ansarsafetyAvatar border
TS
ansarsafety
Susi Pudjiastuti : Penenggelaman Kapal Asing Mulai Berdampak

RIBUNNEWS.COM. JAKARTA –Eksekusi Penenggelaman Kapal asing mulai berdampak. Bila minggu lalu kapal penangkap ikan asing yang beroperasi di perairan Indonesia bisa mencapai 900 kapal, namun jumlah ini dari hasil pantauan satelit menurun drastis jumlahnya.

Menurut penuturan Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti dihadapan Mahasiswa Program Magister Manajemen Universitas Indonesia yang digelar bersama Tanoto Enterpreneurship dengan topik “ Berbagi Pengalaman Sukses Kepada Mahasiswa Program MM UI di Gedung Cyber 2, Jakarta, Jumat (5/12/2014) jumlah kapal penangkap ikan asing terlihat hanya 100 kapal (jumat 5/12/2014).

Kapal penangkap ikan yang dimusnahkan tergolong dari berbagai macam ukuran bahkan minggu depan satu lagi kapal berbobot 300 gross ton (GT) bakal ditenggelamkan di Batam. “ Upaya ini dilakukan agar mereka pemain atau pelaku menjadi jera melakukan aksinya di territorial Indonesia .”

Sewaktu ditanyakan apakah nantinya kapal yang tertangkap semuanya akan ditenggelamkan?. Menurut Susi tidak semuanya akan ditenggelamkan , karena nantinya kapal-kapal asing yang berhasil ditangkap akan diberikan kepada nelayan untuk dapat digunakan mencari nafkah.

Dihitung dari kerugian pencurian ikan oleh kapal asing kata Susi mencapai 25 miliar dollar Amerika dengan rincian bila satu kapal asing per tahun melaut selama delapan bulan hasilnya akan mencapai 600 hingga 800 ton. Bila ikan yang ditangkap jenis tongkol dengan harga per kilonya Rp 12.000, bias dikalikan 600 ton, jadi berapa kerugiannya.

Diutarakan Susi hampir selama 10 tahun terakhir industri perikanan Indonesia seperti cold storage dan pengepakan ikan hancur satu per satu karena tidak adanya bahan baku, karena saking banyaknya kapal asing yang menangkap ikan di Indonesia.

sumur http://www.tribunnews.com/nasional/2...ulai-berdampak
0
2.9K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.