Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Photography
  • [REVIEW] Kamera Mirrorless Samsung NX2000, Harga Sebanding Dengan Kualitas

arinurcahyaAvatar border
TS
arinurcahya
[REVIEW] Kamera Mirrorless Samsung NX2000, Harga Sebanding Dengan Kualitas
Kamera mirrorless Samsung NX2000 berada pada posisi diantara NX3000 dan NX1100 ini dirancang untuk fotografer tingkat pemula / baru mencoba sistem mirrorless dan tingkat menengah.

Spoiler for :


Memiliki spesifikasi yang cukup bagus dengan 20.3 megapixel, CMOS sensor, pengaturan ISO mulai dari 100 sampai 25600, dan kecepatan rana 8 frame per detik. Dengan harga yang tidak terlampau jauh dengan seri NX3000 dan NX1100, apakah kamera ini memiliki kesempatan untuk tampil di posisi atas?

Salah satu tantangan terbesar untuk kesuksesan produk adalah penempatan posisi produk tersebut dipasar. NX1100 dijual selisih harga sekitar 1 jutaan lebih murah dari NX300, tapi dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh bahan pembuatan body-nya adalah plastik sehingga biaya produksi bisa ditekan serendah mungkin.

Desain Kamera Mirrorless Samsung NX2000

Desain NX2000 tidak jauh berbeda dengan Samsung seri NX lainnya. Kamera dengan dimensi 4,7 x 2,5 x 1,4 inci (WxHxD) dan berat 0,5 pon ini tersedia dalam warna hitam, putih, serta merah muda. Kamera ini menawarkan ukuran yang pas sehingga nyaman untuk dibawa-bawa.

Spoiler for :


Agan / Sis bisa menghabiskan waktu sepanjang hari membawa NX2000 keliling Jakarta tanpa harus membuat pegal tangan dan leher.

Kontrol dan Ergonomi Kamera Mirrorless Samsung NX2000

Hampir semua kontrol menu diakses lewat layar sentuh. Tombol fisik yang tersedia antara lain tombol on/off, tombol shutter, tombol upload, tombol putar untuk navigasi menu serta pengaturan modus, tombol perekam video, tombol home screen, dan tombol playback.

Spoiler for :


Pada sisi samping tersedia flap untuk colokan kabel HDMI dan Micro USB. Sedangkan pada bagian bawah terdapat tripod mount juga tempat memasang baterai dan MicroSD.

Menu dan Mode Kamera Mirrorless Samsung NX2000

Seperti yang Ane sebutkan sebelumnya bahwa hampir seluruh menu navigasi dikendalikan secara touchscreen. User interface-nya dirancang dengan sangat baik sehingga mudah untuk melakukan pengaturan. Layar ini memiliki icon “fn” yang akan membawa Agan / Sis ke “Smart Panel” yang memungkinkan Agan / Sis untuk menyesuaikan bidikan sesuai keinginan.

LCD Sebagai Pengganti Viewfinder

Spoiler for :


Kamera ini tidak memiliki viewfinder elektronik seperti beberapa kamera lain. Sebagai gantinya adalah layar LCD berukuran 3,7 inci dengan 1.152 titik resolusi yang mampu meninjau gambar dengan mudah. Walau layar ini bertipe glossy, namun sinar matahari langsung tidak menimbulkan masalah berarti.

Performa Kamera Mirrorless Samsung NX2000

Waktu yang dibutuhkan mulai dari startup sampai jepretan pertama hanya satu detik. Autofocus berfungsi cepat dalam kondisi pencahayaan yang baik, tapi butuh sedikit waktu lebih lama dalam kondisi pencahayaan minim. Kamera yang dilengkapi dengan flash hot shoe ini juga menyediakan fitur hybrid autofocus.

Spoiler for :


NX2000 menggunakan baterai isi ulang BP 1130 yang mampu menghandle 170 menit video atau 340 jepretan foto. Kalau Agan / Sis sering bolak-balik menghapus foto maka artinya jatah untuk menjepret foto dipastikan berkurang. Selain itu fitur WiFi yang terus menerus dinyalakan akan memakan banyak daya.

Satu-satunya cara agar Agan / Sis tidak kehabisan baterai ditengah sesi pemotretan adalah dengan membeli baterai tambahan dan mengisi penuh keduanya. Maka kalau salah satu baterainya habis maka tidak perlu repot lagi karena Agan / Sis sudah menyiapkan baterai cadangan.

Kinerja Lensa Kamera Mirrorless Samsung NX2000

Spoiler for :


Dalam paket penjualan disertakan lensa 20-50mm f/3.5-5.6 dengan focal length 30-75mm yang cocok untuk berbagai situasi pengambilan gambar. Saturasi warna dan kualitas gambar tergolong bagus walau terkadang masih ada sedikit distorsi. Jika dirasa masih kurang, Samsung menyediakan 12 lensa yang dijual secara terpisah.

Wi-Fi/NFC

Konektivitas Wi-Fi pada kamera mirrorless Samsung NX2000 tergolong mudah dan berjalan mulus. Agan / Sis bisa dengan cepat mengakses fitur ini melalui tombol yang terdapat pada bagian atas. Selain itu setelah gambar diambil, Agan / Sis bisa dengan cepat meng-upload setiap gambar ke berbagi social media seperti Picasa dan Facebook.

Dilengkapi juga dengan NFC (Near Field Communication) untuk mentrasfer file secara nirkabel.

