Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gerrardstev08Avatar border
TS
gerrardstev08
Pengamat: Bergantung ke Pasar, Indikator Jokowi Jadikan Indonesia Berpaham Liberal


Indikator kebijakan Indonesia sudah terkonfirmasi bahwa kita sudah terjun bebas menjadi negara yang sangat liberal.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Pangi Syarwi Chaniago (Ipang) mengapresiasi kebijakan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) -Jusuf Kalla (JK) yang menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) per 2015 ini.

Namun, disisi lain, kata Ipang, dirinya menyayangkan sikap pemerintah yang akan mencabut sistem mekanisme subsidi.

"Pada saat yang sama, sangat disayangkan kebijakan Jokowi mencabut subsidi dan menyerahkan harga BBM berdasarkan mekanisme pasar," kata dia ketika berbincang dengan aktual.co, di Jakarta, Kamis (1/1).

Ia berpandangan, bahwa kemenangan dari para kaum neolib adalah apabila semua ketentuan di sebuah negara, baik dari sisi sumber daya alam(SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) nya sudah mengikuti pada mekanisme pasar.

Lebih lanjut, kata dia, Gerakan neoliberal telah menyusun kesepakatan antara IMF, bank dunia dan pemerintahan Amerika Serikat yang tersusun ke dalam sepuluh (10) poin yang kemudian disebut dengan Washington Consensus.

"Salah satu isinya pada poin kedua adalah kebijakan pemotongan anggaran subsidi untuk keperluan publik, pemberian kelonggaran dalam pembayaran pajak bagi para pengusaha, penentuan bunga bank menurut mekanisme pasar, menyingkirkan segala hal ysng merintangi berlakunya perdagangan bebas, privatisasi perusahaan negara kepada swasta," bebernya.

"Indikator kebijakan Indonesia sudah terkonfirmasi bahwa kita sudah terjun bebas menjadi negara yang sangat liberal. Negara tak boleh terlalu intervensi mengurus sektor ekonomi dan semua berdasarkan mekanisme pasar. Jadi lengkap sempurna bahwa negara kita," tandasnya.

source
0
4.5K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.