Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

1ll2ll3Avatar border
TS
1ll2ll3
Arif Wibowo Banting Setir Garuda ke Bisnis Penerbangan Murah
Jakarta, CNN Indonesia -- Arif Wibowo, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengkhawatirkan persaingan bisnis penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) di pasar domestik yang semakin ketat karena bisa mengancam kelangsungan bisnis perseroan. Untuk bisa bertahan, mskapai pelat merah itu akan menambah kelas ekonomi menjadi 60 persen pada setiap penerbangan agar bisa bersaing dengan maskapai lain yang banyak bermain di bisnis LCC.

"Rekonfigurasi di business class dan economy class. Kita coba expanding di economy class karena ini mampu memberikan peluang bertahan dari gempuran pesaing," kata Arif saat ditemui di Kementerian BUMN, Jumat (12/12).

Arif menilai selama ini tingkat keterisian kursi (seat load factor) di kelas bisnis Garuda rata-rata hanya 40 persen, jauh di bawah permintaan kelas ekonomi yang selalu tinggi.

"Kami akan mengurangi kelas bisnis dan menambah kelas ekonomi menjadi 60 persen di setiap pesawat sehingga bisa menambah seat sampai 50 kapasitas ke belakang, dan bisa menurunkan unit cost," jelasnya.

Menurutnya, kebijakan ini tidak ada hubungannya dengan kebijakan larangan penggunaan kelas bisnis bagi pejabat BUMN yang melakukan perjalanan dinas. Arif mengaku sudah memikirkan strategi ini jauh sebelum dirinya ditunjuk sebagai Dirut Garuda.

"Saya melihat sebelum ada peraturan Ibu Menteri BUMN itu. Itu data yang saya lihat selama dua-tiga tahun ini. Dari pada selama ini business class-nya kosong, lebih baik saya potong saja," kata Arif.

Arif merupakan pegawai karir di Garuda Indonesia, yang sejak 2012 menempati posisi sebagai Direktur Utama PT Citilink Indonesia. Arif tergolong sukses mengembangkan model bisnis penerbangan berbiaya murah dan berhasil membesarkan anak usaha Garuda itu menjadi perusahaan yang menguntungkan. Konsep ini akan langsung diterapkan di induk perusahaan Citilink begitu dia naik jabatan menggantikan Emirsyah Satar.

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...rbangan-murah/

saingan murah, jangan lupa juga saingan telat dan ganti ongkos 300rb atau klo bagasi rusak ma tas plastik emoticon-Ngakak
0
4.9K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.