alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/536af3156e07e7997e8b4774/mindset-yang-salah--penjara-pikiran-yang-tidak-terlihat
Lapor Hansip
08-05-2014 09:59
MINDSET yang SALAH = PENJARA PIKIRAN yang tidak terlihat
MINDSET yang SALAH = PENJARA PIKIRAN yang tidak terlihat


MINDSET yang SALAH = PENJARA PIKIRAN yang tidak terlihat


Mindset ? Apa itu ? Saya yakin, kebanyakan Entrepreneur Indonesia meremehkan hal kecil ini, bahkan, some of us mencibir bila ada yang membicarakan mengenai "mindset". Yup, tema mindset bisa dikatakan hanya populer di kalangan para MLM-ers. Dan karena populer di kalangan MLM-ers, kebanyakan pebisnis malah enggan alias merasa jijik untuk "menyentuhnya". Kita2 para pebisnis, seringkali lebih suka tema2 teknis, seperti "bagaimana mengatur karyawan", "apa saja yang perlu dipersiapkan bila mau memulai bisnis A", "berapa modal yang diperlukan untuk startup bisnis X", dan sebagainya.

Saya setuju, hal-hal tersebut sangat penting, dan memang sangat diperlukan, BILA KITA SUDAH MENGUASAI BASICNYA. Lantas apa basicnya ? Yup, basicnya adalah MINDSET itu sendiri. Beberapa tahun yang lalu, di forum ini juga, saya sudah berkoar-koar mengenai mindset ini. Namun saat itu, saya masih pebisnis yang terlalu kecil untuk bicara banyak, alias "belum punya banyak bukti untuk diceritakan" emoticon-Big Grin

Nah, kali ini saya mau bicara dengan bukti. Beberapa tahun yang lalu, tepatnya bulan Nov 2010, di saat Gathering pertama Entrepreneur Corner, terkumpul sekitar 60 orang Entrepreneur di Mall Central Park. Dari Gathering tersebut, saya pertama kalinya berkenalan (kopi darat) dengan pebisnis2 dari kaskus ini. Dan sama seperti sekarang, tema "mindset" bukanlah tema yang terlalu populer, karena dianggap sebagai tema "motivasi" yang entah kenapa kebanyakan pebisnis "sok alergi" atau mencibir dengan hal2 seperti ini, padahal tidak ada yang salah koq dengan tema2 seperti ini selama kita menggunakannya dengan benar. Dari sebanyak 60 orang tersebut, yang saat ini menjadi pebisnis yang JAUH LEBIH BESAR atau tumbuh puluhan kali lipat, ternyata hanya segelintir orang saja.

Dan saya pun mulai mencari kesamaan dari orang2 yang berhasil survive dan bertumbuh puluhan kali lipat ini, lalu saya mendapat 3 jawaban, yaitu MINDSET, PASSION, dan ACTION. Yup, bukan "cara Anda handle karyawan", "bagaimana cara memulai bisnis A", dsb. Melainkan betul2 MINDSET, PASSION, dan ACTION, karena itu memang basicnya.

Untuk 2 yang terakhir, saya akan bahas di lain thread. Tapi di sini kita akan bahas, apa itu Mindset, dan mengapa hal kecil ini bisa begitu berpengaruh terhadap Bisnis Anda ?

Dilihat dari kata2nya, mind berarti pikiran, dan set berarti mengatur. So, mudahnya diartikan langsung saja, mindset adalah bagaimana cara kita mengatur pikiran. Dan mengapa mindset begitu penting ?
Simple karena semua yang kita lakukan dalam bisnis, dimulai dari pikiran kita.

Saat Anda akan melakukan startup bisnis, mindset Anda diposisikan untuk selalu "takut gagal", maka batal-lah Anda memulai bisnis.

Saat Anda mengalami masalah di bisnis, mindset Anda diposisikan untuk selalu menyalahkan keadaan, maka bangkrutlah Anda sambil terus menggerutu menyalahkan keadaan. Ini sering terjadi pada Anda toh, ngaku saja d.. emoticon-Big Grin saya sering banget koq dengar pebisnis2 yang hobinya menyalahkan pemerintah, menyalahkan kompetitor, menyalahkan karyawan, yang pasti yang salah selalu orang lain. Padahal mindset-nya sendiri lah yang salah, karena mindset Anda "disetting" untuk selalu cari kambing hitam emoticon-Stick Out Tongue

Saat Anda sudah terlalu sibuk di bisnis dan "menjadi superman", lalu mindset Anda "Saya tidak pernah percaya orang lain", maka stuck lah Anda sebagai superman, dan bisnis Anda pun sulit untuk maju.

Saat Anda memiliki mindset bahwa "membaca buku hanyalah teori dan hanya bullshit", maka itulah yang akan terjadi.

