Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fufu27Avatar border
TS
fufu27
[MP3 Player] Basic M90 - Live Music is On Your Head
Budayakan beri postingan komentar dan kasih rate di thread ane yah emoticon-Big Grin
emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio

Asalamualaikum wr.wb., pertama2 terima kasih pada basic indonesia http://www.playbasic.asia/ yg telah minjemin demo unit Basic M90. DAP baru ini, basic M90 menurut ane ialah rebrand KOGAN / RITMIX, rebrand apaan sih? saya juga kurang mengerti kwkwkw, tapi setahu saya hal ini bukanlah pemalsuan, saya analogikan ke hp2 android lokal seperti merk IMO mobile dan MITO yg memesan HP dari pabrikan lokal cina utk diberi brand mereka. CMIIW

basic indonesia membuat sebuah DAP kerhor gila2an yakni sebuah DAP keren yg worth it to buy di entry level dengan tonal yg bright si basic M90, dibawain IEM yg kembaran ama si POD500, dan klo beli IEM nya aja, bisa diharga 250rb, manteb. karena DAP dibandrol antara 500~600rb dengan bonus iem seharga 250rbuan, secara garis besar sih :
Spoiler for spesifikasi di web:

Spoiler for penampakan basic M90:

Spoiler for rebrand:

Perangkat perang :
  • DAP basic M90
  • iem bawaan, iem2 soundmagic E10, PL10, PL30
  • headphone grado sr125e
  • microSD HP class10 32gb
  • file2 flac / wav / m4a / aac / alac / mp3

Berikut Review nya :
  • DAP yg dibonusin kamera keren hehe, internalnya 8gb dan ada slot microSD, dah coba 32GB class10 bisa
  • built quality baik, diharga under 600k saya kira worth it utk built nya
  • karena demo unit jadi pakaging gak dikasih sementara batangan sama iem bawaan yg mirip dengan phrodi POD500 tapi tanpa mic.
  • sepertinya rebrand dari DAP lokal cina.
  • UI nya mantab tidak lag.
  • battery irit, setengah bar bisa tak buat main sekitar 8 jam, mungkin klo full bar bisa sampai 10~12 jam.
  • tonality nya bisa dibilang tidk terlalu lembut dan arahnya neutral to bright, dimana grado jadi sangat galak dan nyilet, ntar deh bagian impresi dijelasin lebih lanjut.
  • bisa FM radio, browsing file dan shuffle.
  • musik 24bit tidak bisa dimainkan,
  • genre masih masuk all round sih.
  • cans yg dipair dimari lebih baik cans yg warm, biar balance
  • file MP3/ AAC/ FLAC/ sudah dicoba bisa.
  • charging time sekitar setengah jam,

Berikut Impresinya :
sepertinya memang rebrand dari kogan / ritmix haha, cz suaranya mirip gan, bisa dibilang DAP ini bernuansa bright, dimana suaranya ngecring dan bassnya bisa terbilang tidak terlalu besar, saat memainkan lagu2 EDM bisa terdengar detil2 suara2 tersembunyi dari EDM nya dengan sangat baik. gemricing dan komplit, setidaknya diharga sekian DAP ini baik performanya, jadi inget ipod nano gen 4 klo dengerin M90 ini, disamping itu bass juga tidak mbeleber dan tetep bisa fokus serta agresift gebukan2nya dilagu2 rock, sayangnya karena dia bright, dia jadinya rada kering suaranya sehingga suara floor tom kurang begitu membahana, separasi sangat oke namun soundstagenya bisa dibilang kurang live. namun cukup lebar soundstagenya. biasanya klo buat dengerin lagu2 yg alat musiknya banyak, staging lebar seperti ini sangatlah baik.

soal imagine, background dan penempatan suara2 alat musik bagi saya biasa saja dan tidak terlalu wah, cz blm bisa menginterpretasikan suara itu didepan / samping atau berada jauh dan dekat, tapi hanya bisa memberikan efek dari kiri ke kanan sesuai earphone yg kita pakai, jadi kurang 3d lah bahasa gaulnya hehe, powernya bisa dibilang pas2an juga, kmarin derek pakai sennheiser hd600 300ohm bisa dibilang tidak mumpuni, tapi jangan khawatir sih, masa headphone seharga hampir 5 juta pairnya ama DAP yg under 600k gini haha, tapi itu terserah sih,

treble dan vokal bisa dibilang masih lumayan kasar dan tidak lembut sama sekali, kesan agresifnya timbul karena treble nya masih terlalu kebanyakan ngecring, hasilnya klo dipair ama cans yg bright, maaf ... telinga kaleng ane gak bisa menerimanya cz bikin pusing, pdhl file yg dipakai sudahlah sangat warm rekordingnya. jadi terlalu kasar/ harsh, sudah bukan kering lagi. namun hal ini semua berubah ketika saya memasangkannya dengan IEM keluaran soundmagic dengan type2 E10 / PL30 / dan PL10 diharga sekitar 300rbuan, dan cukup memuaskan! treble dan vokalnya jadi keren dan mantab deh, sangat bisa mengalahkan ipod nano gen 7 dengan harga baru sekitar 2jutaan kala ini.

utk pair dengan cans yg warm, sangat direkomendasikan, contohnya pair dengan shure se215 dan phrodi pod007, suaranya saya bilang improve dan sinerginya dapet, vokal2 lagunya simone kopmajer jadi lebih kena emosinya, kecap demi kecap ter cuap cuap dengan detil dan kerasa banget klo dia nyanyi berada didekat kita.

di M90 ini, disediakan menu EQ utk mencari setelan suara mana yg cocok bagi kita, namun kelemahan masih saya temukan beberapa, diantaranya ada bunyi hiss/ seperti tit tit tit dibackgroundnya saat lagu pause, jadi background gak bisa dark dan noisenya cukup berasa, saat menekan tombol suara itu terdengar, lalu ada beberapa file flac yg gak bisa dimainkan, tapi hal ini bisa diakalin dengan mengkonversi ulang. setelah itu file ALAC juga gak bisa dimainkan, tapi M4A bawaan itunes bisa.

soal UI sudah baik dan tidak lemot, microSD class10 32gb jga dilahab dengan baik, tidak pernah macet2. dan hanya bisa memainkan lagu 16bit, ya dengan segala kekurangan yg ada itu, mungkin ekspektasi saya ketinggian dan bukan berarti barang ini jelek, ini superb dihrga sekian.cocok di pasangkan dengan cans yg nuansanya kurang ngecring dan bassnya yg gede, dan cocok untuk sport dan keperluan portable, hehe. soal kamera saya test hasilnya mirip2 hasil kamera dari samsung galaxy mini generasi pertama. lalu battery bisa dibilang irit lah, bisa standby sampai 2 hari dan play flac selama 5~10 jam.

kesimpulannya dengan segala kekurangan dan kelebihannya, DAP ini bright dan worth it to buy, cocok dipair ama cans2 basshead yg warm, semua lagu masuk, klo bisa file yg dipakai mp3 320kbps aja cz klo flac rata2 ane merasa terlalu detil dan treblenya ke boost abis cz filenya terlalu bening kwkwkkw, klo dikasih file yg rada buthek dikit bisa dibilang sinerginya dapet.. alternatif versi kerhornya colorfly C3 dan saingan berat bagi yg pengen beli ipod nano diatas gen 3., bahkan saya lebih cocok pakai M90 daripada C3 hihihihi. IMHO. sekian..

Quote:
Diubah oleh fufu27 31-12-2014 22:03
0
17.9K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Audio & Video
Audio & VideoKASKUS Official
9.8KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.