sancimeleketeAvatar border
TS
sancimelekete
Sekilas tentang PAHAM YANG DIIDOLAI SOEKARNO
Apa kabar para kaskuser semua, semoga hari ini mood-nya terjaga dan segala urusan dapat dikerjakan dengan lancar. Well, not to waste time, ane Sancimelekete hendak membagi sedikit pengetahuan tentang sebuah paham/ ideology yang lahir di Eropa di abad 19, dan kurang dari 1 abad kemudian paham ini diidolakan beberapa pelopor pendiri Negara kita, 2 diantaranya adalah Soekarno dan St. Sjahrir. Yah, inilah dia Ideologi Marxist.
emoticon-Cool



Adapun salah satu tujuan ane menulis trit ini adalah menyingkap MENGAPA Soekarno begitu ingin menerapkan ideology ini sebagai landasan sosio-ekonomi Indonesia di 2 dekade awal kemerdekaan.

Ane harap trit ini juga bisa membuka pikiran kita : yaitu mengimbangi sebuah paham lainnya, sebuaah sosio-ekonomi yang tengah mencengkeram dunia : Kapitalisme, kemudian kita bisa membanding-bandingkan ideology yang pada dasarnya saling bertentangan ini, lalu merenung : WHICH ONE IS THE MOST SUITABLE TO ME? (mana yang paling cocok dengan saya) emoticon-army

Fyi, ane membuat trit ini murni dengan bahasa dan tafsiran saya sendiri (bukan karya GOOGLE TRANSLATE), beberapanya berupa kutipan, dan untuk membuatnya lebih valid, trit ini didasarkan pada beberapa referensi. [/B][/size]
emoticon-army

Spoiler for Pengetahuan Sekilas Lalu tentang Marxisme:


yahh, Karena Marxisme cenderung membela kelas pejuang itulah paham ini terkenal Sosial Banget-nya, yang kemudian melahirkan paham Sosialisme beberapa dekade setelahnya, dan melahirkan kaum Socialist yang menonjolkan kesejahteraan bersama. Kalau dari segi kepemilikan modal dan aset, biasanya dipantau oleh Negara, apabila ada yang kelebihan aset maka asetnya akan diminta (tentunya meminta dengan prosedur yang legal gan, gak pake paksa-paksaan gitu, ato ada perjanjian khusus antara Negara dan Pemilik Aset tersebut : seperti penanaman Saham Negara dalam Aset tersebut), nahh aset yang sudah diserahkan ke negara tersebut dibagi2kan kepada orang miskin yang ingin memberdayakannya.

Karena itulah pada masyarakat yang menerapkan Sosialis ini susah ditemukan orang yang Kaya Banget dan orang yang Miskin Banget, kalaupun ada kesenjangan sosial : [B][size="4"]TIDAK KENTARA KELIATANNYA
. Istilahnya orang kaya naik Mobil Innova 2011, level menengah naik Civic 2000-an, sedangkan kelas bawah masih bisa berkendara mobil Civic 1990-an (masih sama2 enak punya mobil) emoticon-Big Grin

Soekarno merasa cocok mengaplikasikan paham sosio-ekonomi Marxisme dalam perjalanan bangsa Indonesia saat itu, Buktinya jelas dengan beberapa peristiwa yang terdokumentasikan berikut :
Tanggal 28 Februari 1966, di hadapan peserta Sapta Warsa Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI), Bung Karno terang-terangan mengakui dirinya seorang marxis. “Aku tegaskan dengan tanpa tedeng aling-aling, ya, aku marxis,” kata Bung Karno.

Itu bukan pertama kalinya Bung Karno menyebut diri marxis. Tanggal 6 September 1966, ketika menerima delegasi Angkatan 45 di Istana Negara, Bung Karno juga menyatakan dirinya seorang marxis. Bahkan, menurut pengakuannya, sejak tahun 1928, Ia sudah menjadi marxis, sekaligus nasionalis, dan agamais. “Marxisme adalah isi dada saya,” ujar Bung Karno.
Bahkan, di pertemuan dengan Angkatan 45 itu, Bung Karno sempat mengungkapkan kemarahannya kepada MPRS yang berkeinginan melarang ajaran marxisme. “Kalau engkau (MPRS) mengambil keputusan melarang Marxisme, Leninisme, Komunisme, saya akan ketawa,” tegasnya.”

Kenapa Soekarno ingin menerapkan Marxis di Indonesia?
Spoiler for The Reason:


Demikianlah Trit ini ane buat untuk menambah wawasan dan khasanah berpikir agan-agan disini, semoga bermanfaat. Dan kalau gak keberatan please send me emoticon-Cendol (S)

Ane kutip dari sumber ini gan
http://www.berdikarionline.com/bung-...ku-marxis.html


Makasih atas komen2nya gan
emoticon-2 Jempol

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh sancimelekete 16-01-2015 09:36
0
13.1K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.