Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kutangajaibAvatar border
TS
kutangajaib
MUI: Selamat Natal Boleh Diucapkan Umat Muslim
Judul CNN --> MUI: Selamat Natal Boleh Diucapkan Umat Muslim

Jakarta, CNN Indonesia -- Perdebatan mengenai mengucapkan selamat Hari Raya Natal oleh umat Muslim pada umat Nasrani tak pernah berhenti. Sebagian umat Muslim dan kalangan ulama menganggap dan berprinsip ucapan tersebut haram karena menyalahi aturan dalam agama Islam.

Namun Majelis Ulama Indonesia mengungkapkan ucapan selamat Natal tidak secara spesifik disebutkan dalam fatwa mereka. Bahkan Ketua Umum MUI Din Syamsuddin mengatakan ucapan selamat Natal boleh saja dilakukan oleh umat Muslim.

"Selama itu tidak memengaruhi akidah umat Muslim maka (ucapan selamat Natal) dapat dilakukan," ujar Din saat ditemui di Ruang Nusantara IV MPR/DPR RI, Selasa (23/12).

Selain itu, Din mengungkapkan pengucapan selamat Natal bisa dilakukan berdasarkan rasa persahabatan dan kultur di Indonesia. "Menurut hemat saya jika hanya sekadar konteks kultural budaya sebagai refleksi persahabatan juga dapat dilakukan," lanjut Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut.

Dia menegaskan agama Islam bukanlah agama yang picik maka hal seperti pengucapan hari raya besar agama lain tidak menjadi masalah. "Islam tidak sepicik itu, insya Allah jika hanya konteks kultural tidak masalah," ujarnya.

Din secara pribadi pun mengatakan dirinya selalu mengucapkan selamat hari raya besar agama lain, termasuk hari raya Natal. Dia lakukan hal tersebut semata karena aspek kultural yang dia anut. "Saat Islam merayakan Idul Fitri, Vatikan mengirimkan selamat, tidak mungkin saya tidak mengucapkan selamat Natal pada mereka. Nanti dikira sombong," kata Din.

http://www.cnnindonesia.com/nasional...t-muslim/#main

Judul CNN menyesatkan padahal kalimat pak Din

"Selama itu tidak memengaruhi akidah umat Muslim maka (ucapan selamat Natal) dapat dilakukan," ujar Din saat ditemui di Ruang Nusantara IV MPR/DPR RI, Selasa (23/12).

Kata kuncinya adalah "Selama", apakah mengucapkan natal mempengaruhi akidah umat islam ? tergantung alirannya dan Mayoritas umat islam memiliki keyakinan seperti itu - merusak akidah-, jadi bukan berarti MUI menghalalkan hal tersebut.
Diubah oleh kutangajaib 23-12-2014 08:36
0
4.9K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.