Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shaktinAvatar border
TS
shaktin
Mau sampai kapan suporter di Indonesia begini?
-WELCOME TO MY THREAD-

emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Sebelumnya ane ucapin makasih buat agan-aganwati yg udah sempetin mampir ke thread ini. Semoga apa yang ane tulis kali ini bisa lebih bermanfaat buat sharing sesama kaskuser ya gan, tanpa ada diskusi ataupun komen emoticon-No Sara Please hehehe

Kalo threadnya menarik, jangan lupa tinggalin emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya gan! emoticon-Matabelo

Nih bukti kalo threadnya belom ada yang bikin ya gan hehe



Berawal dari kasus bentrok yang tadi sore baru terjadi antara opnum yang diduga sebagai Jackmania, ane jadi mikir, ini suporter apa pasukan perang barbar sih???

Kebiasaan yang kayak gini terlalu berlebihan menurut ane. Fanatisme kadang emang bikin orang buta. Okelah kalo itu sifatnya fanatisme musiman yang cuman sesaat, pas udah bosen terus udahan. Lha ini? dari jaman dulu kayaknya image suporter gak pernah bener. Ya emang ada beberapa kasus dimana suporter (dlm hal ini Jackmania) dapet penghargaa sebagai supoter terbaik tahun 2008.

FYI aja gan, ane juga suporter tapi gak sampek sefanatik itu. Ane juga pemain, dan ane tau gimana rasanya dapet dukungan dari suporter yg setia dateng dari jauh, ngikutin dan ngawal, ngasih sorakan dan lagu-lagu chant buat tim yang mereka bela. Tapi ini udah kelewat batas menurut ane gan. Gak cuman sekali dua kali ya kasus kayak gini? nggak cuman tim kelas papan atas liga Indonesia aja, tim tarkam aja kadang pake berantem buat ngeluapin emosi mereka yg nggak puas dari sebuah hasil pertandingan.

Beberapa social media yg ane pake kayak Twitter dan facebook, timelinenya rame banget. Banyak banget yang ngumpat dan berpendapat soal kejdian tadi sore dengan bahasa daerah masing-masing. Indonesia memang Bhineka Tunggal Ika, yah?
Ane sampek ikutan kebawa suasana ricuhnya mereka yg pada ngeributin soal kejadian tadi sore. Apa sih yg mereka dapet dari hal semacam ini? dugaan berkata bahwa mereka semacam melakukan balas dendam. Kayak udah tradisi aja antara Jackmania sama Bobotoh Persib.

Beberapa hal yg terbesit di pikiran ane: apa sih yg mereka dapet dari ngelakuin hal kayak gini? apa itu jaminan tim idola mereka bakal langgeng prestasinya? apa mereka nggak mikir kedepannya bakal kayak gimana? INI NYAWA LHO TARUHANNYA! bukan cuman harga diri. Ayolah, suporter cinta damai yang sportive itu KEREN lho!

Spoiler for Kronologi Kejadian (via Liputan6.com):


Gimana menurut agan-aganwati? Mau sampek kapan suporter Indonesia begini? Apa ini udahjadi hukum alam dimana balas dendam udah jadi sesuatu hal yg harus di lakuin terhadap suatu kejadian?
Sorry kalo thread ane kali ini sedikit menyinggung perasaan agan-agan yg mungkin juga suporter Jackmania atau bahkan Bobotoh. Ane gak ada maksud beneran. Coba kita sharing aja, dengan kepala dingin. Ini juga buat kebaikan dan kemajuan persepakbolaan Indonesia, Negara kita, iya kan?


Be a good suporter, don't hurt anyone, we're Bhineka Tunggal Ika!
0
5.7K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.