Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iloenAvatar border
TS
iloen
panasbung kecewa "Nelayan Lokal Tangkap 1 Kapal Asing Maling Ikan di Selat Malaka"
Jakarta -Kemarin, Kelompok Nelayan Jaring Puput, Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara berhasil menangkap satu kapal asing yang menangkap ikan secara ilegal di laut Indonesia. Penangkapan ini di luar dari aksi aparat pemerintah terhadap kapal pencuri ikan di wilayah laut Indonesia.

Penangkapan terjadi pada pukul 08.00 WIB di zona LU 03.32.539.BT 100.00.360.WPP-RI 571 atau tepatnya di Perairan Selat Malaka.

"Kita tangkap tangan satu kapal berkapasitas 20-30 GT (Gross Ton) lengkap dengan 1 orang nakhoda 4 orang ABK (Anak Buah Kapal) warga negara Myanmar," ungkap Sekretaris Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Tanjung Balai-Asahan, Sumatera Utara Dahli Sirait kepada detikFinance, Selasa (30/12/2014).

Setelah dicek dan diteliti oleh nelayan lokal, ternyata kapal tersebut tidak memiliki Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) dan Surat Izin Kapal Penangkap Ikan (SIKPI) yang diterbitkan pemerintah Indonesia. Ada sejumlah dokumen perizinan yang ditemukan namun kedaluwarsa.

"Ada surat dan dokumen perizinan mereka berbahasa Malaysia, Thailand itu tahun 2012-2013. Itu pun kita tidak tahu dokumen tersebut asli atau palsu. Tetapi sudah tidak berlaku lagi karena sekarang tahun 2014," paparnya.

Saat proses penangkapan terjadi, Dahli mengatakan nakhoda kapal sempat menceburkan diri ke laut untuk melarikan diri. Namun hal itu akhirnya kandas karena puluhan nelayan lokal Jaring Puput berhasil menangkap kembali nakhoda tersebut.

Saat ini nakhoda, ABK, kapal serta barang bukti lain yaitu hasil tangkapan ikan diserahkan ke pihak TNI AL di Tanjung Balai-Asahan Sumatera Utara. Nelayan sepakat dan setuju, agar kapal asing hasil tangkapan lebih baik ditenggelamkan.

sumur

kalo zaman dulu, jangankan nelayan, menteri aja mau nenggelemin kapal asing, di marahin si buya.

salut, sekarang warga menyadari bahwa laut harus di jaga sama2 emoticon-I Love Indonesia (S)
0
4.1K
37
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.