Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ericpoliticoAvatar border
TS
ericpolitico
[QZ8501] Opini: Jurnalisme Kemasan Tanpa Perasaan
http://www.globalindonesianvoices.co...anpa-perasaan/

Jakarta. GIVnews.com – Tabir gelap hilangnya Pesawat Air Asia QZ8501 mulai terungkap dengan ditemukannya serpihan pesawat dan jasad yang diduga penumpang oleh Tim Basarnas di sekitar Selat Karimata, Selasa (30/ 12).

Seluruh kanal informasi mulai media arus utama hingga media sosial dibanjiri berita seputar musibah ini. Yang mengejutkan sekaligus membuat geram adalah tayangan sebuah stasiun televisi berita nasional yang secara berulang-ulang menyiarkan jasad yang diduga penumpang tersebut secara dramatis tanpa diblur!

Atas nama eksklusivitas dan kebaruan berita, stasiun televisi tersebut seolah tanpa bersalah menerabas etika serta standar perilaku siaran sekaligus menyakiti perasaan keluarga korban dan membuat resah masyarakat yang menyimak produk jurnalisme kemasan mereka.

Kalau kita perhatikan secara seksama, di banyak tayangan yang disiarkan live beberapa stasiun televisi, banyak keluarga korban yang merasa terintimidasi oleh kerja jurnalis televisi. Bidikan kamera, berondongan pertanyaan yang tentu secara sadar ditonton jutaan pemirsa, menjadi potongan cerita yang diramu secara melodramatik.

Yang menyebalkan, saat keluarga korban tampak tak sanggup menahan kesedihan dan takkuasa menahan nestapa yang harus mereka tanggung, tanpa canggung jurnalis televisi tersebut justru mencoba mengambil sudut gambar yang menjadi pesan ketidak berdayaan keluarga korban sebagai komoditi ekslusivitas.

-------
0
1.3K
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.