Saat Anda memiliki mindset bahwa Anda sudah cukup dengan bisnis Anda yang sekarang, maka cukuplah Anda dan menjadi stuck.

Saat Anda memiliki mindset bahwa menjadi kaya adalah dosa, maka secara otomatis Anda akan menjauhi kekayaan.

Saat Anda sudah memiliki mindset bahwa "tulisan ini adalah bullshit", maka jadilah tulisan ini sebuah bullshit yang tidak akan pernah mengubah hidup Anda emoticon-Big Grin

Dan masih banyak sekali contoh2 kasus lainnya, yang, disadari atau tidak, bahwa tindakan2 kita sangat dipengaruhi oleh mindset.

Dari beberapa contoh di atas, dapat kita pelajari, bahwa sebuah hal kecil yang sering diabaikan ini, adalah hal yang sangat penting untuk dipahami, oleh siapapun yang mau bertumbuh dalam bisnisnya. Karena mindset inilah salah satu yang membedakan antara, Chairul Tanjung si anak singkong, dengan anak singkong - anak singkong lainnya, yang saat ini tetap saja masih jadi anak singkong. Mindset inilah yang membedakan Dahlan Iskan yang lahir sangat miskin, dengan teman2nya yang lahir miskin juga dan sampai saat masih tetap miskin. Mindset inilah pula yang membedakan, speaker2 di Kaskus Gath 04 kemarin yang bisnisnya sudah jauh sekali bertumbuh, dengan entrepreneur2 yang sepertinya sudah tidak survive lagi.

Dan sebagai pebisnis, tentunya sangat bahaya bila mindset kita saat ini masih "salah setting".

So...masih mau meremehkan mindset ? Bila jawabannya masih ya, maka ada baiknya Anda undur diri dari dunia Entrepreneur. Karena dalam dunia Entrepreneur, kita mesti paham dengan mindset : "Belajar setiap saat, setiap waktu, dan belajar semua yang bisa dipelajari dari setiap kejadian" alias bahasa kerennya almarhum Steve Jobs "Stay Hungry, Stay Foolish".

See u at THE TOP !!





My Business





*Saya bukanlah seorang motivator, bukan juga speaker di seminar-seminar. Saya adalah seorang Entrepreneur murni yang betul-betul bertumbuh dari minus, dan merasakan perjuangan berat sampai bisa jadi seperti saat ini. So, apa yang saya bagikan adalah berdasarkan pengalaman Bisnis yang saya miliki, juga hasil pengamatan saya terhadap bisnis2 lainnya. Enjoy ! emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh [Shadow]LenZ
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
25-06-2014 10:29
salut ane sama om pemikirannya kreatif banget, bener om banyak orang nyari nyari tulisan cara "bagaimana membuka bisnis A" dsb, padahal buat berbisnis modal dasar bisnis itu sebenernya mindset, passion, action. kalo yang lainnya belakangan yang terpenting dasarnya dulu, thanks om pencerahannya emoticon-Matabelo
0
25-06-2014 23:53
Halo gan,
Salam kenal, ane baru mengikuti forum EC ini
Tulisannya mantep gan

Maaf sebelumnya gan, ane emang bermasalah ma mindset gan, nggak dipungkiri, hanya 1 bisnis dari 15 macam bisnis yang ane lakukan gagal gan walaupu mendapatkan keuntungan tapi tak bertahan lama

Ok gan sebelumnya cerita singkat tentang ane gan

Ane pengusaha gypsum gan sudah berjalan 9tahun, sanggup memenuhi semua kebutuhan hidup ane dan keluargA, masalah yg ane dapet adalah usaha ane jalan ditempat, laba hanya seputaran segitu segitu doang. Nah ane di comfort zone gan, susah nggak kaya nggak.

Dari 14 sisa bisnis ane, semuanya sudah tidak ada, dari jasa dan lain2 gan, yang mebuat ane gagal, adalah pada saat bisnis itu dicoba, mungkin rugi, mugkin keuntungan tipis, anak buah bermasalah, dan lain lain

Nah sekarang ane lagi mempersiapkan bisnis baru bisa di cek di
www.siomaysin.blogspot.com

Nah di bisnis ini, ane menaruh harapan sangat besar, pokoknya ane all out dah, mengingat modal yg tidak sedikit, dan keyakinan rasa khas siomay bikinan istri yang sangat lezat. (PoKOknya HARUS JALAN, SEHARI HARUS JUAL minimal 100 PORSI atau tidak pulang) kata2 itu yang selalu saya ucapkan dalam hati, dan saya menyukai bisnis model begini, mudah di lipat gandakan (maklum di kepala saya ingin sukses gan)

Nah ane ada kelemahan di mindset gan, ane selalu menggebu gebu diawal, pas datang cobaan, ane langsung ciut,

