Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Abidin_DombaAvatar border
TS
Abidin_Domba
[Efek Air Kobokan Kaki] Bank Indonesia: Rupiah anjlok, seharusnya semua orang senang
Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah yang sempat hampir menyentuh Rp 13.000 per USD, akhirnya ditutup menguat ke kisaran Rp 12.600 per USD. Pelemahan nilai tukar Rupiah beberapa hari terakhir tidak membuat pemerintah dan Bank Indonesia khawatir.

Melemahnya Rupiah justru dipandang sebagai momentum untuk menggenjot ekspor yang selama ini terus terpuruk. Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs menyebut eksportir sebagai salah satu pihak yang diuntungkan dengan kondisi ini.

Bank sentral menyebut, nilai positif dari pelemahan Rupiah adalah membaiknya kinerja ekspor. "Sekarang ini nilai ekspor Indonesia sudah terus membaik dengan peningkatan ekspor nonmigas, ekspor manufaktur kita juga sangat membantu neraca perdagangan. Jadi, dengan Rupiah saat ini every body happy," ujar Peter di Jakarta, Selasa (16/12).

Meski begitu, bank sentral mengaku tidak membiarkan Rupiah terus melemah. Untuk menjaga stabilitas nilai tukar, bank sentral masih mengandalkan cara tradisional yakni menggunakan cadangan devisa untuk mengintervensi pasar uang.

Hingga November 2014, cadangan devisa Indonesia mencapai USD 111,1 miliar. "Cadangan devisa kita masih mampu untuk intervensi rupiah di pasar," kata Peter.

Selain itu, bank sentral juga terus memantau pergerakan dan transaksi di pasar uang. "Kami hajar pihak-pihak yang terlihat bertransaksi besar. Misalnya, mereka itu hanya dua atau tiga orang yang membuat fluktuasi," tegasnya.


Sumber : http://www.merdeka.com/uang/bank-ind...ng-senang.html

TS : satu-satunya negara yang pemerintahnya senenag mata uangnya anjlok emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0
13.2K
175
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.