longspanbridgeAvatar border
TS
longspanbridge
BALL WATCH




MENGENAI THREAD BALL WATCH

1. Thread ini bersifat netral dan non-komersial, terbuka bagia siapa saja, terutama bagi yang menggemari BALL watch.
2. Silahkan membaca RULES yang ada demi kenyamanan bersama.
3. Dimohon partisipasinya untuk memberikan masukan atau koreksi terhadap info yang kurang atau salah.
4. Disediakan daftar isi untuk kemudahan mencari review BALL watch yang ada.
5. WARNING..!!! Keracunan akibat thread ini tidak menjadi tanggung jawab TS emoticon-Big Grin
6. Please enjoy it...... emoticon-Cendol (S)



RULES
(copas dari thread All About Seiko, maturnuwun Om Nikidasi emoticon-Cendol (S)):

1. No junkers.
2. Jangan mempromosikan jam atau aksesoris jam yang sedang dijual di FJB baik secara langsung (posting link ke FJB) maupun secara tidak langsung melalui posting2 yang bersifat implisit.
3. Tidak bertanya soal Recommended Seller (Recsel) di forum diskusi ini. Sebelum membeli lakukan googling dan riset sendiri. Kalau kurang yakin dengan seller, minta transaksi secara COD (Cash on Delivery, tatap muka) atau gunakan fasilitas Rekening Bersama (Rekber) yang ada di Kaskus. Kalau masih kurang yakin lagi, kontak Kaskuser lain melalui jalur PM untuk minta rekomendasi.
4. Untuk mencari tahu harga jam tangan BALL, bisa ditanyakan ke eyang Google.



DAFTAR ISI REVIEW BALL WATCH

1. BALL ENGINEER HYDROCARBON MAGNATE CHRONOGRAPH : http://www.kaskus.co.id/thread/52982...a4/ball-watch/

2. TRAINMASTER WORLDTIME CHRONOGRAPH GMT : http://www.kaskus.co.id/thread/52982...a4/ball-watch/



PENDIRI

Webster Clay Ball dilahirkan di Fredericktown, Ohio, USA pada tanggal 6 Oktober 1847, beliau dikenal memiliki ketertarikan pada akurasi waktu. Setelah 2 tahun magang pada seorang pembuat jam, Ball kemudian menetap di Cleveland, Ohio dan bekerja pada sebuah toko jam.

Pada tahun 1891 terjadi kecelakaan besar, yaitu tabrakan kereta api antara Lake Shore and Michigan Southern di Kipton, Ohio yang disebabkan oleh jam seorang engineer yang sedang bertugas tiba-tiba mati. Badan resmi perkereta apian pada saat itu menugaskan Ball sebagai Chief Time Inspector untuk membuat standard serta menetapkan sistem inspeksi agar didapat jam yang handal. Kemudian beliau membuat guidelines yang tegas dalam pembuatan jam agar didapatkan produk yang memperhatikan aspek-aspek: ketangguhan, presisi, antimagnetic, isochronism, power reserve, dial arrangement, serta reliability jam pada 5 macam posisi. Dimana aspek-aspek tersebut juga diperhatikan pada saat inspeksi reguler untuk mempertahankan kehandalan jam.

Bisnis jam miliknya di Cleveland kemudia berkembang kemudian pada akhirnya menjadi BALL Watch Company (saat ini berkantor pusat di La Chaux-de-Fonds, Switzerland), yang menggunakan movement dari perusahaan lain, lalu movement tersebut disempurnakan untuk memenuhi standard yang diterapkan perusahaan. BALL menggunakan movement dari top American manufacturers seperti Elgin, Hamilton, dan Waltham,yang kemudian berpaling pada Swiss Avia movements pada awal tahun 1940-an. Waltham Watch Company kemudian mengikuti dengan memenuhi semua persyaratan pada BALL guidelines pada produksinya, penerapan BALL guidelines tersebut diikuti juga oleh Elgin National Watch Company dan hampir semua American manufacturer lainnya: Aurora, Hamilton, Hampden, E. Howard & Co., Illinois, Seth Thomas, kemudian diikuti juga oleh beberapa Swiss watch manufacturer: Audemars Piguet, Gallet, Longines, Record Watch, Vacheron Constantin.

