dfpmusicAvatar border
TS
dfpmusic
Cara Mudah Bermain Biola
Part 1


Terkadang,..
Ada beberapa hal yang dianggap sulit namun sebenarnya begitu mudah untuk dipelajari. Ada juga yang menganggap bahwa hal itu mudah dipelajari hanya ketika orang itu terlahir dengan bakat yang memang telah dimilikinya. Mindset yang demikian menjadikan seseorang malas untuk mencoba segala sesuatu hal yang lain diluar jangkauan bakat yang dimilikinya. Padahal, jika orang itu memiliki keinginan yang sungguh disertai kerja keras, bukan tidak mungkin semua hal diluar bakatnya sanggup ditaklukan. Bukankah semua kesuksesan besar dilalui dengan kerja keras?

Baiklah, cukup sudah kalimat pembukanya, Akan tetapi sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana cara mudah bermain biola, ada beberapa hal yang harus dipahami sebelumnya bahwa semua yang akan dituliskan disini bukanlah jaminan pasti bahwa kamu akan menjadi pemain biola yang expert. Karena untuk menjadi expert diperlukan kerja keras untuk berlatih secara konsisten. Disini hanya akan ditunjukan bagaimana langkah-langkah termudah untuk memulai bermain biola, metode yang ditulis disini telah saya praktektan secara pribadi dan sangat efektif, Bahkan seseorang yang sama sekali tidak mengenal biola, datang ketempat saya, ingin memainkan biola, kemudian saya tunjukan tiap detail langkah memainkannya, tidak lebih dari satu jam orang tersebut bisa memainkan satu lagu. it's magic,...


Opening :
Perlu diketahui bahwa biola terdiri dari 4 senar dengan nada :
Senar 1 : E = Do
Senar 2 : A = Do
Senar 3 : D = Do
Senar 4 : G = Do

Setelah memahami hal tersebut, saya akan fokuskan pada nada A=Do (berarti senar nomor 2 pada biola), karena kamu akan diajak untuk memainkan lagu dengan nada dasar ini, setelah paham nanti, kamu bisa mengembangkan dengan memainkan dari tangga nada yang lain. Sampai disini paham?? Jika paham saya akan mulai tiap-tiap tahapannya.

1. Langkah Pertama
Gesekan bow (penggesek biola) secara perlahan ke senar nomor dua sebanyak 2x, dalam artian gesek ke atas sekali (naik) kemudian gesek kebawah sekali (turun). Gesekan tersebut menghasilkan nada Do Do. Karena kita sedang bermain di nada A = Do. beararti gesekan tadi akan menghasilkan nada Do Do. Sampai disini paham? Mari kita lanjtu ke tahap berikutnya.

2. Langkah kedua
Gesekan bow (penggesek biola) secara perlahan ke senar nomor satu sebanyak 2 x (senar paling bawah), dalam artian gesek ke atas sekali (naik) kemudian gesek kebawah sekali (turun). Gesekan tersebut menghasilkan nada Sol Sol. Darimana kita bisa menyebut itu nada Sol?? pembahasan ini akan saya jelaskan nanti. Sekarang ikuti saja tiap langkahnya terlebih dahulu, nanti kamu akan memahami kenapa nada tersebut menghasilkan nada Sol. Sampai disini paham? Jika telah paham, akan saya lanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Langkah ketiga
Definisi
Jari 1 = Jari telunjuk
Jari 2 = Jari tengah
Jari 3 = Jari manis
Jari 4 = Jari kelingking
Untuk mempermudah pemahaman, pahami dulu definisi penjarian di atas. Jika sudah, sekarang akan saya lanjutkan ke tahap selanjutnya. Perlu diketahui juga bahwa setiap langkah yang sebelumnya telah dipraktekan jangan pernah terputus, karena setiap nada saling terintegrasi atau berkaitan. Jika sebelumnya telah meainkan nada Do Do Sol Sol, maka pada materi selanjutnya ini adalah kelanjutannya.

Letakan jari satu di senar nomor satu (tekan atau pencet senar nomor satu menggunakan jari satu). Kemudian gesekan bow (penggesek biola) secara perlahan ke senar nomor satu yang ditekan menggunakan jari satu sebanyak 2 x, dalam artian gesek ke atas sekali (naik) kemudian gesek kebawah sekali (turun). Nada tersebut ketika dimainkan akan menghasilkan nada La La. Sejauh ini, saya harap kamu bisa memahaminya. Lanjut ke tahap berikutnya,

4. Langkah keempat
Setelah sebelumnya kamu menggesek senar nomor satu yang ditekan, untuk langkah selanjutnya, kali ini gesek kembali senar nomor satu sekali tanpa ditekan, sehingga menghasilkan nada Sol..gesek dengan cukup panjang, karena ini cuma sekali gesek. Saya berharap kamu sudah cukup cerdas untuk memahami beberapa materi di atas.

