Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fufu27Avatar border
TS
fufu27
[EARBUD] Review Earbud Lokal Basic EB12, Impactfull Bass and Superb Vocal
Budayakan beri postingan komentar dan kasih rate di thread ane yah emoticon-Smilie
emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio

Quote:

Asalamualaikum wr.wb., pertama2 terima kasih pada Basic Indonesia yg telah minjemin demo unit earbud basic EB12. dimana earbud sekitar 100k dengan microphone tapi bersuara sangat layak diharga sekian, kebetulan saya dapet yg putih, dan di webnya saya lihat yg hitam pun available. denger2 juga ini buatan Indonesia, hehehe. secara garis besar sih :
Spoiler for info di web:
Spoiler for foto2 basic eb12 putih:
Spoiler for isi box BNOB:
Spoiler for paired with incredible fiio x1:

spesifikasinya :
  • driver unit : 15.5mm speaker
  • impedance : 32 ohm
  • sensivity : 104db+3db/mw 1KHz
  • frequency response : 15-20KHz
  • max power input : 10mW
  • cable length : 1.2M
  • jack : 3.5mm plug
  • microphone handsfree calling

Perlengkapan review :
  • Laptop ASUS A450L onboard
  • File-file FLAC + foobar
  • Smartphone Asus Zenfon 6
  • Fiio X1 DAP

Built Quality :
Biasa dengan produk lokal, built quality saya kira kurang baik, tapi tidak dengan EB12 ini, superb sekali baik kelenturan kabel dan ketebalannya sangat baik. bahan juga oke serta finisingnya juga baik, putih mengkilat, hny aja bakalan gampang kotor dan menguning kedepannya krn umur dan karena penggunaan yg kurang baik, biarpun begitu saya tetep suka dengan yg putih hehe, kelihatan mahal gan soalnya putihnya.

Bentuknya sejuta umat mirip ama vido, dbe pr10, sennheiser mx40, and many more, soal kabel panjangnya udah lumayan pas dengan postur org indonesia hehe, sekitar 1.2M dengan kelenturan yg gak malu2in. kelengkapan pembelian juga bagus, dimana ada pouch yg berbahan kulit sintetis dan free sebuah sponge earbud premium yg tidak tipis seperti bawaan sennheiser mx series dibawah 500rb, akan tetapi bungkusnya saya kira bakal mudah penyok klo cz cm kertas karton yg dibentuk seperti di pict.

Impresi Suara
Sebelum menginjak tentang tonality, saya bisa sebut suara dari EB12 ini masuk dalam kategori neutral. Dimana klo disebut warm, detilnya juga masih kerasa tapi klo disebut bright kok vokalnya anget ditengah banget dan tidak terkesan ngecring banget. Jadi neutral deh, dan mayan fun klo ditambahin foam saya kurang suka cz bassnya jadi terlalu banyak karena treble nya ketutup, cuma vokalnya jadi lebih tebel dan nyaman.

Soundstage lebar, bisa saya bilang cukup baik karena detail2 alat musik seperti petikan gitar dan detail2 vokalisnya mantab kecap demi kecap terdengar mpe ky muncrat muncrat di telinga kita hahaha, cm terkesan rada U-shape jika rekaman yg dipakai itu bright seperti rekaman2 coverannya si sabrina atau si angela, cz dengan source yg warm ky fiio x1 pun masih ada kerasa sibilence. Tapi ternyata hal ini harus diakalin, dengan cara penggunaan sponge bawaan, nah baru kelihatan emosi penyanyinya, setidaknya di harga sekitar 100k gak bisa protes! ini WOW! kkk

utk bassbisa saya bilang sangat impactfull, cm ndak mpe gede banget gila ky model2 sennheiser HD202 / dbe WS10 gitu, ya tentunya mereka kan iem dan headphone closed back yg gak bisa dibandingin ama earbud yg rata2 suaranya airy dan deep. hny aja sektor ini baik banget diharga sekian, bersaing banget ama bassnya H185 padahal harganya bisa dibilang hampir lebhi mahal 1/2 dari EB12, buat mainain lagu2 rock enak banget cepat dan buat lagu2 EDM masih bisa lah klo mau dengerin impact, tapi gak bisa mpe nge-grove banget hehe. gebukan2 di lagu2 pop sangat mengena di jiwa, sampai2 rasanya live gan hahaha, lebay banget kali yak, tapi emg bener saya coba di jam 1 mlm dan pejamkan mata dengerin album nya the corrs unplugged sangat bikin eargasm dahh haha, padahal biasanya nyetelnya di spiker floorstand custom yg gedenya minta ampun yg bassnya deep, tapi di EB12 ini bisa mayan kena deh.

