Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

velopoAvatar border
TS
velopo
Dikirimi Banyak Surat, Ini Jawaban Pak Menteri
Masih dalam suasana sedih dan duka atas peristiwa yang terjadi kemarin emoticon-I Love Indonesia (S) Banyak surat terbuka yang ditujukan oleh pak menteri.

Tapi, apa surat - surat itu hanya menjadi angin tanpa dibaca oleh pak menteri? kita tahu juga bahwa Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan sempat marah - marah di Kantor Air Asia. Tapi tahukah bahwa ia membalas surat yang ditujukan padanya? emoticon-Cek PM (S)

Secara khusus, melalui Staf Khususnyanya Hadi M Djuraid, Jonan pun memberikan balasan atas
keresahan para pilot tersebut.

"JAWABAN ATAS SURAT TERBUKA KEPADA
MENTERI PERHUBUNGAN

Beberapa waktu terakhir beredar di media sosial
dan media online surat terbuka dari sejumlah
Pilot kepada Menteri Perhubungan Ignasius
Jonan.

Kami mengapresiasi isi surat tersebut, dan
mengucapkan terima kasih atas waktu yang
telah diluangkan untuk menulis dan
menginformasikannya kepada publik. Namun,
untuk memenuhi hak publik atas informasi yang
utuh, jelas, dan benar, kami merasa perlu untuk
meluruskan dan menjelaskan sejumlah hal.
Penjelasan ini tidak spesifik kepada salah satu
surat, tetapi untuk seluruh surat dengan isi
yang kurang lebih sama. Pertama, Menhub
Ignasius Jonan datang ke Air Asia dan marah
besar kepada manajemen perusahaan tersebut
karena laporan cuaca yang tidak diambil di
briefing office tapi malah mengambil dari
internet.

Tidak benar bahwa Menhub Ignasius Jonan
marah karena laporan cuaca tidak diambil di
briefing office tapi malah mengambil dari
internet. Yang dipersoalkan Menhub adalah
apakah ada briefing langsung dari Flight
Operation Officer (FOO) atau Flight Dispatcher
kepada Pilot tentang informasi cuaca.

Sesuai ketentuan, laporan cuaca harus berasal
dari BMKG. Menhub tidak mempersoalkan
apakah laporan itu diambil secara fisik atau
melalui website. Yang ditekankan oleh Menhub
adalah pentingnya Pilot mendapatkan briefing
langsung dari FOO. Mengapa harus briefing
langsung, bukan self briefing yang lebih modern
dan sejalan dengan perkembangan teknologi
informasi?

Briefing langsung perlu dilakukan supaya ada
pembicaraan dan diskusi antara FOO dan Pilot,
terkait dengan penerbangan yang akan
dijalankan. Termasuk tentang cuaca. Jika dari
laporan cuaca terdapat situasi tertentu yang
harus dicermati, FOO bisa memberi saran
tentang rute atau ketinggian yang harus
dilewati.

Ada partner diskusi yang memungkinkan Pilot
mendapatkan informasi lebih untuh sebagai
bahan mengambil keputusan. Menjawab
pertanyaan Menhub, seorang pilot senior Air
Asia menyatakan lebih suka mendapat briefing
langsung dibandingkan mempelajari sendiri. Jika
briefing FOO-Pilot secara langsung dinilai sudah
kuno, tradisional, jadul, faktanya sejumlah
maskapai melaksanakan hal itu hingga saat ini.
Pada hari yang sama Menhub juga mengunjungi
FLOPS Garuda Indonesia, Lion, Sriwijaya, dan
Citilink. Di maskapai-maskapai tersebut briefing
FOO-Pilot secara langsung dilakukan.

Atas dasar itu, demi kepentingan keselamatan
penerbangan, Menhub Ignasius Jonan
mengharuskan briefing secara langsung oleh
FOO terhadap Pilot. Dalam waktu dekat surat
edaran tentang hal itu akan diserahkan kepada
seluruh maskapai.

Kedua, Menteri Perhubungan mendamprat pilot
karena mengambil informasi cuaca dari
internet. Tidak benar dan tidak ada fakta bahwa
Menhub Ignasius Jonan mendamprat Pilot
karena mengambil informasi cuaca dari
internet. Dalam kaitan dengan keharusan
briefing FOO-Pilot, penekanan diberikan kepada
maskapai, bukan Pilot.

Maskapai harus memiliki sistem dan prosedur
yang memungkinkan berlangsungnya briefing
tersebut. Jika masalahnya jumlah FOO terbatas
dan tidak mungkin melayani seluruh
penerbangan, bisa kelelahan, dan sebagainya,
menjadi kewajiban maskapai untuk menambah
jumlah FOO.

Mahal? Benar. Keselamatan memang bukan
barang murahan. Jika terjadi kecelakaan, biaya
yang harus dikeluarkan akan jauh lebih mahal
karena nyawa manusia tidak ternilai harganya.
Fokus Kementerian Perhubungan adalah safety
atau keselamatan transportasi, baik udara,
darat, laut, maupun perkeretaapian.
Regulasi akan terus disempurnakan, dan
pengawasan implementasinya akan makin
diintensifkan. Sebagaimana prinsip sederhana
yang dikedepankan Menhub Ignasius Jonan,
keselamatan adalah segala-galanya. Lebih baik
tidak pernah berangkat dari pada tidak pernah
sampai.

Terima kasih Jakarta, 3 Januari 2015
Hadi M Djuraid Staf Khusus Menteri
Perhubungan
Atas nama Menteri Perhubungan Ignasius Jonan"

Sekian, ane minta maap kalo banyak kekurangan gan emoticon-Big Grin

Kalo berkenan, emoticon-Blue Guy Cendol (L) yah gan

Sumber: kompas.com
Diubah oleh velopo 04-01-2015 11:58
0
3.6K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.