Ball dinobatkan sebagai Honorary Member pada sebuah asosiasi Locomotive Engineers setelah menyampaikan pidato pada Third Triennial Convention of the Brotherhood of Locomotive Engineers yang diadakan di LE Auditorium Cleveland, Ohio pada tanggal 31 Mei 1921 jam 14.00 dimana Ball merupakan tamu yang diundang secara langsung oleh Grand Chief Engineer W.S. Stone.

Pada masa-masa akhir karirnya, Ball telah berkontribusi besar pada keamanan pembuatan rel kereta api sepanjang 125 mil di USA, Mexico, dan Canada. The Horological Institute of America memberikan apresiasi dengan merayakan hasil kerja kerasnya tersebut pada 20 Oktober 1921.


Webster Clay Ball




Motto

Pada BALL Watch Company, semua jam dibuat berdasarkan motto “Since 1891, accuracy under adverse conditions”, terjemahan bebasnya adalah "Sejak 1891, tetap akurat sekalipun berada pada kondisi yang buruk". Dengan motto seperti tersebut, tentunya BALL Watch Company memiliki keseriusan dalam menjaga kualitas produknya sesuai dengan yang diharapkan.



Milestone

• 1847: Kelahiran Webster Clay Ball di Fredericktown, Ohio, USA

• 1891: Terjadinya bencana kereta api di Kipton, Ohio, USA; Mr. Ball ditunjuk sebagai chief of time inspector bagi perusahaan-perusahaan kereta api di USA

• 1894: Pendirian BALL Watch Company di Cleveland, Ohio, USA untuk membuat official railway watches

• 2001: Diperkenalkan pertama kali di dunia jam mekanik yang dilengkapi dengan luminescent microtubes, untuk memastikan kesempurnaan visibility sekalipun dalam keadaan gelap

• 2011: Perayaan 120 tahun kiprah BALL di dunia horology dengan memperkenalkan produk terbarunya yaitu Engineer Hydrocarbon DeepQUEST, sebuah jam diver dengan water resistant hingga kedalaman 3000 meter yang memiliki konstruksi titanium single block-case


Engineer Hydrocarbon DeepQUEST (2011) - Sebelah kiri terlihat cahaya dari tritium berpendar pada kondisi sekitar gelap (pada bezel terdapat lume buakan tritium) dan sebelah kanan pada saat cahaya di ruangan cukup terang

http://oceanictime.blogspot.com/2011...drocarbon.html



PERFORMA

Macam-macam material case dengan kualitas superior yang digunakan pada BALL yaitu high-grade stainless steel dan titanium coated with Diamond-Like Carbon. Khusus untuk seri Engineer Master II dan Engineer Hydrocarbon dilengkapi sistem antimagnetic dengan mengaplikasikan soft iron inner jacket.

Crystal terbuat dari anti-glare sapphire (AL2O3) dengan Moths hardness 9. Knoop hardness (C-axis) 1.670 s/d 2.000 kgf/mm2. Heat conductivity pada suhu 100°C sebesar 0.06 cal/cm-sec-°C. Nilai dielectric strength sebesar 20.800 kg/cm2.

Konstruksi semua BALL watch dirancang untuk mampu menahan goncangan minimum 5.000 Gs pada impact test, pengujian dilakukan dengan bantuan mesin untuk mensimulasikan pengaruh kondisi jatuh bebas di atas lantai kayu keras setinggi 1 meter. Untuk seri Engineer Hydrocarbon dirancang untuk menahan goncangan 7.500 Gs, untuk memastikan fitur shock resistance yang dimilikinya.

BALL bekerja sama dengan top Swiss movement manufacturers untuk membuat movement yang presisi dan tangguh. Kemudian BALL menyesuaikan dan memodifikasi sesuai Ball Standard.

