Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Lhya91Avatar border
TS
Lhya91
(ILMU) Ada ingin naik gunung ? sebaiknya baca dulu thread ini !


Salam gan ! ane sekedar share tentang hal yang seringkali perlu kita jadikan perhatian sebelum mendaki gunung.. check this out.. emoticon-Kiss

Mendaki dan pendaki adalah kegiatan dan julukan yang mewah diantara anak muda, bisa mendaki dan menjadi pendaki merupakan kedudukan yang dihormati dalam pergaulan sejak dulu hingga saat ini, mendaki memang menjadi kegemaran bagi beberapa anak muda yang anti-hedon dengan mengangkat kakinya menuju tempat yang paling jauh dari budaya-budaya hedon perkotaan, istilahnya kembali ke masa lalu, ke tempat yang tak ada apa-apa selain kumpulan makhluk Tuhan baik itu manusia, hewan, pepohonan dan tumbuhan lainnya, serta yang gaib juga marak dan berdampingan dengan kita di sana.

Lalu apa yang dicari seorang pendaki di sana, dan mengapa mendaki merupakan kegiatan yang murah meriah tapi efeknya dalam pergaulan begitu luar biasa, sebenarnya tidak ada apapun yang dikatakan begitu “wah” di sana, toh kita hanya menyiksa diri dengan perjalanan yang panjang, kedinginan, dan tidur yang tidak nyaman, yang kemudian dicari oleh para pendaki di sana dengan meminjam kutipan kakanda Soe Hok Gie bahwa “walaupun setiap orang berbicara tentang manfaat dan guna, Aku bicara padamu tentang cinta dan keindahan”, ya cinta dan keindahanlah yang dicari di sana, jauh dari kejenuhan dan bertegur sapa dengan alam yang berdamai dengan kita dan tak menjadi homo homini lupus seperti kebanyakan makhluk dunia era sekarang.

Menggapai puncaknya adalah sebuah kepuasan tersendiri dan bentuk kesyukuran pada Ilahi betapa indahnya alam raya dan kehadiran kita yang kecil ditengah-tengahnya tak pernah merasa kesepian dengan beragamnya ciptaan-Nya, sesuatu yang langkah dan mahal ketika mata kita bisa melihat secara langsung keindahan dan cinta Ilahi lewat keindahan alamnya, oleh karena itu mendaki dan pendaki merupakan orang-orang yang diistimewakan untuk melihat keajaiban yang sebenarnya.

Maafkan saya panjang lebar memulai tulisan ini, tentu setiap perjalanan apapun itu memerlukan persiapan yang matang, khusus mendaki gunung ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan agar tidak menjadi kesusahan tersendiri ketika sudah berada di gunung, beberapa persiapan yang menurut saya perlu diperhatikan dan disiapkan yaitu :

– Persiapan Fisik, Karena kegiatan pendakian gunung ini sebagian besar dilakukan dengan berjalan kaki dengan membawa beban yang cukup berat, maka pastinya dibutuhkan fisik yang cukup prima. Nah untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan, maka sebaiknya sebelum melakukan pendakian ada baiknya latihan fisik dahulu. Sedangkan latihan fisik yang biasa saya lakukan adalah bersepeda, berenang dan lari pagi.

- Persiapan Medan, Untuk menghindari kejadian tersesat, sebaiknya kenalilah dahulu gunung yang ingin kita naiki. Dari beberapa sumber yang saya baca, kebanyakan pendaki meninggal di gunung dikarenakan tersesat. Lebih bagus lagi jika kita mempunyai ilmu survival, jika tidak maka sebaiknya pengenalan medan ini sangat penting. Nah beberapa poin penting yang harus dipersiapankan adalah :

– Tipe Gunung.

– Berapa jalur pendakian yang resmi.

– Lokasi basecamp.

– Nomor telp atau handphone basecamp.

– Ada berapa pos untuk tiap-tiap jalur pendakian.

– Jarak antar pos satu dengan lain-nya.

– Lokasi sumber mata air.

– Kondisi jalur pendakian.

– Lokasi di pos ke berapa yang cocok untuk mendirikan tenda.

Selain informasi diatas, sebaiknya kita juga mengumpulkan informasi-informasi lain tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di gunung yang ingin didaki tersebut, apalagi sekarang ada internet yang memudahkan kita mendapatkan informasi-informasi tersebut.

– Persiapan Peralatan, ini yang penting ketika melakukan pendakian yaitu memiliki peralatan lengkap agar tidak menjadi halangan tersendiri bagi kita untuk mendaki, peralatan tersebut yaitu :

Perlengkapan Utama

Sepatu dan kaus kaki.
Ransel (frame pack, ukuran besar, 30 – 60 liter).
One day pack (ransel/tas kecil untuk mobilitas jarak pendek).
Senter dan batere dan bolam ekstra.
Ponco atau raincoat.
Matras.
Sleeping bag (atau sarung kalau tidak punya).
Topi rimba.
Tempat minum atau veples.
Korek api dalam wadah waterproof (tempat film) dan lilin.
Obat-obatan pribadi (P3K set).
Pisau saku.
Kompor untuk masak (kompor parafin dan parafin atau kompor tahu dan minyak tanah atau kompor gas dan tabung elpiji).
Nesting dan sendok dan cangkir.
Peluit (bagus: peluit SOS atau whistle).
Survival Kit.
Peta dan kompas.
Altimeter (kalau punya).
Tenda (bisa diganti ponco atau lembaran kain parasut untuk dijadikan bivak).
Parang tebas dan batu asah.
Tissue gulung (untuk membersihkan perangkat makan-minum bila tidak ada air, dan alat bersih diri habis buang air besar).
Sandal jepit.
Gaiter (untuk pendakian di daerah yang banyak pasirnya).
Kaus tangan.
Personal higiene: sikat gigi, odol, sabun mandi, shampo (untuk membersihkan diri saat di desa terakhir, atau saat dalam perjalanan bertemu dengan sungai yang bisa untuk bersih-bersih diri).
Tali plastik (sekitar 10 meter, untuk membuat bivak atau tenda) dan tali rafia.

Pakaian Dalam Mendaki

Pakaian dalam.
Celana pendek.
Celana panjang.
Kaos/t-shirt.
Sweater atau parka.
Jaket (tahan air).
Sarung.
Kerpus atau balaclava.
Scarf atau slayer.
Hem lengan panjang.
Pakaian ganti: kaus kaki, kaos, sweater, pakaian dalam.
Kaus tangan.
Jas hujan (raincoat atau ponco).

First Aid Kit Untuk mendaki

Betadine.
Kapas.
Kain kassa.
Perban.
Rivanol.
Alkohol 70%.
Obat alergi: CTM.
Obat maag.
Tensoplast (agak banyak, mis: 4 pack, terutama untuk preventif ‘blister yang dikenakan sebelum perjalanan dilakukan).
Parasetamol.
Antalgin.
Tolak Angin

Sebaiknya memperhatikan betul peralatan yang diperlukan untuk pendakian, keselamatan kita juga musti dijamin dikarenakan kita sedang berada di alam bebas, untuk menggapai keindahan maka hadirkanlah pula suka cita dalam melakukan pendakian, jangan murung dan bermuram durja, karena alam juga akan menyambut dan menemani kita sesuai perasaan yang kita bawa bertamu ke sana, selamat melakukan pendakian dan jadilah pendaki yang tidak membosankan dan menyulitkan bagi alam.

_____

*Aku bicara padamu tentang cinta dan keindahan* emoticon-Kiss

Sumber : http://www.ahmadharakan.com/mempersi...kan-pendakian/
0
7K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.