sektor cringnya atau treble bisa dibilang cukup halus dan klo dibilang cring sampai tiing ndak bisa terlalu diharapkan, tapi mau gimana lagi namanya juga harga sekitar 100k gan hehe, gak bs protes hny aja detail sudah oke banget dan indah utk nampilin detail2 kecil di frekuensi tinggi di lagu2 yg detilnya instrumennya banyak, disini saya pakai lagu2 etnic dan lagu2 arabian pop serta lagu2 india dengan detail yg gak bisa dianggap sepele, pun klo dimusuhkan earpod bawaan ipod original yg lawas saya berani bertaruh, EB12 menang telak disektor ini. padahal earpod harganya hampir 400k deh hehe, so?

soal midnya bisa dibilang mayan baik, jarang ada barang diharga sekian dengan middle frekuensi yg keren ky gini, suara gitar nyaring dari kiri kekanan mengiringi vokal, tidak ketutup bass sama sekali. biarpun rada sensitif terhadap rekaman2 bright tapi masih bisa di tolelir dan tidak terlalu kasar juga, sibilence masih ada dikit banget, dan bisa diakalin dengan pemasangan sponge dan klo bisa jgn terlalu digeber di vol2 tinggi cz bakal kurang rapih jatuhnya. hny aja untuk vol2 tengah sudah sangat baik representasinya hehe. vokal sama sekali tidak muffled dan kesannya pas, penempatan vokalis juga bisa didepan instrumen dengan rapih. biarpun saya ngedrive nya pakai smarpon, tapi tetep exiting banget deh.

soal genre, earbud ini allround, tapi entah kenapa saya suka mendengarkan earbud ini di lagu2 pop tahun 2005 keatas dimana rekaman bassnya yg sudah mulai modern ky lagu2 maroon5, taylor swift, shania twain dan foo fighter dan ternyata pengaplikasian donnut foam / sponge yg dibolong tengahnya sangat membantu. suaranya jadi lebih open diamana bass lebih nonjok dan tidak kasar di vol2 atas. biarpun enak buat pop, tapi klo buat dengerin vokal yao si ting / anne murray / akustikan macem eagles / si adele dimalam hari jam 2an, bisa bikin mrinding gan brrr...

Kesimpulan
tidak ada penggunaan EQ disini, dan semua pure subyektif hehe, setup yg warm disarankan disandingkan dengan EB12 ini seperti klo di smarpon, yg saya tau warm itu asus zenfon dan xiaomi, blm coba SQ di iphone / ipod dan di iphone serta samsung cuma cek kompabilitas mic nya. tapi saya bisa membayangkan suaranya tetep baik n ndak ada berantakan. earbud ini karakternya neutral, tidak warm tidak bright, bassnya gede klo dalam kancah per earbud'an tapi tidak ketutup vokalnya karena balik lagi bisa dibilang neutral, tidak airy sama sekali, mid nya sangat baik. upgrade dari earbud ini kelasnya udah ke yuin PK3.

so utk harga sekitar 100k, daripada loose pack, bisa dibilang lebih worth dengan segala kelengkapan yg ada. kabel aman, pouch semi kulit keren dan packing yg minimalis jadi klo mau beli pasti bisa audisi dulu ndak disegel. katanya sih dicover garansi 6 bulan, mayan kan, ada micnya dan bisa buat iphone/ asus/ xiaomi/ acer/ samsung/ dll.

Quote:
Diubah oleh fufu27 08-12-2014 16:48
0
17.8K
40
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Audio & Video
Audio & VideoKASKUS Official
9.8KThread5.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.