Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

The BakepetAvatar border
TS
The Bakepet
Melihat Tampilan Baru Android L
Android L sudah dirilis versi Developer Preview-nya untuk seri Nexus 5 dan 7. Kamu tentunya penasaran, seperti apa tampilan baru dari Android yang satu ini. Berikut ada beberapa snapshot yang berhasil diambil.

Notifikasi

Tampilan notifikasi langsung terlihat berbeda di Android L. Ikon baru tampak lebih bulat, bertentangan dengan versi yang sekarang berdampingan dengan gambar indikator kekuatan sinyal.

Warnanya juga tampil beradaptasi dengan warna header aplikasi, dengan kecerahan sedikit lebih gelap untuk jelas terpisah antara aplikasi dan navigasi.


Spoiler for navigasi:


Ikon Baru

Spoiler for Ikon:


Selanjutnya adalah ikon sistem baru yang tampak lebih modern dan berkelas, ya, walaupun sebenarnya itu juga sangat subyektif karena selera orang berbeda-beda.

Keyboard

Spoiler for keyboard:


Google Keyboard versi baru muncul dan membuat sejumlah perubahan yang cukup signifikan. Pertama, tak ada pemisah antar tombol sehingga semua seakan-akan jadi satu. Sekali lagi ini akan menjadi sangat subyektif, karena orang bisa suka atau pun malah membencinya. Juga tampilan navigasi utama pada bagian bawah di mana Home menjadi gambar lingkaran, tombol Recent atau Menu jadi kotak dan tombol Back menjadi segitiga. Yup, kamu sedang memegang sebuah stick Playstation.

Seleksi

Spoiler for seleksi:


Android L benar-benar tampil lebih soft dalam warna. Ketika ada tombol pilihan menu akan tampil dengan lingkaran dan ketika menyeleksi akan diblok dengan warna lebih tua sedikit.

Spoiler for seleksi:


Undo Lewat Snackbar

Spoiler for snackbar:


Di Android L, kita bisa melihat gaya undo baru yang bisa membatalkan aksi kita secara konsisten. Memungkinkan kamu untuk kembalikan seperti semula jika secara tidak sengaja melakukan perubahan, seperti mengubah suatu setting, tanpa harus mengira-ngira bagian mana yang telah kamu ubah.

Setting Aplikasi

Spoiler for setting:


Tampilan Pengaturan diperbarui, dengan antarmuka yang lebih jelas dan lebih simple, menyatukan informasi tentang penggunaan data serta kapasitas memori ke dalam satu tempat, tidak tercecer kemana-mana.

Dokumen

Spoiler for dokumen:


Tampilan dokumen Android juga tampil lebih fresh dengan lebih banyak pilihan agar lebih mudah untuk membuat konten baru dan tidak hanya mengakses dan memodifikasi konten yang ada.

Simpan Dan Tutup

Spoiler for simpan dan tutup:


Jika dulu kamu sering bertanya-tanya apakah dengna menutup satu aplikasi akan juga menyimpan perubahan yang sudah kamu buat- dan Android akan selalu menyimpan perubahan secara otomatis. Sayangnya ini tidak selalu berjalan jika kamu pilih mundur atau back dari menu sementara perubahan belum selesai. Di Android L, Google menyelesaikan isu ini dengan menambahkan ikon baru untuk menutup dialog yang dapat ditutup, dengan menunjukkan apakah perubahan akan disimpan atau tidak.

Spoiler for tutup:


Galeri

Spoiler for galeri:


Sebuah galeri foto baru juga tampaknya ada di Android L. Meskipun tidak jelas apakah ini adalah aplikasi Gallery bawaan, atau salah satu aplikasi Google terpisah, tapi pastinya terlihat cukup berbeda dari galeri saat ini.

Tampilan Kontak

Spoiler for kontak:


Tampilan kontak juga tampaknya didesain ulang, dengan lebih banyak penekanan pada penggunaan layanan Google Hangouts.

Seleksi Kontak

Spoiler for kontak:


Lihat sendiri deh, biar gambar berbicara.

Email

Spoiler for email:


Aplikasi email Android L juga tampaknya mengalami peningkatan atas swipe-to-archive atau delete yang sekarang tersedia dengan fungsi antarmuka yang lebih bagus, serta tombol action baru yang melayang di bagian bawah dapat digunakan untuk menulis email baru.

Google Keep

Spoiler for google keep:


Kamu pakai Google Keep untuk menyimpan catatan kamu? Lihat tampilan barunya.

Google Hangouts
Spoiler for hangouts:


Buat kamu yang suka pakai Google Hangouts pun tak luput dari sentuha desain baru di Android L.

Jadi gimana? Lebih bagus dari versi yang sebelumnya? Kalau menurut saya pribadi, penggunaan warna-warna pastel yang soft dan tampilan minimalisnya membuat tampilan Android L menjadi kurang "garang" dan malah cenderung membosankan. Saya akan berpikir untuk mencari tema pengganti tampilan standar Android L, jika saya memakainya suatu saat nanti.

Kalau menurut kamu gimana?
Quote:




0
9.9K
86
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.