Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tole_90Avatar border
TS
tole_90
[Berita Pendidikan] Bu Susi jadi Contoh Pendidikan Non Sekolah
Menteri Susi Dijadikan Contoh Bahwa Pendidikan Tak Hanya di Sekolah


Jakarta - Penerapan kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini masih menuai pro dan kontra. Padahal menurut pengamat pendidikan Rhenald Kasali, kurikulum bukanlah kontributor utama dalam dunia pendidikan.

Rhenald mencontohkan, Menteri Susi yang diketahui hanya berijazah SMP, dapat begitu menonjol dengan gebrakan-gebrakan barunya dalam dunia perikanan dan kelautan. Perempuan nyentrik ini bahkan sebelumnya telah melalangbuana di dunia internasional dalam bisnis ekspor ikan.

"Menteri Susi adalah salah satu cerminan bahwa manusia bisa belajar di luar sekolah. Jadi kalau sekarang kita mengandalkan sekolah, seperti yang disebutkan, bahwa komponen kurikulum hanya 5 persen," tuturnya.

Rhenald mengatakan, banyak orang tua yang berpikir bahwa aspek kognitif sangat penting bagi anak. Sementara menurutnya, yang lebih utama adalah meta kognitif.

"Misalnya orang tua yang mengeleskan anaknya matematika. Dia kemudian paling pandai dalam berhitung di kelasnya. Tapi apakah itu jaminan dia bisa bersaing di dunia global setelah dewasa?" ujarnya.

Saat ini, metode yang diajarkan di sekolah-sekolah di Indonesia terlalu banyak menghafal. Padahal menurutnya yang paling penting adalah cara berpikir kritis.

"Pendidikan di zaman baru ini tidak mudah. Ini zaman ketidakpastian," kata pendiri lembaga Rumah Perubahan ini.

Untuk itu, butuh perjuangan besar agar bangsa kita bisa bersaing dalam kancah internasional. "Anak-anak kita harus dididik keluar dari zona nyaman," tutupnya.


detik dot com

Kabar gembira buat yang putus sekolah, IPK nasakom, dan kawan kawannya, ente sudah punya role model di depan mata, Bu Susi. Asal punya kemauan untuk capek, otak dipakek, nothing impossible untuk sukses. salam super duper emoticon-thumbsup
Diubah oleh tole_90 13-12-2014 10:18
0
1.9K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.