fishbedAvatar border
TS
fishbed
[Edisi Memeras Rakyat] Tarif Listrik di Atas 1.300 VA akan Berubah pada Januari 2015
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tarif Dasar Listrik (TDL) di delapan golongan akan secara otomatis berubah pada Januari 2015. Pemerintah mulai 1 Januari 2015 memberlakukan perubahan tarif listrik secara otomatis (automatic tariff adjustment) lanjutan terhadap delapan golongan pelanggan.

Direktur Jenderal Kelistrikkan Kementerian ESDM, Jarman, mengatakan kedelapan golongan, yakni pertama rumah tangga R1 dengan daya 1.300 VA. Kedua, rumah tangga R2 dengan daya 2.200 VA. Ketiga, rumah tangga R2 dengan daya 3.500-5.500 VA. Keempat, golongan pelanggan industri I3 dengan daya di atas 200 kVA. Kelima, golongan pelanggan industri I4 dengan daya di atas 30 ribu kVA. Keenam, kantor pemerintah P2 dengan daya di atas 200 kVA. Ketujuh, penerangan jalan umum P3. Kedelapan, golongan pelanggan layanan khusus.

Jarman menegaskan, kedelapan golongan tersebut sudah tidak diberikan subsidi listrik per 1 November 2014.

Direktur Jenderal Kelistrikkan Kementerian ESDM, Jarman mengatakan, dengan tarif listrik secara otomatis lanjutan, maka tarif listrik akan fluktuatif. Besaran tarif akan mengikuti sejumlah indikator, yaitu kurs dolar AS, harga rata-rata minyak Indonesia (ICP), dan inflasi. ICP berpengaruh karena harga gas biasanya dikaitkan dengan subsidi.

Dia melanjutkan, dengan begitu, apabila ketiga indikator itu berubah, harga listrik juga mengikuti. ''Sehingga bila kurs dolar AS naik, tarif listrik naik demikian sebaliknya,'' katanya, Kamis (4/12). Aturannya, kata dia, telah diatur dalam Peraturan Menteri ESDM No 31 Tahun 2014 tentang tarif listrik.

Sebelumnya, pemerintah telah memberlakukan perubahan tarif listrik secara otomatis terhadap empat golongan pelanggan pada pertengahan tahun ini. Pertama, golongan rumah tangga R3 dengan daya 6.600 VA ke atas. Kedua, Golongan B3 dengan daya di atas 200 KVA. Ketiga, golongan B2 dengan daya 6.600 VA-200 KVA. Keempat, golongan kantor pemerintahan P1 dengan daya 6.600 VA-200 kVA.


===============================
Wow tarif listrik auto adjust. Benar2 kebijakan luar biasa emoticon-Najis

Jadi kalo dinaik-turunkan setiap saat kita tidak akan tahu, bahkan dicurangipun kita tidak akan tau, karena tarifnya tidak tetap. Dan kita tidak bisa protes. Karena bisa saja pagi ini tarifnya A, siangnya tarifnya B, sorenya sudah berubah lagi jadi C.

Memang sejak 1 November sudah tidak ada subsidi lagi, tapi tarifnya merupakan tarif tetap berdasarkan keppres pada era SBY. Jadi kalo ada kesalahan hitung, kita bisa tau. Nah mulai 1 Januari 2015 inilah menggunakan tarif "sesuka dia" yang kita sama sekali tidak bisa mengkalkulasikan.

Ini beda dengan BBM, walaupun sama2 mengikuti harga pasar, sebelum beli kita sudah tau harganya. Sedangkan tarif listrik kita benar2 dipermainkan.

Quote:


Kena tipu lagi ternyata bangsa Indonesia, emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh fishbed 06-12-2014 01:53
0
21.9K
407
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.