Quote:
Jonan Balas 'Surat Cinta' Pilot Qatar Airways
sumber
TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akhirnya membalas surat terbuka yang disiarkan oleh Fadjar Nugroho, yang mengklaim sebagai pilot Qatar Airways, maskapai penerbangan asal Qatar. Fadjar mengirimkan surat terbuka kepada Menteri Jonan melalui situs Ilmuterbang.com, Jumat, 2 Januari 2015. Fadjar sudah sebulan menjadi administrator di laman tersebut.
Dalam penjelasan yang disampaikan lewat staf khususnya, Hadi M. Djuraid, Jonan tidak mempermasalahkan laporan cuaca diambil secara fisik atau melalui situs. Yang dia tekankan adalah pentingnya pilot mendapat briefing langsung dari Flight Operation Officer (FOO). Briefing langsung harus dilakukan agar ada diskusi antara FOO dan pilot terkait penerbangan dan cuaca saat itu.
Jika dari laporan cuaca terdapat situasi tertentu yang harus dicermati, menurut Jonan seperti yang ditirukan Hadi, FOO bisa memberi saran tentang rute atau ketinggian yang harus dilewati oleh para pilot ssebelum terbang. "Ada partner diskusi yang memungkinkan Pilot mendapatkan informasi lebih untuh sebagai bahan mengambil keputusan," ucap Hadi.
Dalam "surat cinta"-nya kepada Jonan, Fadjar menegaskan, tak ada peraturan yang mengharuskan maskapai atau FOO mengambil data cuaca secara fisik."BMKG telah menyediakan laporan cuaca ini secara online dalam websitenya. Dalam Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS), tak ditulis bahwa laporannya harus berbentuk kertas," ujar Fadjar dalam situs tersebut.
Fadjar menambahkan, sejak BMKG menyediakan data cuaca penerbangan secara online, rekan-rekannya tak perlu lagi datang ke briefing office. Dengan tidak perlu data ke briefing office, kata Fadjar, FOO bisa lebih berkonsentrasi dalam melepaskan sebuah penerbangan tanpa terburu-buru. "Briefing yang artinya berdiskusi antara FOO dan penerbang untuk menentukan bahan bakar dan urusan penerbangan lainnya," ujar Fadjar.
ISTMAN M.P. | ANANDA TERESIA | BC
1. Dari pada marah-marah kagak jelas dan saling balas surat cinta, mending masing2 focus pada tugasnya dan gak perlu memperkeruh air yang sudah keruh.
2. Sudah saatnya Indonesia membentuk
Otoritas Penerbangan Sipil.
3. Dengan begitu, industry penerbangan sipil di Indonesia diharapkan bisa lebih maju sedangkan kementrian perhubungan bisa lebih focus pada moda transportasi yang lain.
Quote:
contoh fungsi lembaga sejenis (Federal Aviatin Administration/ FAA):
[*]Regulating U.S. commercial space transportation
[*]Regulating air navigation facilities' geometry and flight inspection standards
[*]Encouraging and developing civil aeronautics, including new aviation technology
[*]Issuing, suspending, or revoking pilot certificates
[*]Regulating civil aviation to promote safety, especially through local offices called Flight Standards District Offices
[*]Developing and operating a system of air traffic control and navigation for both civil and military aircraft
[*]Researching and developing the National Airspace System and civil aeronautics
[*]Developing and carrying out programs to control aircraft noise and other environmental effects of civil aviation
[/list]