Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aangprogrammerAvatar border
TS
aangprogrammer
Semakin intens di dunia programmer, semakin kita merasa bodoh
Salam Sejahtera,
Kaskuser di seluruh penjuru Indonesia.

Mungkin agan-agan sekalian bertanya mengapa saya membuat judl thread ini Semakin intens di dunia programmer, semakin kita merasa bodoh?

Agan-agan jangan salah paham, ane bukannya orang yang benci sama programming malah ane seperti menemukan jalan hidup ane setelah kenal dunia pemrograman bahkan kayaknya kalo sehari saja gak ngoding berasa ada yang kurang emoticon-Ngakak (tiada hari tanpa koding).

Lantas kenapa ane bikin judul thread macam itu?

Entah cuman ane atau sebagian programmer saja atau mungkin seluruh programmer pernah mengalami seperti yang ane alami.

Secara garis besar ane intens di 2 bahasa pemrograman dan 1 database (PHP,JavaScript,MySQL). Bermula dari programmer native yang bener-bener masih lugu dan berantakan kodingannya, sampai mengenal OOP dan sekarang sudah nyaman dengan sistem MVC maupun CMS.

Dari setiap tahap perkembangan yang ane alamin entah itu yang signifikan maupun yang kecil ane merasa bahwa ane yang dulu itu bodoh, padahal kalo diflashback ane dimasa yang dulu itu ane udah merasa pinter dan bener.

Dari mulai pemrograman native maju ke OOP ane merasa bodoh saat masih menerapkan native sebagai landasan project2 yang ane buat dan akhirnya ane merasa pinter dengan metode OOP. emoticon-Cool

Setelah merasa hebat dengan konsep OOP beberapa bulan kemudian ane akhirnya berkenalan dengan konsep MVC framework (CodeIgniter), diawal perkenalan ane tadinya malas untuk mempelajarinya karena ane pikir konsep OOP sendiri yang ane jalanin pada masa itu udah benar dan lebih cepat dibandingkan harus belajar CodeIgniter emoticon-Cool. Sampai lewat beberapa bulan setelah perkenalan awal dengan CodeIgniter ane iseng karena gak ada job untuk mencari tahu kelebihan menggunakan konsep MVC dengan CodeIgniter dan lagi-lagi ane merasa bodoh emoticon-Sorry kenapa tidak mempelajari CodeIgniter dari awal kalau tahu konsep MVC itu powerfull, helpfull dan faster dari pada konsep OOP standar. Memang perlu perjuangan untuk belajar konsep MVC tapi percayalah gan itu sangat membantu.

Contoh diatas hanya sebagian contoh saja gan sebenernya banyak banget hal-hal yang bikin ane merasa bodoh dengan kodingan ane di masa dulu. Bahkan seringkali juga perubahan itu ane sadari pada saat ditengah-tengah melakukan develop suatu web atau aplikasi, ane terkadang merasa bahwa cara yang sudah ane jalanin pada saat itu adalah salah karena ada cara lain yang lebih mudah diterapkan atau cara lain yang bisa membuat proses develop lebih cepat, lebih sedikit komposisi kodenya, lebih mudah untuk melakukan maintenance kedepannya dll.

Dari keterangan tersebut diatas ane dapat mengambil kesimpulan kalo jangan pernah merasa hebat dengan apa yang kita tahu dan apa yang bisa kita lakukan di masa kini, karena jika kita merasa seperti itu kita takkan pernah menemukan apa yang lebih baik untuk diri kita. emoticon-I Love Indonesia (S)

Thanks gan udah mau nyimak emoticon-I Love Kaskus (S)
Diubah oleh aangprogrammer 04-12-2014 11:01
0
3.8K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer ForumKASKUS Official
20.2KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.