BALL dilengkapi dengan self-powered micro gas tube (3H) yang memberikan legibility yang excellent bahkan pada kondisi gelap dan buruk. Sumber cahaya pada BALL tidak membutuhkan batere atau paparan pada sumber cahaya lain, dan mampu bertahan sampai dengan 25 tahun. Untuk seri Engineer Hydrocarbon, markings pada bezel terdapat luminous paint.

Fitur water resistance pada BALL watch memiliki rentang antara 30 m sampai 3.000 m, tergantung dari model yang dipilih. Pengujian dilakukan dengan merendam jam dalam air dengan tekanan yang relevan paling tidak selama 5 menit. Jam harus menunjukkan bahwa tidak terjadi kebocoran untuk lolos pengujian. Tentunya sebelum direndam dalam air harus dipastikan crown sudah screwed-in secara tepat agar tidak ada air yang masuk ke movement. Dimana sistem crown protection yang menjadi paten BALL pada seri Engineer Hydrocarbon memastikan crown kembali pada posisi yang tepat.



ANTIMAGNETIC

Pertama kali yang mengobservasi fenomena magnetic adalah orang Yunani pada sekitar tahun 600 SM. Magnet alami (Fe3O4) berupa ferrous oxide hitam yang mana bentuknya menyerupai batu hitam, ditemukan di Provinsi Magnesia, Turkey. Medan magnet yang dihasilkan oleh magnet alami secara umum terlalu lemah untuk mengganggu akurasi jam mekanik, tapi kondisi tersebut tidak berlaku untuk medan magnet buatan manusia. Sehingga terdapat resiko kerusakan jam mekanik bila berada pada jangkauan medan magnet buatan manusia. Jadi dimana terdapat resiko medan magnet buatan manusia di kehidupan sehari-hari? Dekat televisi, stereo system, radio, dan lemari pendingin di rumah kita. Dekat telepon atau layar komputer di meja kerja. Di pintu mobil, di lokomotif, dll.

Untuk BALL watch seri Engineer Hydrocarbon, Engineer Master II, dan Engineer II dilengkapi dengan konstruksi case antimagnetic dengan material ferric stainless steel yang tahan korosi. Selain itu, di bagian dalam case diproteksi dengan sebuah soft iron inner jacket yang terdiri dari sebuah back plate, serta sebuah ring yang mengelilingi movement dan dial.

Sebenarnya apakah arti dari “antimagnetic”? Menurut standard yang ada didefinisikan sebagai berikut:
“If a mechanical watch does not stop when exposed to a magnetic field of 4,800 A/m and subsequently does not deviate by more than 30 seconds per day, it can be called antimagnetic”
 Terjemahan bebasnya adalah “Jika sebuah jam mekanik tidak berhenti saat terpapar dengan sebuah medan magnetic sebesar 4,800 A/m dan tidak terjadi deviasi lebih dari 30 detik per hari, maka dapat disebut antimagnetic”.
Tentu saja BALL watch mampu lolos dari persyaratan standard tersebut, bahkan untuk seri Engineer Hydrocarbon memiliki standard proteksi sebesar 12,000 A/m.

