Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

3integrasiAvatar border
TS
3integrasi
Lenovo l EMC NAS Storage
Hallo agan-agan, saya ingin sedikit share tentang apa itu NAS Storage yang kebetulan saya sedang utak atik dengan product Lenovo EMC NAS Storage.


untuk info nya secara umum untuk infrastruktur data center ada 2 tipe penyimpanan yaitu :

1. Storage Area Network ( SAN Storage )
Spoiler for penjelasan:


2. NAS Storage ( Network Attached Storage)
Spoiler for penjelasan:



Bayangkan kerumitan yang harus dilalui, jika Anda harus mencari musik, foto atau dokumen penting di sekian banyak perangkat komputer maupun perangkat mobile yang Anda gunakan, seperti smartphone maupun tablet. Banyaknya jumlah perangkat yang digunakan, belum lagi perbedaan platform dan OS dari setiap perangkat tersebut, terkadang mempersulit pengguna dalam melakukan pencarian data.

Masalah lainnya, kapasitas penyimpanan perangkat yang berbeda-beda seringkali menyebabkan data terpencar diantara berbagai perangkat yang ada. Hal ini tentunya sangat merepotkan, karena, untuk memudahkan pencarian dan akses data, pengguna harus mengingat di perangkat mana ia menyimpan data tersebut. Tidak hanya itu, untuk dapat mengaksesnya setiap saat dari mana pun, pengguna harus selalu membawa perangkat-perangkat tersebut ketika pergi.

Kesulitan pengelolaan data semacam ini tidak hanya dihadapi oleh perusahaan besar, namun juga dihadapi oleh pengguna pribadi serta pelaku bisnis kecil dan menengah. Dalam mengelola dan mengakses data, perusahaan besar biasanya memiliki sebuah server dan jaringan tersendiri yang berfungsi sebagai pusat data yang dapat diakses kapanpun dan dari mana saja. Namun, untuk menjalankan dan membuat sistem sejenis ini, Anda membutuhkan tenaga ahli.

Network-Attached Storage (NAS) mampu menawarkan sebuah sistem layaknya server yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar, namun penerapannya sangatlah sederhana. Dengan begitu, NAS dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk pemakaian pribadi, seperti di rumah atau bagi pelaku bisnis kecil dan menengah.

Singkatnya, Network-Attached Storage (NAS) adalah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk berbagi-pakai data melalui jaringan. Perangkat yang berdiri sendiri ini, seperti contohnya Seagate Central, Seagate Business Storage, dan 8-Bay Rackmount, akan membantu penggunanya dalam memusatkan serta mengelola data dalam suatu jaringan kecil. Keuntungannya, NAS dapat dapat diakses oleh berbagai jenisperangkat, seperti PC, smartphone atau tablet, secara aman, kapanpun dan dimanapun.

NAS moderen kini telah dilengkapi dengan beragam fitur tambahan lainnya, seperti kemampuan memback-up data dari berbagai perangkat komputer dan gadget; streaming film ke beragam perangkat multimedia, seperti media player, konsol game dan Smart TV; hingga kemampuan untuk berbagi printer di dalam jaringan.

Berikut ini adalah manfaat Network-Attached Storage (NAS) bagi pengguna rumahan dan pelaku bisnis kecil serta menengah:

Network-Attached Storage (NAS) untuk pemakaian pribadi
Untuk pemakaian pribadi, sistem ini mampu memusatkan seluruh koleksi musik dan film untuk dapat didengarkan dan ditonton di manapun. Simpan seluruh data Anda ke dalam perangkat NAS, sehingga data tersebut dapat diakses di seluruh ruangan dalam rumah Anda dengan berbagai perangkat yang ada, seperti PC, smartphone, tablet dan perangkat multimedia lainnya.

Kelebihannya, pengguna dapat mengakses seluruh data yang tersimpan di dalam perangkat NAS lewat jaringan WiFi atau koneksi internet lainnya, seperti 3G, 4G LTE dan sebagainya. Terkadang, beberapa perangkat NAS yang ada di pasaran juga menyediakan aplikasi pendukung untuk memudahkan pengguna mengakses data-data tersebut. Sebagai contoh, Lenovo EMC menghadirkan aplikasi LenovoEMC Link NAS storage Media App yang memudahkan pengguna mengakses perangkat LenovoEMC NAS Storage.

Network-Attached Storage (NAS) untuk pelaku bisnis kecil
Jika Anda memiliki bisnis yang masuk dalam skala kelas menengah atau start-up, Anda mungkin tidak membutuhkan sistem server komputer yang sangat kompleks dan sampai harus membentuk departemen teknis khusus guna memback-up data serta mengakses informasi penting selama di luar kantor. Solusinya, Anda sukup hubungkan seluruh komputer yang ada di kantor ke sistem NAS dalam jaringan kecil untuk dapat memback-up data secara aman dan dilakukan berkala. Keuntungannya, selama dalam perjalanan bisnis di luar kantor, Anda dapat menngunduh semua data yang tersimpan di dalam perangkat NAS hanya dengan menggunakan smartphone atau notebook yang Anda miliki .

Jadi, jika Anda memiliki banyak data (musik, video, foto, dan lainnya), menggunakan lebih dari satu perangkat pintar, dan Anda ingin dapat dengan mudah mengakses serta memback-up seluruh data tersebut, Network-Attached Storage (NAS) adalah solusi yang paling tepat.
Diubah oleh 3integrasi 19-12-2014 06:58
0
2.3K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.