Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nicadAvatar border
TS
nicad
Hal aneh tentang bencana tanah longsor di Banjarnegara
Halo gan, maaf kalau thread akan agak berantakan karena dibuat lewat HP

Sebelumnya, saya ucapkan rasa turut berduka dan belasungkawa terhadap musibah tersebut. Semoga korban diberi ketabahan.

Beberapa hari saya saksikan berita-berita tentang musibah ini, dan diketahui bahwa ini adalah bencana tanah longsor. Namun yang membuat saya sangat penasaran adalah dari beberapa berita yang saya tonton, ada 2x wawancara terhadap korban selamat di stasiun tv yang berbeda. Wawancara pertama dilakukan terhadap seorang wanita yang sedang hamil, di sana dia menjelaskan bahwa dia kehilangan orang tua dan adiknya (seingat saya), namun hal yg menurut saya aneh terjadi saat dia menjelaskan kronologis kejadian, dia menyebutkan bahwa gunung meletus kemudian tanah longsor. Sampai sini saya pikir, mungkin kata meletus merujuk pada istilah setempat untuk menunjukan suara keras saat tanah (akan longsor). Lalu tiba pada berita yang lain di stasiun tv lain (net.), di sana seorang pria korban selamat diwawancarai, dia mengatakan dia bisa selamat karena dia berusaha menggali tanah yang menimbunnya dengan kayu yang ada di sekitarnya, hal aneh kembali terjadi saat dia mulai menjelaskan kronologi kejadian. Dia menjelaskan bahwa sebelum tanah longsor ada ledakan, bahkan dia kemudian juga menjelaskan melihat api dan asap, kemudian tanah longsor begitu saja.


Kalau dari saya pribadi saya memikirkan beberapa kemungkinan mengapa beberapa korban menceritakan kronologinya seperti itu:

1. Akibat kepanikan dan ketakutan yang sangat besar, mungkin korban melihat sesuatu yang sebenarnya tidak eksis, melainkan dari pikiran mereka sendiri
2. Akibat gesekan antar pohon, tanah atau batu saat longsor, mungkin bisa menimbulkan api, asap dan suara keras
3. Faktor X, menurut kepercayaan saya, tidak ada sesuatu pun terjadi tanpa ijin Allah swt. Begitu juga musibah tanah longsor tersebut, untuk memindahkan tanah se massive itu butuh energi yang sangat besar, mungkin api, asap dan suara ledakan adalah manifestasi dari energi yang sangat besar tersebut. Pemikiran saya ini muncul karena biasanya pada sebuah bencana, sering terjadi hal-hal di luar akal sehat manusia.



Apakah agan-agan di sini punya informasi lebih lanjut tentang berita tersebut? atau alasan lain yang memungkinkan ?
0
4.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.