Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xiao88Avatar border
TS
xiao88
MENYEDIHKAN! Kenyataan Kejam Dibalik Kepopuleran Empedu Beruang
Spoiler for baca dulu:


Agan-agan pasti pernah dengar khasiat empedu beruang yang kondang, dan umum dipakai dalam pengobatan tradisional China. Sebenarnya, yang banyak dipakai untuk pengobatan adalah cairan empedunya, bukan kantung empedu beruang.
Dahulu, para sinshe obat tradisional mendapatkan empedu ini dengan cara menyewa pemburu untuk memburu beruang liar (biasanya "moon bear", alias beruang hitam Asia), dibunuh dan diambil kantung empedunya.

Spoiler for Moon Bear:


Seiring kemajuan jaman, rakyat mulai mengerti bahayanya perburuan liar. Tak kalah akal, mereka mendirikan peternakan beruang. Untuk apa? Ya, untuk diambil cairan empedunya, disebut 'Bile Milking' (bile = cairan empedu).
Yang namanya peternakan, pasti dalam pikiran agan seperti penangkaran, dapat makan, bisa lari-lari, bisa bikin anak, dll dll.

Tapi kenyataan tidak semanis itu.

Satu biji kantung empedu beruang dihargai $3,000 - $5,000. Satu mililiter cairan empedu dihargai $6 - $20 tergantung negara. FYI, negara yang mempraktekkan Bile Milking ini adalah China, Vietnam, Korea, dan Laos.

Spoiler for Bear Bile Capsule:


Dengan harga yang fantastis, praktis banyak orang tergiur untuk beternak beruang. Pemerintah China sendiri berusaha membela dengan mengatakan peternakan ini jauh lebih baik ketimbang berburu beruang liar, yang dapat mengakibatkan kepunahan beruang.
Sekilar sepertinya sangat masuk akal. Pemerintah China hanya lupa, ada beberapa poin di balik peternakan beruang yang terdengar sangat 'berperikehewanan' yang sangat amat menyesakkan.

Spoiler for Bear Bile in a Cage:


Selama sepuluh tahun lebih beruang (baik yang ditangkap dari alam liar maupun yang dilahirkan di peternakan) dikurung dalam kandang yang sangat tidak manusiawi (yah walaupun mereka bukan manusia, tapi you get the idea kan?), menyebabkan para beruang ini menderita stress berlebihan dan kelainan otot.

Sebuah media berita China melaporkan kasus di mana seekor induk beruang yang berhasil lepas dari kandang, membunuh anaknya sendiri dan kemudian bunuh diri dengan cara menabrak tembok, saking stressnya kehidupannya. Dia bahkan tidak mau anaknya bernasib sama, sehingga memilih membunuhnya.

The World Society for the Protection of Animals pernah mengirimkan tim penyelidik ke 11 peternakan beruang di China. Mereka mendapati banyak beruang yang stress, sering membentur-benturkan kepala mereka ke jeruji, atau menggigiti telapak mereka sendiri. Mereka menderita malnutrisi, kerontokan bulu, pertumbuhan yang terhambat atau bahkan terhenti (ya iyalah kandangnya kecil gitu), dan kadang-kadang bulu, gigi atau cakar mereka diambil (dengan cara paksa tentunya, yang pasti sakitnya ampun-ampun, gk percaya coba cabut gigi tanpa bius).

Setelah mereka berhenti memproduksi cairan empedu, mereka bukannya dilepaskan ke alam liar, tapi dibunuh untuk diambil kantung empedunya (yang harganya $3,000 - $5,000 itu lho), daging, bulu, dan cakar.

Proses pengambilan cairan empedu yang biasa dilakukan dua kali sehari pun merupakan proses yang sangat menyakitkan, di mana di satu sisi perut beruang dibuat lubang kecil untuk tempat memasukkan dan mengeluarkan selang (atau bor lebih tepatnya) untuk mengekstrak cairan. Dapat dibayangkan bagaimana sakitnya kan? Tim penyelidik melaporkan beruang-beruang tersebut sampai menggigit diri sendiri, menjerit-jerit dan meraung ketika proses pengambilan cairan dilakukan.

Spoiler for Bile Milking:


Akibat dari proses pengambilan seperti ini, banyak beruang menderita infeksi di bekas luka tusukan, bahkan ada yang dipasangi kateter permanen di sana. Bayangin sakitnya kayak apa.
Banyak juga yang menderita hernia, dan 30% mati karena kanker hati, yang dipercaya banyak aktivis sebagai akibat dari pengambilan cairan empedu mereka (yang dipakai untuk mengobati kanker hati pada manusia).

Saat ini di China ada 2 Rescue Bear Center yang bertujuan untuk menyelamatkan para beruang yang diperlakukan semena-mena.

Spoiler for Cute Bear:


Hal tersedih adalah, sebenarnya dalam kenyataan cairan empedu beruang tidak terlalu dibutuhkan dalam dunia pengobatan, karena banyak tanaman yang bisa menggantikan fungsinya seperti rhubarb atau coptis.
Namun tradisi menggunakan empedu beruang yang sudah melegenda selama ribuan tahun lamanya tidak mudah dipatahkan begitu saja.

Spoiler for Visit my thread:


0
18.7K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.