Spoiler for Untuk mereview:


5. Langkah kelima
Berdasarkan review yang sebelumnya telah kamu mainkan, saya yakin kamu mulai mengerti lagu apa yang sedang kamu mainkan. Jika ada yang belum mengerti, mungkin masa kecilnya tidak pernah mengenal musik sama sekali,..emoticon-Ngakak. ini adalah lagu classic yang tak pernah tersingkirkan oleh perubahan jaman. saya yakin kamu pernah mendengarnya.

Sekarang lanjut ke tahap berikutnya---->
Letakan jari tiga di senar nomor dua
gesek 2x sehingga menghasilkan nada Fa Fa
Letakan jari dua disenar nomor dua (jari dua berkedakatan dengan jari tiga ya, hampir menempel) ketika jari dua ditekan, jari tiga harus sudah dilepaskan.
gesek 2x sehingga menghasilkan nada Mi Mi
Letakan jari satu disenar nomor dua, ketika jari satu ditekan, jari tiga dan jari dua harus sudah dilepaskan.
gesek 2x sehingga menghasilkan nada Re Re
Selanjutnya,...
Gesek 1x dengan panjang pada senar nomor dua tanpa ditekan sehingga menghasilkan nada Do,..

Ulangi dari langkah pertama sampai langkah ini.
Jika langkah pertama hingga langkah ini dimainkan tanpa terputus, maka akan menghasilkan nada :
Do Do | Sol Sol | La La | Sol,..
Fa Fa | Mi Mi | Re Re | Do,...

Lakukan dengan perlahan dan penuh perasaan, agar terdengar merdu dan nyaman untuk didengarkan.

Intermezo :
Segala hal yang terkesan rumit, terbentuk hanya karena sebuah persepsi umum, kita bukannya tidak bisa atau tidak berbakat, terkadang kita hanya tidak mengerti bagaimana memulainya.
Kita bisa mendeskripsikan beberapa alasan untuk gagal, akan tetapi kita juga selalu memiliki kesempatan untuk memilih fokus pada cara untuk kita berhasil.


6. Langkah keenam
Saya anggap kamu telah mampu memahami beberapa materi di atas, untuk selanjutnya akan saya tunjukan nada kelanjutan dari materi sebelumnya. Saya tidak akan lagi menjelaskan bagimana cara memainkan nada-nada selanjutnya, karena semua penjariannya sama, sekali lagi saya hanya akan menunjukan nada-nadanya.

Jika sebelumnya kamu telah mampu memainkan nada :
Do Do | Sol Sol | La La | Sol,..
Fa Fa | Mi Mi | Re Re | Do,..

Maka nada selanjutnya pada materi ini adalah :
Sol Sol | Fa Fa | Mi Mi | Re,..
Sol Sol | Fa Fa | Mi Mi | Re,..

Jika keseluruhan nada digabungkan, makan akan menghasilkan bunyi alunan lagu :
Do Do | Sol Sol | La La | Sol,..
Fa Fa | Mi Mi | Re Re | Do,..
Sol Sol | Fa Fa | Mi Mi | Re,..
Sol Sol | Fa Fa | Mi Mi | Re,..

Lagu tersebut adalah lagu classic sepanjang masa, tentu kamu mengenalnya kan, akan saya sertakan lirik lagu tersebut.

Twinkle, twinkle, little star,
How I wonder what you are.
Up above the world so high,
Like a diamond in the sky.


7. Langkah ketujuh
Pada materi ini, saya hanya akan mengulas mengenai nada dasar yang digunakan. Pada awal materi telah saya tulis bahwa lagu ini dimainkan pada nada dasar A=Do, arti dari A=Do adalah kita mulai tangga nada Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do dimulai dari senar nomor dua.

Contoh :
Do (senar nomor dua tanpa ditekan) Re (jari satu disenar nomor dua)
Mi (Jari dua disenar nomor dua) Fa (jari tiga disenar nomor dua)
Sol (Senar nomor satu atau senar paling bawah tanpa ditekan)
La ( Jari satu disenar nomor satu) Si (Jari dua disenar nomor satu)
Do tinggi (Jari tiga disenar nomor satu).



Inspiring :
Semua materi yang saya tulis adalah berdasarkan dari pengalaman pribadi saya ketika berbagi pengalaman kepada para pembeli biola ditempat saya, semua pembeli yang datang, hampir semua minta diajarakan bagaimana cara memainkan biola, saya tunjukan metode tersebut dan 95% semua bisa mengikuti pembelajarannya.

Pada forum ini saya hanya ingin berbagi, kemudian materi tersebut saya tulis dengan gaya bahasa saya sendiri dengan harapan mudah untuk dipahami. Sebenarnya ada beberapa versi yang masih banyak untuk ditulis, akan tetapi bisa menjadi sangat panjang ketika semua diulas pada forum ini, untuk sementara sampai disini dulu materinya. Saya berharap semoga bisa bermanfaat. Amin,..
Sumber materi asli ada pada pembelajaran suzuki violin school, atau Yamaha Music School juga mengajarkan menggunakan metode tersebut.

Terima kasih
Semoga bermanfaat,..

Dimas Fery Prasetyo
Diubah oleh dfpmusic 21-03-2015 16:37
0
17.9K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Help, Tips & Tutorial Music
Help, Tips & Tutorial MusicKASKUS Official
3.9KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.