Konstruksi case antimagnetic BALL watch




SWISS NIGHT READING TECHNOLOGY

Bagaimana caranya untuk melihat waktu di jam pada kondisi gelap sudah menjadi topik dari banyak peneliti di industri jam tangan. Dengan mengaplikasikan cat luminous pada dial dan hand, kemudian dengan tritium telah menjadi standard practice sejak perang dunia tapi sebenarnya belum memuaskan. Setelah melakukan penelitian dan pengembangan selama kurang lebih 25 tahun, BALL Watch Company mempersembahkan hasil inovasi berupa Swiss laser technology dengan memperhatikan alternatif terbaik yang tersedia saat ini. Berupa self-powered micro gas tube dikenal sebagai 3H yang memberikan jam memiliki kemampuan untuk mudah dibaca dengan sangat baik di saat gelap pada setiap kondisi buruk, dengan menyediakan superior night reading capability yang 100 kali lebih terang daripada tritium atau cat luminous lainnya. 3H gas tubes tidak membutuhkan batere, paparan pada sumber cahaya lain, atau penggunaan press-button, dan bersinar secara terus-menerus sampai dengan 25 tahun. Waktu dapat dibaca dari jam secara cepat dan aman pada saat terang di siang hari maupun pada kondisi gelap saat malam hari tanpa mata perlu beradaptasi dulu dengan kondisi pencahayaan sekitar.



KEAMANAN PENGGUNAAN 3H

Manusia selalu terpapar dengan radiasi alami dari bumi seperti juga terpapar dengan radiasi alami dari luar angkasa. Radiasi yang kita terima dari luar angkasa disebut radiasi kosmik (cosmic rays). Jika dirata-rata, paparan radiasi alami yang kita terima sebesar 2,4 mSv per tahun, tergantung juga letak kita secara geografis. Bahkan ketika berada di dalam rumah atau gedung juga terdapat elemen radioaktif di udara.

Pengguna BALL watch aman terhadap radiasi dari tritium 3H, karena pengguna hanya terpapar sebesar 30.000 kali lebih kecil daripada radiasi alami yang kita terima. Kondisi tersebut membuktikan bahwa resiko terpapar radiasi minor dari tritium 3H tidak signifikan terhadap kesehatan.



SERTIFIKASI CHRONOMETER

Chronometer merupakan sebutan untuk jam yang akurat, berasal dari bahasa Yunani chronos + metron yang artinya “untuk mengukur waktu”. Begitu juga dengan BALL chronometer memiliki tingkat akurasi yang tinggi, jam mekanis yang telah diuji dan diverifikasi oleh The Swiss Official Chronometer Control (Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres, disingkat COSC) yang berlokasi di Perancis.

Sebelum mengeluarkan sertifikat, COSC melakukan serangkaian pengujian pada setiap movement BALL watch menggunakan kamera, computer, serta analisa data. COSC melakukan 7 macam pengujian yang berbeda. Kegagalan untuk memenuhi syarat standard minimum pada setiap pengujian mengakibatkan ditolaknya suatu movement. Berikut adalah ringkasan prosedur pengujian:

Pengujian 1 (Mean Daily Rate) : Setelah 10 hari pengujian nilai error, nilai Mean Daily Rate harus masuk dalam rentang -4 s/d +6 detik per hari.

Pengujian 2 (Mean Variation in Rates) : COSC mengobservasi nilai error pada 5 macam posisi (2 posisi horizontal, 3 posisi vertikal) setiap hari dengan durasi lebih dari 10 hari untuk total 50 kali pengukuran. Nilai Mean Variation in Rates tidak boleh lebih dari 2 detik.

Pengujian 3 (Greatest Variation in Rates) : Nilai error terbesar dari 5 macam posisi tidak boleh lebih dari 5 detik per hari.

Pengujian 4 (Horizontal and Vertical Difference) : COSC mengurangi rata-rata nilai error pada posisi vertikal (pada hari pertama dan kedua) dengan rata-rata nilai error pada posisi horisontal (pada hari kesembilan dan kesepuluh). Hasil pengurangan tersebut tidak boleh lebih dari -6 s/d +8 detik per hari.

Pengujian 5 (Greatest Deviation in Rates) : Perbedaan antara antara Greatest Daily Rate dengan Mean Daily Rate tidak boleh lebih dari 10 detik per hari.

Pengujian 6 (Rate Variation Due to Temperature) : Pengujian nilai error pada suhu 8 derajat celcius (46 derajat Fahrenheit) dan pada suhu 38 derajat celcius (100 derajat Fahrenheit). Dilakukan pengurangan nilai error pada suhu dingin dengan nilai error pada suhu panas lalu dibagi 30. Variasi yang terjadi tidak boleh lebih dari 0,6 detik per hari.

