Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dipro01Avatar border
TS
dipro01
Faktor Penyebab Terjadinya Kebangkrutan Sebuah Usaha


Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah bangkrut. Banyak usaha baik UKM maupun perusahaan yang telah mempunyai nama besar sekalipun yang hilang dari pasaran akibat mengalami kebangkrutan. Kebangkrutan memanglah suatu momok yang sangat menakutkan bagi setiap pengusaha karena sangat merugikan dan bisa berakibat fatal bagi kestabilan keuangan mereka.

Tidak akan ada asap jika tak ada api. Semua kejadian pasti ada faktor penyebab yang mengakibatkan hal itu bisa terjadi. Sama halnya dengan bangkrut. Kebangkrutan suatu usaha juga bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Jika anda seorang pengusaha, tentu saja anda harus mengetahui dengan pasti apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan kebangkrutan agar anda bisa mengantisipasi hal-hal tersebut dan terhindar dari bencana bangkrut. Dan kali ini kami hadir untuk memberikan beberapa tips bermanfaat yang bisa menjadi solusi bagi anda untuk menghindari terjadinya kebangkrutan dalam usaha anda. Simak berikut ini.

Faktor Internal

1. Manajemen yang tidak efisien
Manajemen yang tidak efisien akan mengakibatkan kerugian terus menerus yang pada akhirnya menyebabkan perusahaan tidak dapat membayarkewajibannya. Ketidakefisienan ini diakibatkan oleh pemborosan dalam biaya, kurangnya keterampilan dan keahlian manajemen.

2. Ketidakseimbangan dalam modal yang dimiliki dengan jumlah piutang-hutang yang dimiliki
Hutang yang terlalu besar akan mengakibatkan biaya bunga yang besar sehingga memperkecil laba bahkan bisa menyebabkan kerugian. Piutang yang terlalu besar juga akan merugikan karena aktiva yang menganggur terlalu banyak sehingga tidak menghasilkan pendapatan.

3. Moral hazard oleh manajemen
Kecurangan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan bisa mengakibatkan kebangkrutan. Kecurangan ini akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan yang pada akhirnya membangkrutkan perusahaan. Kecurangan dapat berupa manajemen yang korup atau memberikan informasi yang salah pada pemegang saham atau investor.

Faktor External

1. Perubahan dalam keinginan pelanggan yang tidak diantisipasi oleh perusahaan yang mengakibatkan pelanggan lari atau berpindah sehingga terjadi penurunan dalam pendapatan.

2. Kesulitan bahan baku karena supplier tidak dapat memasok lagi kebutuhan bahan baku yang digunakan untuk produksi.

3. Faktor debitor juga harus diantisipasi untuk menjaga agar debitor tidak melakukan kecurangan. Terlalu banyak piutang yang diberikan kepada debitor dengan jangka waktu pengembalian yang lama akan mengakibatkan banyak aktiva menganggur yang tidak memberikan penghasilan sehingga mengakibatkan kerugian yang besar bagi perusahaan.

4. Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan agar selalu memperbaiki diri sehingga bisa bersaing dengan perusahaan lain dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Semakin ketatnya persaingan menuntut perusahaan agar selalu memperbaiki produk yang dihasilkan, memberikan nilai tambah yang lebih baik lagi kepada pelanggan.

5. Kondisi perekonomian secara global juga harus selalu diantisipasi oleh perusahaan. Kasus perkembangan pesat ekonomi Cina yang mengakibatkan tersedotnya kebutuhan bahan baku ke Cina dan kemampuan Cina memproduksi barang dengan harga yang murah adalah contoh kasus perekonomian global yang harus diantisipasi oleh perusahaan.

Cermati dan kenali beberapa faktor penyebab terjadinya kebangkrutan usaha tersebut agar anda tidak menjadi salah satu korban pengusaha yang menjadi pesakitan karena mengalami kebangkrutan. Selamat Mencoba, dan Sukses Selalu.

Spoiler for Sumber:

0
8.6K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.