Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deniswiseAvatar border
TS
deniswise
[buatan lokal] Jakarta Punya Bus Tingkat Baru

(Jakarta – haltebus.com) Warga Jakarta kini bisa berkeliling seputar Silang Monas hingga Bundaran HI dengan leluasa. Pemprov DKI Jakarta menambah lima unit bus tingkat wisata yang dihibahkan Tahir Foundation. “Kami ingin mengubah mindset warga Jakarta agar mau berpindah ke angkutan umum, sementara ini kita coba di Thamrin, Merdeka Barat, Harmoni,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat serah terima bus tingkat di Monas, Rabu (10/12/14).

Lima unit bus tingkat buatan Nusantara Gemilang, Kudus itu akan melengkapi lima bus wisata yang sebelumnya telah beroperasi. Rute yang dilalui Jl. MH. Thamrin, Jl. Merdeka Barat, Harmoni, Jl. Pasar Baru, Jl. Merdeka Utara, Jl. Merdeka Selatan, kembali ke Jl. MH. Thamrin. Pekan depan, Pemprov DKI Jakarta menerapkan uji coba larangan sepeda motor di ruas Jl. MH. Thamrin – Jl. Merdeka Barat hingga Harmoni. Jika uji coba berhasil, zona larangan sepeda motor diperluas.

Gubernur yang akrab disapa Ahok itu menyebutkan, pihaknya menambah jumlah angkutan kota tahun depan. “Kalau ada resistensi yang tidak terima di masyarakat saya terima sebagai masukan, itu wajar. Saya berterima kasih pada orang-orang seperti pak Tahir yang senang menyumbang,” katanya.

Sejauh ini pabrikan yang sudah menyatakan kesiapan untuk mendukung program bus tingkat Pemrov DKI Jakarta adalah Mercedes-Benz. Lima bus yang disumbangkan dibuat di atas chassis O 500 R-1836. Sementara bus-bus yang akan menyusul pengadaannya dibuat di atas chassis OC 500 RF-2542. Director of Sales Commercial Vehicle PT. Mercedes-Benz Indonesia, Olaf Petersen akhir November lalu pada peluncuran chassis OC 500 RF-2542 menyatakan pihaknya siap mendukung program pengadaan transportasi massal di Jakarta. “Dengan beberapa perubahan spesifikasi dan aturan pengoperasian yang ketat, OC 500 RF-2542 bisa dibuat untuk bus tingkat. Tahun depan kami persiapkan beberapa langkah untuk mendukung pemerintah Dki Jakarta,” kata dia.

Sementara itu Wakil Direktur PT. Adedanmas Mardi Santoso menjelaskan, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak lain selain Tahir Foundation. “Untuk pengadaan mendatang kami siapkan chassis OC 500 RF-2542,” kata Mardi.

Christian Nathanael Budianto dari Nusantara Gemilang tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Bus buatan karoseri yang berbasis di Kudus itu akhirnya bisa diakui oleh Pemprov DKI Jakarta. Meski terbilang baru, karoseri ini mampu membuat bus bertingkat. “Kami bersyukur dan berterima kasih diberi kepercayaan untuk menyiapkan transportasi yang digunakan di Ibukota. Kami akan berupaya memberikan yang terbaik kami Indonesia di masa depan,” ujarnya.

Bus buatan Karoseri Nusantara Gemilang yang diberi nama Miracle itu terbilang baik. Meski digunakan untuk bus kota, interior bus tak kalah jika dibandingkan dengan bus Antar Kota Antar Provinsi maupun bus wisata. Kabin penumpang di lantai atas yang dimuati 51 penumpang dan di lantai bawa bisa menampung 11 penumpang, dua diantaranya ruang khusus untuk penumpang dengan kursi roda. Pintu masuk yang lebar dilengkapi lantai yang bisa dibuka-tutup secara manual untuk lantai masuk kursi roda. Di sinilah letak perbedaan chassis Mercedes-Benz O 500 R-1836 pada Miracle, suspensi udaranya bisa diatur untuk naik-turunnya bus, sehingga memudahkan penumpang berkursi roda bisa masuk dengan mudah.

Agar pengemudi mudah mengawasi situasi di dalam bus, ada lima CCTV yang terpasang. Dua di lantai satu dan tiga unit di lantai dua. Di masing-masing lantai terpasang juga satu LCD monitor. Ada peringatan bagi penumpang agar tidak duduk atau berdiri di tangga, meski lebar tangga bisa dilalui dua orang dewasa bersamaan. Posisi tangga ini berbeda dibandingkan dengan Miracle versi bus wisata yang ada di sisi kiri. Tangga untuk bus wisata kota Jakarta ada di sebelah kanan. Tinggi plafon di lantai atas dan lantai bawah juga sudai disesuaikan dengan tinggi orang dewasa.

Kini ada cara baru menikmati suasana Jakarta dengan bus. Di masa mendatang kebutuhan bus kota terutama bus tingkat bisa berkembang. Semoga rencana Pemprov DKI Jakarta mengembangkan transportasi kota bisa diwujudkan, dan transportasi yang nyaman bisa segera dirasakan masyarakat. Enjoy Jakarta ! (naskah : mai/foto : mai) ada

sumber

selamat buat warga jakarta










Diubah oleh deniswise 11-12-2014 03:27
0
8.8K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.