Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indosickAvatar border
TS
indosick
(BOIKOT PRODUK BAKRIE) Sidoarjo Siaga Luapan Lumpur Lapindo - SIAGA DARURAT
Musim Hujan, Sidoarjo Siaga Luapan Lumpur Lapindo



TEMPO.CO, Sidoarjo - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan hasil rapat koordinasi Badan Penaggulangan Lumpur Sidoarjo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sidoarjo, Kepolisian Resor Sidoarjo, dan Komando Daerah Militer Sidoarjo menetapkan Kabupetan Sidoarjo dalam status siaga luapan lumpur Lapindo. "Status siaga darurat terhadap bencana lumpur Lapindo ini ditetapkan sejak tadi malam," kata Dwijo seusai rapat, Selasa, 2 Desember 2014.

Alasannya, kata dia, hujan yang mulai turun di daerah Sidoarjo dan sekitarnya menyebabkan volume lumpur dalam kolam penampungan makin meninggi. Di beberapa titik, luberan lumpur telah mencapai bibir tanggul. Bahkan tanggul di titik 73B, Desa Kedungbendo, telah jebol. "Apalagi BPLS belum bisa memperkuat tanggul karena dihalang-halangi warga," ujarnya. (Baca berita terkait: Tanggul Lumpur Lapindo di Kedungbendo Jebol)

Menurut Dwijo, rapat memutuskan ada dua kegiatan yang akan dilakukan oleh BPLS. Pertama, memperkuat tanggul dengan menyedot lumpur yang berada di kolam penampungan. Kedua, persiapan rencana kegawatdaruratan oleh BPBD Sidoarjo. "Dua rencana ini harus segera dipersiapkan," tuturnya.

Rencana pertama telah dilakukan sejak Selasa, 1 Desember 2014. BPLS mulai berupaya mengurangi volume lumpur di kolam penampungan di titik 34 dan titik 35, Desa Pajarakan, untuk mencegah luberan. Lumpur di titik 34 dan 35 itu disedot untuk kemudian dialirkan ke Kali Porong yang ada di sisi selatan. Namun, dari empat mesin pompa penyedot lumpur yang dioperasikan, baru satu yang dipakai

"Pengerukan lumpur juga akan dilakukan," kata Dwijo. Dari pantauan Tempo di lapangan, beberapa backhoe dan eskavator sudah didatangkan ke tanggul. Alat-alat berat itu akan mengeruk lumpur di titik 21, Desa Siring. (Baca juga: Tanggul Lapindo Jebol, Dua Desa Terancam Tergenang)

MOHAMMAD SYARRAFAH


sumber

video siaga darurat

nih lumpur udah masuk ke taraf mengeriikan secara volume, banyak sungai yang jadi dangkal. dan masih terus memberikan dampak.
jadi semburan gak pernah berhenti. lumpur terus muncrat

dan bakrie teteap bisa beli path seharga 25 jeti dollar tanpa peduli kondisi lapindo .

ane boikot Path sosial messenger emoticon-I Love Indonesia (S)


(BOIKOT PRODUK BAKRIE) Sidoarjo Siaga Luapan Lumpur Lapindo - SIAGA DARURAT

Quote:


Diubah oleh indosick 03-12-2014 17:21
0
9K
108
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.