Bagaimana cara agar kita bisa melatih mindset kita agar bisa melewati cobaan cobaan dan angin angin kencang yang menerpa di perjalanan mengingat kadang sebelum kita membuka bisnis, "maklum gan sebelum menjalani saya sudah membayangan keuntungan besar di depan mata, toko selalu rame, dan lain lain gan. Dalam setahun harus... bla bla bla bla dah gan," (sampe istri bosen dengerinnya)

Dan untuk gethering gethering ane mau ikut gan nomor ane 087889350008 (line/whatsapp) gak pake bbm gan

Terima kasih gan,

Mohon pencerahanya

Arie
-Orang yang ingin mencapai impiannya-
Diubah oleh arielucie
0
11-07-2014 22:02
terimakasih gan ilmu nya , ane setuju dengan yang agan tulis tentang mindset . Bagaimanapun jika usaha mau maju memang kita harus punya mindset sukses emoticon-Cendol (S)
0
11-07-2014 22:38
Setuju banget sama judul threadnya emoticon-Big Grin
0
24-07-2014 23:51
mindset menentukan segalanya
mindset paling penting buat ane gan
"cari uang itu gampang"
emoticon-Shakehand2
0
25-07-2014 00:27
Thanks atas sharing ilmu nya gan.bener banget dari semua tips dan trik atau artikel2. Pusatnya selalu pikiran diri sendiri atau mindset atau apapun itu tergantung bahasa masing2.
Dasar yang kuat seperti ini yang ane cari2 untuk bikin struktur ke atas yang sama atau lebih kuatnya. Sxlagi thank sudah mengingatkan gan
0
04-10-2014 18:00
makasih gan, pencerahaanya mulai dach pala ane campur aduk, mudah-mudahan keluar mindset yang baik-baik
0
05-10-2014 19:31
kenapa ya gan mindset ane selalu negatif terus ? adakah pencerahannya? emoticon-Berduka (S)
0
05-10-2014 20:30
kalau kamu berpikir kamu akan menjadi sukses, maka kamu akan sukses.
kalau kamu berpikir kamu akan menjadi kaya, maka kamu akan menjadi kaya.
mindset seperti ini lebih hebat ketimbang berpikir di luar kotak (thinking out of the box) karena kita berpikir dengan "unlimited thingking"

terinspirasi dari filmnya The Billionaier emoticon-Malu (S)
0
05-10-2014 21:33
Halllooo agan-agan sekalian....

Ijin share gan..

Aplikasi ini terhubung dengan ponsel anda dan akan membantu anak-anak anda dan juga anda sendiri sebagai pengingat waktu sholat, penuntun sholat, serta menentukan arah kiblat.

Langsung aja ke tkp gan.. http://virtualimam.com/index.php?lang=indonesia

Mohon bantuan untuk like FB page aplikasi ini Gan : https://www.facebook.com/pages/Virtu...36896483050890

MINDSET yang SALAH = PENJARA PIKIRAN yang tidak terlihat

Terimakasih Gan.

Salam.
Virtual Imam Indonesia
0
Post ini ditandai sebagai spam
16-12-2014 16:21
Ud mau akhir taun nich...yuk waktunya review akhir tahun dan merencanakan Action Plan tahun depan emoticon-Angkat Beer
0
26-02-2015 12:04
benar sekali, apalagi kalo bukan mindset yang harus dimiliki pebisnis.
Mindset a.k.a Pola Pikir adalah kekuatan dasar untuk terus bergerak kedepan, tanpa itu kita bukan apa-apa.

Mindset yang harus mengikuti rule adalah karyawan, Mindset pebisnis adalah yang menciptakan rule.
0
26-02-2015 12:05
aku baru tau gan
pikiran kita bisa terpenjara juga emoticon-Belo
0
26-02-2015 13:12
Artikel yang sangat luar biasa gan!
Hal-hal tentang "MINDSET" sering kali terabaikan dan setelah terabaikan baru merasa terlambat.

thx gan, uda menginspirasi dan meluruskan persepsi ane emoticon-Shakehand2
0
26-02-2015 13:39
keren gan sangat membantu emoticon-Angkat Beer ,mindset itu penting berarti ya bagi ane yang newbie (bagi semua)
0
26-02-2015 15:04
Nah ini Gan yang bikin ANe Bingung emoticon-Bingung
0
26-02-2015 15:07
Ijin ninggalin jejak gan emoticon-Cendol (S)
0
26-02-2015 15:18
Ini bener banget gan, kualitas seseorang dapat dibedakan dengan pikirannya / mindset-nya.

The mind is everything. What you think what you become - Buddha
0
26-02-2015 15:51
betul banget gan, karena pergerakan takan sempurna tanpa otak..
btw web agan ane bookmark yaa, buat ane jadiin inspirasi ane suatu saat nanti klo mau bkin web-online shop bisnis ane hehe
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.