Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sazabi75Avatar border
TS
sazabi75
HARGA ROKOK Diusulkan di Atas Rp60.000 Per Bungkus
Bisnis.com, JAKARTA—Lembaga swadaya masyarakat Lentera Anak Indonesia menilai harga rokok di Tanah Air masih terlalu murah dan menyarankan agar dinaikkan di atas Rp60.000 per bungkus guna membatasi akses anak dan remaja merokok.

"Harga rokok saat ini jauh lebih kecil dari uang jajan anak, kami menyarankan di jual di atas Rp60 ribu per bungkus dan tidak boleh dijual batangan," kata Direktur Eksekutif Lentera Anak Indonesia Herry Chariansyah di Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Herry mengatakan murahnya harga rokok di Tanah Air membuat anak dengan mudah mengaksesnya dan ini mengkhawatirkan karena jumlah anak perokok terus bertambah dari tahun ke tahun.

Ia mengatakan berdasarkan data terbaru pada 2013, 45% remaja berusia 13-19 adalah perokok, sementara data Global Youth Tobacco Survey menyebutkan Indonesia merupakan negara dengan jumlah remaja perokok terbesar di Asia.

" Faktor utama yang mendorong anak dan remaja menjadi perokok adalah lingkungan dimana mereka menyaksikan dalam keseharian begitu banyak orang yang merokok dan dipandang sebagai hal biasa,"kata dia.

Selain itu, gencarnya iklan dan strategi pemasaran perusahaan rokok menyasar pasar remaja untuk merokok, sehingga mendorong mereka menjadi perokok.

"Oleh sebab itu jika pemerintah tidak ingin ke depan semua anak Indonesia menjadi perokok salah satu solusi adalah penaikan harga rokok serta melarang iklan dan menjualnya hanya pada tempat terbatas," kata dia.

Ia menambahkan anak-anak Indonesia yang ada saat ini pada 2030 akan berada pada usia produktif dan sulit dibayangkan Indonesia akan dapat menikmati bonus demografi jika sejak dini telah terbiasa merokok.

Sumber : Antara
Editor : Wahyu Darmawan

http://surabaya.bisnis.com/m/read/20141203/94/76569/harga-rokok-diusulkan-di-atas-rp60.000-per-bungkus

6o ribu wong uedan
0
1.8K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.