Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uchusutaryaAvatar border
TS
uchusutarya
13 makanan ringan khas jepang [Serba 13]
13 makanan ringan khas jepang [Serba 13]


TAKOYAKI


13 makanan ringan khas jepang [Serba 13]

Takoyaki adalah salah satu cemilan khas jepang. Bentunya bulat-bulat ya kira-kira 3-5 cm. Terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi gurita di dalamnya. Ini salah satu makanan favorit aku ><

OKONOMIYAKI


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Kalo di Indonesia biasanya sih kalo ada yg jualan Takoyaki disitu juga ada yang jual okonomiyaki. Pertama kali liat dan cobain rasanya sekilas mirip telur dadar hehe. Okonomiyaki salah satu jajanan khas Jepang terbuat dari bahan terigu diencerkan menggunaan dashi, ditambah kol, telur ayam (makanya sekilas kayak telur dadar XD), makanan laut atau daging (bisa gurita, ikan, dll) terus digoreng diatas penggorengan datar atau disebut teppan. Toping okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera kita emoticon-Big Grinwanna try

DORAYAKI


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Siapa hayo yang gatau dorayaki? Itu lho makanan kesukaannya Doraemon ^^. Dorayaki termasuk golongan kue tradisoinal Jepang. Bentuknya bundar sedikit tembem ya kayak Doraemon gitu XD, terdiri dari dua lembar yang direkatan dengan selai kacang merah. Teksturnya lembut mirip kue Jepang Castella soalnya adonannya mengandung madu

MOCHI


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Mochi itu Kue Jepang terbuat dari beras ketan ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat dan diisi pasta kacang merah. Aku pernah liat langsung acara pembuatan Mochi dengan alat-alat tradisional jepang. Ternyata proses pembuatannya seru lho... Nama alatnya Kine (Palu kayu) dan Usu. Kalo di Indonesia mirip buat numbuk padi gitu. Numbuknya juga dilakukan berdua dan pake aba-aba yang jelas, harus ada irama yang tepat supaya tidak ada yang cedera (soalnya palunya itu gede banget XD)

TAIYAKI


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Taiyaki adalah kue Jepang berbentuk ikan terbuat dari tepung terigu kemudian dipanggang. Bagian atas dan bawah kue dipanggang terpisah. Setelah hampir matang kedua bagian disatukan dengan selai kacang merah. Taiyaki juga sering diisi coklat, keju atau sosis. Taiyaki kualitas terbaik biasanya dinilai lewat isi selai kacang merahnya, kalo sampai bagian ekor berarti kualitasnnya bagus.

DANGO

13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus didalam air. Kushidango adalah sebutan untuk 3-5 butiran Dango yang ditusuk dengan tusukan (kushi) dari bambu. Kushidango biasanya disiram dengan saus. Sausnya terdiri dari dua rasa yaitu saus manis-asin dan saus kecap asin. Ushidango juga biasanya dioleskan atau diberi taburan selai kacang merah, bubuk kacang kedelai dan gula pasir, selai kacang kedelai muda, selai kacang walnut, wijen dan gula pasir.

SENBEI


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Makanan ringan khas Jepang dibuat dari tepung beras atau tepung serealia yang lain. Senbei bisa dibentuk bundar, persegi, atau persegi panjang yang pipih. Dimasak dengan cara dipanggang hingga warna kuning keemasan. Mirip kerupuk gitu emoticon-Big Grin. Di minimarket di Indonesia banyak yang jual kok

MANJU


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Manju adalah makanan tradisional Jepang yang populer. Ada banyak jenis Manju, tetapi kebanyaan bagian luarnya dibuat dari tepung terigu, tepung beras dan gandum dan diisi pasta kacang merah, terbuat dari kacang Azuki rebus dan gula. Merekka direbus bersama-sama lagi dan diremas. Ada beberapa jenisa pasta kacang yang digunakan termasuk koshian, tsubuan, dan tsubushian.

MELON PAN


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Melon pan atau dikenal sebagai panci melon, melon roti atau roti. Roti manis produk dari Jepang tetapi juga populer di Cina dan Taiwan. Penampilan Melonpan menyerupai Melon (semangka). Melon pan ga bener-bener rasa melon. Variasi melonpan bisa biasa ditambah chocolate chips, antara lapisan kue diperkaya dengan rasa aramel, maple sirup, coklat atau rasa lain.

