatkan anggaran penanggulangan kemiskinan termasuk memberikan subsidi Rp 1 juta setiap bulannya untuk keluarga prasejahtera sepanjang pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 7 %.

Program lainnya adalah kepemilikan tanah pertanian untuk 4,5 juta kepala keluarga dan kemudian perbaikan irigasi di 3 juta hektar sawah. Pembangunan 25 bendungan, 1 juta hektar lahan baru baru dan pendirian bank petani dan UMKM, serta penguatan Bulog
http://news.detik.com/read/2014/07/2...kowi-jk#bigpic

#AkuRAPOPO ^_^
#PANASTAK KODOK SILAHKAN TERGUNCANG RAME2 DISINI...


PANASTAK DATANGLAH
Diubah oleh veiila 23-12-2014 05:23
0
6.1K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.