Pengujian 7 (Resumption of the rate) : Dilakukan dengan cara mengurangi Mean Daily Rate dari 2 hari pengujian pertama dengan Mean Daily Rate dari pengujian hari terakhir. Hasil pengurangan tidak boleh lebih dari 5 detik per hari.



VARIAN BALL WATCH

Terdapat beberapa seri pada BALL watch, yaitu:
Official Railroad: Memakai desain legendaris yang digunakan pada masa-masa awal berdirinya BALL Watch Company, salah satunya adalah tipe “60 Seconds” sebagai berikut:




Engineer II: Merupakan seri jam sport elegan dengan mengutamakan karakter yang kuat, salah satunya adalah tipe “Chronometer Red Label (40mm)” sebagai berikut:



Engineer Master II: Seri ini dibuat untuk menghormati train drivers dengan membuat jam yang tangguh dan fungsional. Secara khusus, pada seri ini termasuk jam diver yang memenuhi kebutuhan untuk eksplorasi laut dalam. Salah satunya adalah tipe “Diver Worldtime” sebagai berikut:




Engineer Hydrocarbon: Merupakan seri yang paling advance dari BALL watch, mengutamakan aspek ketangguhan, reliabilitas, dan akurasi. Dilengkapi dengan fitur-fitur utama berupa tahan goncangan, tahan terhadap suhu dingin, dan antimagnetic. Salah satunya adalah tipe “NEDU” sebagai berikut:



Trainmaster: Salah satunya adalah tipe “One Hundred Twenty” sebagai berikut:



Conductor: Salah satunya adalah tipe “Vanderbilt Chronograph” sebagai berikut:




Fireman: Salah satunya adalah tipe “Storm Chaser DLC” sebagai berikut:





TIPS MERAWAT BALL WATCH

Seperti mesin mobil, direkomendasikan untuk memeriksa BALL watch seperti pada umumnya jam mekanik, dibersihkan, dan movement diberi pelumas oleh BALL Authorized Service Center setiap 3 s/d 5 tahun. Perawatan reguler ini akan mencegah dari kerusakan yang diakibatkan karena keringnya pelumas pada movement. Selain itu juga membutuhkan perhatian tertentu, beberapa rekomendasi dasar yang akan membantu untuk memastikan reliabilitas BALL watch adalah sebagai berikut:

• Medan magnet: Pada seri Engineer Master dan Engineer Hydrocarbon semuanya telah dilengkapi dengan soft iron inner antimagnetic case untuk meningkatkan daya tahan terhadap pengaruh medan magnet. Tetapi tetap harus dihindari untuk meletakan jam di atas kulkas atau loudspeaker karena memiliki medan magnet yang kuat.

• Goncangan: Walaupun sudah dirancang untuk tahan goncanganberdasarkan persyaratan standard di industri jam tangan, goncangan ekstrem terhadap instrumen presisi ini seharusnya tetap dihindari. Sebuah goncangan yang kuat pada crown atau crystal dapat merusak fitur water resistance.

• Pembersihan: Dipastikan untuk membilas jam secara teratur dengan air bersih, terutama setelah digunakan dalam air asin (laut) untuk menjaga keawetan jam.

• Strap: Terbuat dari kulit terbaik (sapi atau crocodile/alligator) dan telah diproteksi terhadap pengaruh kelembaban akibat pemakaian normal. Untuk memperpanjang umur dari strap kulit, perlu dihindari kontak dengan air dan kondisi basah untuk mencegah perubahan warna dan bentuk. Jika strap terendam dalam air asin, maka segera bilas dengan air tawar untuk menghindari kerusakan lebih jauh. Hindari juga kontak dengan minyak dan produk kosmetik karena dapat merusak kulit.



Diubah oleh longspanbridge 03-12-2013 07:55
tata604
tata604 memberi reputasi
1
40.3K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Jam
JamKASKUS Official
1.6KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.