Kualitas Video Kamera Mirrorless Samsung NX2000

Spoiler for :


Kualitas video NX2000 bisa mencapai 1920×1080 pada 30 frame per detik dan juga dapat merekam ukuran file yang lebih kecil. Suara ditangkap dengan mic bawaan kamera. Jika Agan / Sis ingin kualitas suara yang lebih baik daripada bawaan standar, Agan / Sis bisa membeli mic tambahan EM 10 yang tersedia sebagai aksesoris.

Video yang dihasilkan sama baiknya seperti kualitas foto, warna ditampilkan secara akurat dan ketajaman subjek tergolong baik.

Kualitas Gambar Kamera Mirrorless Samsung NX2000

Kualitas warna dan saturasi pada hasil foto ditampilkan dengan baik. Gambar mulai sedikit kurang tajam dibarengi dengan sedikit noise pada ISO 1600. Pada saat mencapai ISO 6400 noise-nya menjadi bertambah dengan signifikan. Direkomendasikan untuk menjaga ISO tetap dibawah 1600.

Tersedia 8 pengaturan balance yaitu tungsten flash, auto, daylight, cloudy, custom, fluorescent, dan K (Kelvin Scale). Selain itu juga tersedia berbagai mode pemotretan kreatif seperti Beauty Face, Landscape, Macro, Action Freeze, Rich Tone, Panorama, Waterfall, Silhouette, Sunset, Night, Fireworks, Light Trace, Creative Shot, dan Best Face.

Spoiler for :


Kesimpulan

NX2000 merupakan kamera berkualitas tinggi dengan harga yang masuk akal. Saat artikel ini ditulis harganya berkisar 6 jutaan, lebih murah 1,5 juta daripada NX300. Walau kualitas body-nya kurang solid bukan berarti kamera ini buruk.

Keunggulan:

  • Desain ringkas
  • 20.3 megapixel
  • Kualitas gambar sangat baik
  • Konektivitas Wi-Fi sangat baik
  • Autofocus cepat
  • Touchscreen besar serta responsif
  • Bonus Adobe Lightroom
  • Harga sesuai

Kelemahan:

  • Kontrol sepenuhnya dikendalikan touchscreen
  • Layar sulit terlihat saat ada sinar matahari
  • Daya baterai terbatas
  • Tidak ada pengisi baterai eksternal


Kualitasnya lebih dari apa yang dibayangkan, mulai dari gambar yang jernih dan tajam, autofocus yang cepat, konektivitas Wi-Fi yang bagus. Agan / Sis juga akan mendapatkan software Adobe Lightroom gratis yang terdapat pada paket penjualan kamera mirrorless Samsung NX2000.

Spek Lengkap

Spoiler for :


Pesaing Utama

Canon EOS M
Sebuah kamera mirrorless dengan 18 megapixel, full 1080- HD video, sistem continous AF, dan kendali touchscreen. Dilengkapi LCD berukuran 3 inci dengan 1.040 titik resolusi, ISO mulai dari 100 sampai 25600, dan hot shoe flash.

Fujifilm X-M1
Sebuah sistem kamera darij Fuji yang dirancang untuk memperluas daya tarik seri X. Kamera yang memiliki desain retro ini menawarkan sensor dan mount lensa yang sama dengan X-Pro1 dan X-E1. Kamera yang memiliki ukuran ringkas dan bobot ringan ini memiliki flash, lensa 16-50mm, Wi-Fi, LCD, dan harga yang terjangkau.

Nikon 1 V2
Merupakan generasi kedua yang sudah didesain ulang untuk menarik minat para fotografer yang antusias. Selain memiliki kontrol langsung dengan shooting mode, control dial, dan flash, kamera ini juga dilengkapi dengan sensor 14 megapixel, mode Best moment Capture, mode Motion Snapshot, dan continous AF 15 frame perdetik.

Olympus E-PL5
Sebuah kamera yang menawarkan banyak fitur lebih dari apa yang dibayangkan. Selain dikenal sebagai PEN Lite, E-PL5 memiliki sensor yang sama dengan OM-D E-M5. Memiliki sistem AF tercepat di kelasnya, layar LCD 3 inci, video 1080p High Definiton, dan berbagai macam pilihan filter.

Panasonic Lumix GF6
Menawarkan banyak fitur terbaik dengan layar LCD, Wi-Fi, NFC, sistem AF 0,09 detik, sensor Micro Four Thirds 16 megapixel, video 1080i High Definition, dan kontrol touchscreen

Samsung NX300
Merupakan saudara dekat dari NX2000 dengan sensor APS-C 20.3 megapixel, sistem hybrid autofocus, 3,3 inci layar sentuh AMOLED, continous shooting 8,6 frame per detik, dan rentang ISO 100 sampai 25600.

Sony NEX-5R
Kamera mirrorless Sony dengan sensor APS HD CMOS 16 megapixel, video 1080p High Definiton, layar LCD, flash eksternal, hybrid autofocus, Wi-Fi, dan aplikasi PlayMemories Camera.

Demikian review Ane mengenai Kamera Mirrorless Samsung NX2000. Informasi yang Ane berikan tidaklah sempurna, jadi apabila ada kekeliruan tolong di koreksi. Jika Agan / Sis punya pengalaman pribadi menggunakan kamera ini, maka Ane akan sangat senang sekali jika Agan / Sis mau berbagi lewat form komentar dibawah. Thanks

Polling
0 suara
Agan / Sista Bakalan beli Samsung NX2000 ???
Diubah oleh arinurcahya 19-01-2014 23:43
0
30.7K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
PhotographyKASKUS Official
14.2KThread4.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.