sigilankAvatar border
TS
sigilank
DEVELOPER GAME dan PUBLISHER GAME
Hi para gamer tahukah kalian tentang perbedaan antara developer game online dan publisher? Bila pertanyaan ini diberikan kepada pemain game online yang ada di Indonesia, dapat dipastikan sedikit sekali yang mengetahui perbedaan di antaranya. Jadi, seperti apa sih perbedaan developer dan publisher, serta kebingungan macam apa yang ditimbulkan dari ketidaktahuan akan hal ini?

Hal inilah yang sering menimbulkan kebingungan pada pemain game online di Indonesia. Nah mulai sekarang tidak boleh bingung, setelah kalian membaca artikel ini. Karena kita akan membahas tentang Developer Game Online dan Publisher Game online.

Developer game online adalah sebuah perusahaan yang bertugas mendesain sebuah game online dari nol sampai dengan selesai. Merekalah yang merancang karakter yang kalian mainkan, NPC yang kalian temui di dalam game dan membuat desain dunia game online tempat kalian bermain. Pada umumnya, developer game online yang ada di Indonesia bukanlah berasal dan memiliki kantor di Indonesia. Ada yang dari Korea Selatan, Cina, Jepang dan Amerika.

Publisher game online adalah perusahaan seperti Qeon Interactive. Ia bertugas menyebarkan produk serta mengatur strategi marketing untuk menyebarkan sebuah produk game online di wilayah yang dinaunginya. Perusahaan ini membuat iklan dan berita mengenai game online yang ia rilis, serta membuat kopian game dalam bentuk CD/DVD atau menguploadnya di internet agar bisa disebarkan ke seluruh masyarakat di Indonesia. Pada umumnya, publisher game online di Indonesia berasal dan berkantor di Indonesia, contohnya Qeon Interactive.

Sebuah publisher game online hanya berkuasa menampung segala permasalahan yang ditemui oleh para pemain game online tersebut, lalu dilaporkan ke pihak developer. Setelah itu developerlah yang melakukan perbaikan, mengeluarkan patch atau update yang kemudian diserahkan kembali kepada pihak publisher. Namun bila laporan yang sampai ke tangan mereka tidak lengkap, maka mereka tidak akan bisa melakukan apa-apa.

Biasanya jika PUBLISHER menerima e-mail dari pemain/gamer mengenai bug/error/cheat maka mereka akan mengumpulkan semua informasi dulu,lalu dikirimkan kepada DEVELOPER untuk ditindak lanjuti. Prosesnya bisa berlangsung cepat ataupun lama tergantung dari DEVELOPERnya.

Lalu ada GM yang khusus mengurusi game itu sendiri. GM memang memiliki ketentuan dan kekuasaan khusus didalam game yang itu juga terbatas akan hal-hal tertentu saja… dan bisa dipastikan juga fungsi GM untuk memfasilitasi ide, masukan, error, bug, cheat dari user yang kemudian diteruskan juga ke pihak DEVELOPER untuk ditindak lanjuti.

Untuk Update in Game juga begitu,hanya Developer Game yang berhak mengaturnya,walau GM"berteriak-teriak"meminta Update yang diingkan segera dirilis,tapi kalau Developer Gamenya ga mau,GM dan Publisher Game ga bisa berbuat apa-apa
-----------------------------------------------------------------
Untuk para gamer harap dimengerti perbedaan mendasar ini… karena PUBLISHER dan GM memang posisinya ada di tengah-tengah antara Gamer dengan DEVELOPER

nah berikut beberapa contoh PUBLISHER game online dan yang bukan game online
Spoiler for KONAMI:

Spoiler for EA :


Spoiler for ROCKSTAR GAME:

Spoiler for CAPCOM:


Spoiler for ZYNGA:


Segitu aje dulu gan
klo ada kesempatan di lain waktu ntar ane update dah
cukup sekian dan terimakasih emoticon-Big Grin

Kalau bermanfaat ya sukur Alhamdulillah emoticon-Blue Guy Cendol (L)
klo gak sukak gak usah di bata yee komeng aja
emoticon-Mad (S)

sumur
0
10.2K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.