Permisi agan-agan sekalian, ane newbie nih lagi belajar-belajar nulis tentang ilmu-ilmu marketing sesuai pengetahuan dan pengalaman ane sendiri. Maaf banget kalo ilmunya masih standard banget nih, maklum masih belajar jadi mohon masukannya. Jangan di caci yah.
Quote:
5 Cara Mudah Memuaskan Pelanggan
Memberikan hadiah natal kemarin ini kepada anak-anak kita, memberikan saya beberapa pelajaran penting tentang kepuasan pelanggan. Kita semua tahu bahwa karena pelangganlah usaha kita ada dan kepuasan pelanggan membuat usaha itu bahkan menjadi lebih baik. Jadi kalau mau membuat pelangganmu bergembira seperti anak-anakmu saat menerima hadiah natal dipagi hari? Coba perhatikan beberapa hal dibawah ini:
#1. Tanya pelangganmu apa yang mereka butuhkan.Seperti kita bertanya kepada anak-anak kita, apa yang mereka butuhkan dihari natal, begitupun juga kita perlu bertanya kepada pelanggan kita dan dengarkan apa kebutuhan mereka. Apa yang mereka butuhkan? Bagaimana mereka ingin mendapatkannya? Kapan mereka ingin mendapatkannya? Dan mengapa mereka ingin mendapatkannya? Percaya deh, ketika kita dapat menjawab pertanyaan tersebut berarti kita ada diposisi yang lebih baik untuk melayani mereka.
#2. Kebutuhan pelanggan selalu berubah. Kalau kita tidak mampu untuk berubah seiring dengan perkembangan perubahan kebutuhan pelanggan, berarti kita akan kehilangan mereka. Coba pikirkan sejenak, apa yang dibutuhkan oleh anak kita sebagai hadiah tahun lalu pastinya berubah ditahun ini, benarkan? Hal yang sama berlaku juga untuk kebutuhan pelanggan. Pastikan mereka tidak membutuhkan barang-barang yang sudah tidak kita tawarkan lagi. Ingatlah segala sesuatu berubah begitu juga dengan kita seharusnya, berlakulah lebih fleksibel dan siap untuk berubah seiring perjalanan waktu.
#3. Miliki hubungan yang baik dengan pelangganmu. Hanya jika kita memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan, kita dapat dengan mudah mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan. Bukan tidak mungkin mengatakan secara sukarela apa yang mereka butuhkan, persis seperti anak kita memberitahukan kepada kita apa yang mereka inginkan untuk hadiah natalnya. Pelanggan yang merasa nyaman dengan kita akan dengan sukarela memberitahukan apa yang sebenarnya mereka butuhkan, apa yang sebenarnya memuaskannya. Seperti halnya anak kita, apa yang mereka minta tentu akan membuatnya bergembira bukan? Jadi seperti halnya kita sebagai orang tua, miliki juga hubungan yang baik dengan semua pelangganmu. Ketahuilah nama mereka, apa yang membuatnya bahagia, galilah lebih dalam dan buatlah koneksi dengannya.
#4. Kirimlah tepat waktu. Tepat waktu adalah salah satu kunci kepuasan pelanggan. Seperti halnya hadiah natal yang tidak mungkin diberikan kepada anak kita lebih lambat dari pagi hari dihari natal, bukan sore hari apalagi malam hari. Kita juga harus mengirimkan barang atau memberikan layanan tepat waktu kepada pelanggan. Tapi sebelumnya kita harus pro-aktif, pertimbangkan juga kemungkinan tantangan dan kendala dalam mengirimkan kebutuhan pelanggan tepat pada waktunya. Kirimlah lebih awal jika memungkinkan. Seperti halnya hadiah natal yang sebenarnya sudah berada dibawah pohon natal setidaknya semalam sebelum hari natal jadi keesokan paginya tepat dihari natal, putra-putri kita sudah dapat mendapatkannya. Jadi pastikan ketepatan waktu menjadi prioritas maka kita akan mendapatkan kepuasan pelanggan.
#5. Setialah kepada pelangganmu. Mungkin selama ini kita lebih sering mendengar tentang kesetiaan pelanggan (customer loyalty) tapi apa yang terjadi kalau kita yang setia kepada pelanggan? Itu artinya kita yang memilih mereka. Seperti halnya kita sebagai orang tua, kita pasti akan memberikan hadiah yang paling spesial untuk putra-putri kita tahun berikutnya dan setiap tahunnya. Sering kali, kita memberikan layanan atau menjual sesuatu kepada pelanggan dan melupakannya. Jika demikian, bagaimana kita bisa melayani pelanggan tersebut secara terus menerus? Apakah kita menanyakan apa pendapat mereka tentang barang atau layanan yang mereka beli dari kita, apakah mereka menyukainya atau malah membencinya? Apakah kita melakukan follow-up untuk mengetahui bagaimana keadaan para pelanggan kita atau kita membiarkannya pergi? Intinya lakukanlah yang terbaik untuk dapat terus mempertahankan pelangganmu.
Jadi saya akan memastikan tujuan saya berusaha selama ini adalah untuk memberikan pelanggan kita perasaan bahagia layaknya putra-putri kita pada saat mereka membuka hadiah natal mereka dipagi hari tanggal 25 Desember setiap tahunnya, bagaimana denganmu?
Tulisan ini ada didalam blog pribadi ane gan
di sini (siapa tahu mau baca-baca corat-coret ane yang lainnya).
Terima kasih banyak Agan-agan Marketers.