akualdaAvatar border
TS
akualda
[PEJABAT PADA KABUR] "Blusukan" Jokowi dan Jalan Rusak Bergelombang
Jumat, 26 Desember 2014 | 14:48 WIB


SUBANG, KOMPAS.com - Tak seperti kunjungan kerja para pejabat pada umumnya yang "mendadak" ada perbaikan jalan di perkampungan, blusukanPresiden Joko Widodo di Subang, Jumat (26/12/2014) jauh dari gambaran "jalan mulus". Jalan berlubang hingga tanah menjadi jalanan yang digunakan presiden bersama ibu negara beserta rombongan ke pelosok Subang.

 
Jalan-jalan yang rusak mulai terasa saat kunjungan presiden ke lokasi kedua yakni di lapangan Pertamina Bojong Jaya. Memasuki wilayah perkampungan, jalanan berupa tanah dijumpai.
Jejak ban tampak terlihat pada permukaan jalan yang membelah perkampungan Pusaka Jaya. Sebuah mobil rombongan berupa Pregio bahkan kempes setelah melalui jalan tanah dan bebatuan sekitar 10 kilometer itu.
 
Di Lapangan Pertamina Bojong Jaya, Jokowi membagikan 1.099 unit traktor tangan kepada para petani. Di sana, Jokowi juga berdialog dengan sejumlah petani.
 
Rusaknya jalan bahkan sampai dikeluhkan oleh Warsono Adi Wijaya atau Kang Bewok, petani Subang. "Di sini jalannya kebanyakan masih tanah. Kalau bisa, pengalaman saya di Taiwan, hampir semuanya diaspal. Kalau bisa se-Jabar terutama kabupaten Subang," ungkap dia. 
 
Menjawab keluhan itu, Presiden Jokowi meminta masyarakat bersabar. Menurut dia, persoalan akan diselesaikan satu per satu. Saat ini pemerintah fokus memperbaiki irigasi untuk mewujudkan swasembada pangan, setelah itu Jokowi mengaku baru akan memperhatikan jalan.
 
"Karena apa pun, yang namanya jalan di desa penting sekali dalam rangka distribusi produk petani ke kota atau ke pasar. Tapi memang ini butuh tahapan," imbuh dia.
 
Selepas acara di Bojong Jaya, Jokowi melanjutkan perjalanan ke Desa Jatireja. Jalan rusak kembali menghiasi perjalanan presiden bahkan hingga Jokowi kemudian bertolak ke sodetan Sungai Citarum di kecamatan Compreng.
 
Setidaknya sudah sekitar 2,5 jam perjalanan presiden beserta Ibu Negara yang menggunakan mobil dinas Toyota Land Rover melintasi jalan bergelombang di Subang. Satu per satu pejabat yang sejak pagi mendampingi Jokowi melakukan blusukan pun mulai lambat laun menghilang mulai dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Bupati Subang Imas Aryumningsih, hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
 
Hanya tersisa Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono, dan anggota DPR dari Fraksi PDI-P Maruarar Sirait yang masih setia mendampingi Jokowi blusukan melalui jalan-jalan rusak.
Penulis: Sabrina Asril
Editor: Ana Shofiana Syatir
Diubah oleh akualda 26-12-2014 08:10
0
6.5K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.