Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

satoe.djiwaAvatar border
TS
satoe.djiwa
Sterilnya Pakaian Tim SAR Amerika
Pangkalan Bun - Steril, hati-hati dan gesit. Begitu kira-kira kesan yang tertangkap saat melihat proses evakuasi jenazah yang dilakukan oleh dua kru helikopter Sea Hawk dari USS Sampson. Helikopter itu sudah empat kali mendarat di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun untuk menurunkan jenazah dan serpihan pesawat AirAsia.

Dalam setiap pengiriman jenazah dari tengah lautan itu, tim SAR yang tergabung dalam kapal USS Sampson tersebut mengenakan pelindung baju khusus berwarna putih. Tak hanya kru, begitu juga kantong yang digunakan untuk mengangkut jenazah dan serpihan pesawat.

Komandan Lanud Iskandar, Pangkalan Bun Letkol (P) Jhonson Simatupang, mengatakan tim SAR Amerika memang sangat steril dalam setiap tahap proses evakuasi jenazah. Setidaknya sudah 13 jenazah yang berhasil dibawa dalam 4 kali penerbangan ke Lanud Iskandar.

"Mereka bagus, profesional. Mereka bawa jenazah dilapisi alumunium foil supaya cairan tidak kena pesawat dia. Namanya jenazah kan sudah sekian lama membusuk dan itu (membawa) virus. Mereka steril. Mereka kerja, safetynya begitu," kata Jhonson di posko gabungan, Senin (5/1/2014).

‎Jhonson menceritakan pilot dari helikopter Sea Hawk itu pernah minta delay penerbangan ke Lanud Iskandar selama satu jam, hanya karena perlu mencuci helikopter mereka di atas kapal USS Sampson.

‎"Mereka sarankan (lebih safety). Kalian pakai baju ini (SAR Indonesia) memberi penyakit. Memang harusnya demkian dan kita akan berusaha seperti itu," ujarnya menilai kerja kru Amerika.

Meski demikian, Jhonson mengatakan tidak berarti tim SAR Indonesia tidak berhati-hati dalam mengevakuasi jenazah. Itu sudah diperhitungkan, hanya diakui lebih profesional kru-kru dari angkatan laut negeri Paman Sam itu dalam bekerja.

"Kalau digitukan dibilang sombong, kita saja bilang mereka sombong. Jadi masih beda budaya mereka dengan kita, tapi ya memang butuh proses (agar lebih profesional)," ujarnya.

"Dia salut sama Indonesia, jagoan semua," imbuh ‎Letkol Penerbang yang stanby di posko gabungan itu.

sumber

bisa dijadikan contoh tuh....
0
9.2K
84
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.