Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • AIR ASIA PARAH BANGET UNTUK HARGA KELEBIHAN BAGASI(PERBANDINGAN DENGAN YANG LAIN)

piresdodoAvatar border
TS
piresdodo
AIR ASIA PARAH BANGET UNTUK HARGA KELEBIHAN BAGASI(PERBANDINGAN DENGAN YANG LAIN)
Quote:




Quote:




Agak kaget sih ya dengan biaya kelebihan bagasinya air asia. Simak dulu ceritaku ya..
Saat tanggal 30 November 2024 ini (kemaren tepatnya) aku berada di Semarang. Karena nyokap baru wisuda. Syukur sudah lulus S3. Hehhehe.. yah kan mau gak mau balik ke Denpasar aku dan keluarga musti naik pesawat, karena esoknya aku harus nyusul UTS sebanyak 2, yaitu Pemodelan Simulasi dan Pengantar Robotika. Aku milih Air Asia karena dari Semarang ke Surabaya lagi promo. Dari Surabaya ke Denpasar aku naik Citilink Indonesia (adiknya Garuda Indonesia).
Lalu aku packing dan beban bagasiku memang lebih 12 kg. Aku dan keluarga berpikir, palingan lebih per kilo nya cuma Rp 20.000, dan saat aku ke Bandara Internasional Ahmad Yani dan checkin, petugas air asia pun mengatakan :

Petugas Air Asia : Mbak, ini bagasinya lebih ya 12 kilo..
Aku : Oh iya.. berapa?
Petugas Air Asia : Per kilonya Rp 117.000,-
Aku : Berapa mbak? (Ngerasa salah denger ap gak ya?)
Petugas Air Asia : Rp 117.000,- mbak..
Aku : (rada nyesek, tapi mau gimana lagi) Total berapa mbak?
Petugas Air Asia : Totalnya Rp 1.404.000,-


Oh God. Wow sekali harganya!!!!!!!!!!!!! Dibandingin dengan maskapai lain, Air Asia yang paling mahal deh biayanya kalau kelebihan bagasi. Citilink Indonesia biaya kelebihan bagasi hanya Rp 15.000. Sampai aku simpan bukti pembayaran Rp 1.404.000,- itu T.T. Untuk mengetahui biaya kelebihan bagasi untuk setiap maskapai, yuk lihat dulu di bawah ini, cuma beberapa aja yang aku tahu :
Air Asia : Rp 117.000
Garuda Indonesia : Rp 15.000
Citilink Indonesia : Rp 15.000
Nah, disini kelihatan banget kan kalau Air Asia itu lebih mahal biayanya untuk kelebihan bagasi? Tapi secara pribadi aku punya pendapat yang berbeda tentang kelebihan dan kekurangan dari beberapa maskapai yang udah pernah aku pilih :
1. Garuda Indonesia
Informasi lebih lengkap dapat di akses melalui link ini http://www.garuda-indonesia.com
Kelebihan :

Pelayanannya paling the best lah diantara yang lain. Mau dari kita baru naik pesawat selalu diberi salam. Saat kita mau duduk di seat yang tertera di boarding pass kita, dikasi senyuman dan berbicara pun sangat ramah. Kayak paket BB, Garuda itu memberikan pelayanan yang bener-bener Full Service deh.
Mendapatkan snack atau makanan hangat. Pihak Garuda Indonesia memberikan snack kepada penumpang jika penerbangan yang dilakukan kurang dari 1 jam. Jika penerbangan yang dilakukan lebih dari 1 jam, maka penumpang akan diberikan makanan hangat (nasi kotak).
Jika didalam kabin terdapat penumpang anak-anak, maka pihak Garuda Indonesia akan menyediakan makanan khusus untuk anak-anak dan menyediakan mainan seperti mobil-mobilan yang dapat menghibur anak-anak saat dalam perjalanan.
Seluruh awak kabin berbicara ramah dan sopan santun. Jadi jika terdapat pertanyaan dari penumpang akan dijawab sejelas mungkin, jadi kita pasti akan merasa nyaman pada saat penerbangan
Adanya layanan Web Checkin. Web Check in dapat dilakukan 24 jam sebelum penerbangan. Disini penumpang dapat bebas memilih tempat duduk yang diinginkan. Tanpa biaya apapun untuk melakukan web checkin.
Bagasi cuma-cuma (gratis) untuk setiap penumpang adalah 20 kg.
Kelebihan bagasi per kg dikenakan biaya sebesar Rp 12.600,- (tanya langsung di bagian Garuda Indonesia di Bandara Ngurah Rai bulan Februari 2013, kebetulan ke Semarang berangkat naik Garuda Indonesia)
Penumpang yang membawa peralatan olahraga, diberikan bagasi extra secara cuma-cuma sebesar 23 kg.
Kekurangan :