KAKIGORI


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Kakigori adalah makanan pencuci mulut di Jepang yang terbuat dari rasa es serut dengan sirup stroberi, ceri, lemon, teh hijau, anggur, melon, dll. Beberapa toko menyediakan variasi yang berwarna-warni dengan menggunakan dua atau lebih sirup yang berbeda. Untuk mempermanis kakigori, susu kental manis sering dituangkan diatasnya. Aku pernah cobain dan rasanya kayak es serut dikasih sirup XD *yaiyalah

CHAWANMUSHI


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Chawanmushi (茶碗蒸し kukus mangkuk?) adalah makanan Jepang yang dibuat dari campuran telur ayam dan dashi yang dikukus di dalam mangkuk. Makanan ini dihidangkan bersama mangkuknya dan dimakan sebagai makanan pembuka.
Di dasar mangkuk diletakkan penyedap rasa seperti daun mitsuba, jamur shiitake, biji ginkgo biloba yang sudah dikupas, kamaboko, udang, atau daging ayam. Campuran telur dan dashi dituangkan secara perlahan-lahan ke dalam mangkuk agar tidak terbentuk buih atau busa.
Cara membuat dan cara mengukus memerlukan perhatian khusus agar di dalam Chawanmushi yang sudah matang tidak ditemukan buih. Telur dicampur dengan dashi dengan cara dikacau dan tidak dikocok secara berlebihan. Tutup kukusan dialasi dengan kain dan harus direnggangkan sedikit sewaktu mengukus agar telur tidak menjadi terlalu keras.
Chawanmushi sudah dikenal di Jepang sejak zaman kuno. Makanan ini merupakan hidangan segala musim, disajikan dingin di musim panas atau sewaktu masih hangat di musim dingin. Tesktur Chawanmushi yang lembut seperti puding custard disenangi anak-anak dan orang tua.
Chawanmushi yang di dalamnya dicampur udon disebut Odamaki mushi (Odamaki udon).

WAGASHI


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Wagashi (和菓子?, kue Jepang) adalah istilah bahasa Jepang untuk kue dan permen tradisional Jepang. Istilah wagashi digunakan untuk membedakan kue tradisional Jepang dengan kue dan permen dari Barat (Yōgashi) yang diperkenalkan orang Eropa ke Jepang sejak zaman Meiji. Kue dari Tiongkok yang diperkenalkan duta kaisar ke Dinasti Tang, dan kue yang disebut Namban-gashi yang diperkenalkan misionaris dari Eropa juga digolongkan ke dalam Wagashi.
Kue tradisional Jepang yang digolongkan ke dalam wagashi umumnya adalah berjenis-jenis mochi, manjū, dango, dan buah kering. Wagashi umumnya dibuat sebagai kue yang dihidangkan dalam upacara minum teh, sehingga sebagian besar wagashi hanya memiliki satu rasa, yakni rasa manis. Dalam upacara minum teh, wagashi yang dihidangkan tuan rumah harus dihabiskan sebelum meminum teh yang mungkin terasa pahit atau sepat.

KASHIWAMOCHI


13 makanan ringan khas jepang &#91;Serba 13&#93;

Kashiwamochi (柏餅?) adalah kue Jepang yang dibuat dari tepung beras dengan isi selai kacang merah. Kue ini termasuk salah satu jenis mochi, dan disebut kashiwamochi karena dibungkus daun sejenis pohon ek (Quercus dentata, nama Jepang: kashiwa). Daun pembungkus tidak untuk dimakan.
Kashiwamochi merupakan hidangan istimewa untuk perayaan Hari Anak-anak pada tanggal 5 Mei di Jepang. Daun-daun tua dari pohon kashiwa tidak luruh sebelum pohon dapat membesarkan tunas menjadi daun baru.[1] Oleh karena itu, kue ini dipercaya membawa nasib baik, dan dipakai sebagai simbolisme garis keturunan keluarga yang tidak terputus (orang tua tidak boleh mati sebelum anak-anak lahir).[1]
Adonan kue ini dibuat dari tepung beras dan air. Adonan dibulatkan dengan tangan sebelum dipipihkan dan diisi selai kacang merah di bagian tengah. Adonan lalu dilipat dua hingga berbentuk setengah lingkaran, dan dimatangkan dengan cara dikukus. Setelah kue matang, kue dibungkus satu per satu dengan daun kashiwa yang membuat kue beraroma khas.

Buat kalian yang berkesempatan ke Jepang jangan lupa cobain makanan-makanan diatas yaaaaa..
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
80.1K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.