Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5495b278a3cb17c54a8b4569/tips-belanja-aneka-oleh-oleh
Liburan Telah tiba, dan sebagian tradisi masyarakat kita saat liburan adalah melakukan perjalan/rekreasi baik bersama keluarga, teman kantor maupun para sahabat. Mungkin dari kita pernah melakukan perjalanan/Tour/Rekreasi dengan menggunakan jasa Travel baik itu pribadi / kelompok (Group), tidak jarang pula Travel yang kita sewa biasanya menyediakan pemandu wisata/perjalanan biasa juga disebut TL (
Lapor Hansip
21-12-2014 00:31

Tips Belanja Aneka Oleh-oleh

Tips Belanja Aneka Oleh-oleh

Liburan Telah tiba, dan sebagian tradisi masyarakat kita saat liburan adalah melakukan perjalan/rekreasi baik bersama keluarga, teman kantor maupun para sahabat.

Mungkin dari kita pernah melakukan perjalanan/Tour/Rekreasi dengan menggunakan jasa Travel baik itu pribadi / kelompok (Group), tidak jarang pula Travel yang kita sewa biasanya menyediakan pemandu wisata/perjalanan biasa juga disebut TL (Tour Leader). Keberadaan TL ini sangatlah membantu didalam perjalan Anda apalagi jika anda/Group belum paham tentang lokasi/medan tujuan dari perjalan Anda.

Dalam sebuah Tour salah satu jadwal yang tidak boleh terlewatkan adalah “Belanja Oleh-oleh”… Dan Fenomena sekarang adalah Tujuan belanja oleh-oleh ini biasanya ditentukan oleh pihak Travel/TL, kita akan diarahkan kesalah satu Toko/Pusat Oleh-oleh yang biasa menjadi langganan pihak Travel/TL . Dan tahukan Anda, biasanya antara Toko dan Pihak Travel/TL ini biasanya sudah mempunyai perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak, dimana pihak Travel/TL akan mendapatkan sekian persen dari total belanjaan Anda/Group. (Maaf tidak semuanya Toko danTour/Travel melakukan ini).

Dan fakta dilapangan yang penulis lihat selama ini rata-rata pihak Tour/TL mendapatkan komisi 15%-30% dari total belanjaan Anda/Group, jadi harga barang yang ditoko sudah jelas akan dijual lebih mahal dari harga normal (tanda kutip karena pihak toko juga harus memberikan sekian persen ke pihak Tour/TL + Sales), salah satu contoh sebuah camilan yang biasanya dijual harga normal Rp 7.000/bungkus bisa menjadi Rp 14.500/bungkus (ini fakta karena penulis sudah banyak melakukan pengamatan dilapangan).

Berikut contoh simulasi kejadian diatas:

Misal Anda/Group sejumlah 70 Orang dalam satu bus, dan masing-masing orang belanja habis 200.000,/orang

  • Belanja Rp. 200.000/orang x 70 (jumlah group) = Rp. 14.000.000
  • Travel/TL 30% dari total Belanjaan Group Rp. 14.000.000 x 30% = Rp. 4.200.000
  • Total Bonus/komisi yang diterima pihak Travel/TL Rp. 4.200.000


Kita bisa lihat itu adalah komisi yang mereka dapat didalam jadwal 1x belanja dengan asumsi tiap orang belanja Rp. 200.000,- dan tidak jarang pula dalam setiap tour kita dijadwalkan beberapa kali ke tujuan belanja.
Tips Belanja Aneka Oleh-oleh

Quote:Berikut Tips Belanja “Aneka Oleh-oleh” saat Tour;

  • Sebelum melakukan perjalanan carilah Referensi Toko-toko apa saja yang layak (menjual barang dengan harga normal) dangan cara browsing diinternet atau bertanya pada orang yang lebih paham/mengerti.

  • Tentukan sendiri Tujuan Toko/pusat oleh-oleh yang menurut anda bagus dan layak

  • Jangan sungkan untuk menentukan sendiri tujuan belanja karena pihak Travel/TL Anda sewa untuk kenyamanan perjalanan Anda/Group.

  • Saat berbelanja perhatikan exp pada tiap kemasan

  • Saat memilih makanan yang didisplay di rak/etalase cobalah pilih yang barisan paling belakang biasanya exp lebih lama alias barang baru selalu ditaruh baris paling belakang hehehe….

  • Carilah Oleh-oleh yang sesuai dengan ciri khas tempat tujuan Tour Anda (masak belanja oleh-oleh kerupuk yang ditempat asal Anda sudah banyak hehehehe……)

  • Jangan terpengaruh harga yang dibawah harga normal, misal contoh harga keripik buah normal Rp. 12.000/bks, disitu ada yang menjual harga Rp. 30.000 dapat 10bks (maka siap-siaplah Anda kecewa saat membukanya hehehehe……. ) karena itu KW2 (hancur) dan isinya Cuma beberapa gram saja mereka mengakali dengan kemasan yang melembung biar keliihatan banyak….

  • Apabila bisa menawar maka tawarlah dengan harga termurah, dengan cara membandingkan satu penjual satu dengan penjual yang lain.

  • Biasanya Toko oleh-oleh menyediakan tester dari produk-produk yang mereka jual, jadi jangan sungkan atau malu untuk mencoba, lumayan kan bisa incip-incip gratis hehehehee….

  • Jika Jadwal tujuan Tour Anda masih banyak mending belanja secukupnya dulu, dikarenakan saat anda berkunjung ke tujuan yang lain anda akan menemukan wisata belanja/barang baru lagi.

  • Sendirikan atau pilah jenis belanjaan Anda (cair, Aroma menyengat, pakaian, atau yang mudah hancur).

  • Mintalah packaging yang baik kepihak toko untuk menjaga barang belanjaan Anda.

  • Beri nama pada kardus/kantung belanjaan anda, supaya saat ditaruh dibagasi tidak sampai tertukar.


Sekian Tips Belanja “Aneka Oleh-oleh” Dari MENONE semoga bisa bermanfaat, Selamat Berlibur… semoga liburan Anda Menyenangkan….. SALAM
0
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
56K Anggota • 913.8K Threads
Post ini telah dihapus
Tips Belanja Aneka Oleh-oleh
21-12-2014 00:35
klo tips belanja oleh oleh buat yang gak punya duit ada gak om? emoticon-Matabelo
0 0
0
Tips Belanja Aneka Oleh-oleh
21-12-2014 01:03
Wah bagus nih tipsnya,ane kalo belanja lupa memperhatiin tanggal exp date pada kemasan emoticon-Malu
0 0
0
Tips Belanja Aneka Oleh-oleh
21-12-2014 01:07
nice info gan...biasanya cm ngikut dr travel aja

WARNING..!!!
0 0
0
Tips Belanja Aneka Oleh-oleh
22-12-2014 01:16
nice share gan
0 0
0
Tips Belanja Aneka Oleh-oleh
02-01-2015 03:51
ane dah blanja nih oleh2 banyak gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Tips Belanja Aneka Oleh-oleh
30-01-2015 11:42
ane sih sesuai keperluan aja Belanja Aneka Oleh-oleh
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia