Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pug16Avatar border
TS
pug16
Kuliah di Luar Negeri: Kuliah di Hong Kong?
Bagi yang pernah atau sedang berpikir untuk keluar negeri, tentu saja banyak pertimbangannya dari mulai pilihan program studi, bahasa, sampai dengan biaya.
Gw pengen share sedikit tentang pengalaman gw studi di Hong Kong, salah satu tempat tujuan studi yang walaupun sarat dengan orang Indonesia nya, bisa jadi di pertimbangkan.

1. Biaya yang sepadan dengan rankingnya.
Gw sendiri belajar di The University of Hong Kong (HKU), universitas nomor tiga di Asia setelah National University of Singapore (NUS) QS ASIA. Sebagai orang yang pernah belajar di sekolah negeri, gue juga dulu pusing mencari tempat-tempat kuliah di luar negeri yang bagus dan murah, sampai akhirnya ketemu Hong Kong. Di banding sekolah di US, UK dan Aussie, tuition fee + biaya hidup di Hong Kong bisa 2-3 kali jauh lebih murah.
Ditambah beasiswa, HKU cenderung murah hati dalam memberikan scholarship ke anak-anak international (secara gw jg bergaul sama anak inter lain), selama mereka tersebut aktif dan baik dibidang akademik dan non-akademik. Tidak hanya entrance scholarship, sepanjang tahun selalu ada info baru tentang scholarship yang sedang ditawarkan jadi siapapun bisa daftar untuk itu. Fakultas gw sendiri, MIPA, juga menawarkan beasiswa riset sains untuk siswa tahun pertama.

2. Kesempatan untuk belajar Bahasa
Salah satu bahasa resmi di Hong Kong, selain bahasa Cina ialah bahasa Inggris. Begitu juga di universitas, bahasa inggris pun wajib digunakan oleh siswa, sehingga siapapun bisa belajar tanpa harus tahu bahasa Cina. Tapi itu bukan satu-satunya hal yang gw harus tekankan. Banyak kesempatan untuk belajar bahasa-bahasa yang ditawarkan di HKU selain belajar program studi sendiri. Gw sekarang belajar Mandarin di HKU (orang sering bilang ini aset penting), banyak temen-temen gw mengambil French, Italian, or Spanish karena minat. Di luar sekolah pun gw bisa praktek apa yg gue pelajarin, sehingga lebih mudah dalam belajar bahasa.

3. Flexibilitas dalam belajar
Jurusan gw di HKU itu Biotechnology dan Molecular Biology, tapi gue jg minat untuk mengambil satu jurusan lagi, yaitu Human Resources Management. Memungkinkan? Mungkin di uni lain tidak, tapi di HKU iya. Gw suka banget sama kebijakan ini karena flexibel banget, dan seperti kebanyakan orang, minat gw ga cm terpaku di satu bidang aja. Gw sering banget liat orang yang belajar di dua major yang bener-bener berbeda, kaya Environmental Sciences dan Spanish, atau Marketing and Food and Nutritional Sciences, jadi HKU peduli sama siswanya untuk mengejar apa yang mereka bener-bener minati.

Sekolah di luar negeri, walaupun bener-bener sulit dalam perencanaannya bisa memperluas pengalaman. Gw cuma pengen share sedikit disini karena kebanyakan orang Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri, selalu berpikir US, UK, Aussie, atau yang di Asia, NUS dan NTU. Padahal, sekolah di Hong Kong juga bertaraf dunia, terjangkau, dan menawarkan banyak peluang.
Saatnya berpikir untuk sekolah di Hong Kong.



--
Sekedar tambahan info, untuk yang berminat mendaftar, HKU masih buka pendaftaran untuk calon murid International sampai dengan 30 December 2014. Pendaftaran untuk beasiswa juga termasuk.



Diubah oleh pug16 17-12-2014 16:56
0
7.2K
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.6KThread13.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.