Dibandingkan dengan maskapai lain, Garuda Indonesia adalah termahal dalam memasang biaya setiap kali penerbangannya. Tapi hal itu sebanding dengan pelayanan yang diberikan kepada penumpang.
Biaya perubahan jadwal penerbangan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000,- per perubahan yang dilakukan jauh hari sebelum penerbangan. Jika penggantian jadwal dilakukan H-3hari sebelum penerbangan, maka biaya yang dikenakan akan lebih dari Rp 100.000,-
Garuda Indonesia tidak memberikan pelayanan mengubah nama penumpang.
Jika tiket yang dibeli adalah tiket promo, maka jika penerbangan ingin dibatalkan, uang tidak dapat dikembalikan.
Metode pembayaran tiket jika membeli online hanya tersedia menggunakan Kartu Kredit, Mandiri Internet Banking, dan BCA Klik Pay.
2. Lion Air
Informasi lebih lengkap dapat di akses melalui link ini http://www.lionair.co.id

Kelebihan :

Memasang biaya penerbangan relatif murah.
Adanya fasilitas Web Checkin yang dapat memilih tempat duduk sesuai keinginan penumpang.
Metode Pembayaran Tiket bisa dilakukan melalui ATM Mandiri, ATM Bersama, Mandiri Internet Banking, dan BCA Klik Pay.
Pesawat yang digunakan jika penerbangan dengan rute tujuan Jakarta dan Denpasar menggunakan pesawat jenis Boeing 737-900 ER.
Bagasi yang diberikan secara cuma-cuma adalah 20 kg.

Kekurangan :

Pramugari cantik tapi tidak ramah. Hanya bertanya tentang menaruh bagasi di kabin atas jawabannya jutek banget.
Menjual produk makanan dan minuman yang mahal dan barang yang dijualpun kadang ada yang rusak, contohnya air mineral. Air mineral sangat dibutuhkan dalam perjalanan karena kelembaban dalam kabin sangatlah kurang untuk penumpang Boeing. Tapi pihak Lion Air menyediakan minuman mineral dengan botol yang sudah peyat peyot dan berdebu.
3. Air Asia
Informasi lebih lengkap dapat di akses melalui link ini http://www.airasia.com

Kelebihan :

Sering mengadakan promo harga tiket dengan rute penerbangan yang sering diminati oleh orang-orang.
Menyediakan pembelian makanan dalam kabin pada saat pembelian tiket Air Asia secara online.
Terdapat menu makanan dan minuman yang dapat dibeli saat penerbangan berlangsung.
Armada yang digunakan adalah Airbus di semua rute penerbangan.
Menyediakan pembelian bagasi sebesar 15 kg, 20 kg, 30 kg, dan 40 kg.
Awak kabin cukup ramah.
Penjelasan penerbangan seperti ketinggian, posisi berada di atas kota apa saat mau landing, memperkenalkan nama Pilot dan Co-Pilot.
Dapat meng-upgrade bagasi yang dibeli 4 jam sebelum penerbangan melalui Online atau mendatangi kantor Air Asia di Bandara.
Penjualan produk makanan dan minuman dengan banyak jenis.
Penumpang dengan nomor tiket sama , beban bagasi dapat digabung. Misalkan 3 orang dalam 1 tiket, masing-masing penumpang free 20kg, sedangkan total bagasi 3 orang tersebut adalah 56 kg. Maka beban maksimal yang dapat dibawa oleh 3 orang tersebut adalah 60 kg (digabung).

Kekurangan :

Biaya kelebihan bagasi yang terlalu mahal Rp 117.000 per kg.
Biaya pembatalan penerbangan sebesar Rp 220.000,-
Jika membeli tiket online, hanya dapat membayar melalui Internet Banking BCA.
Snack hanya dapat dibeli sebelum atau saat penerbangan berlangsung (tidak secara gratis seperti Garuda Indonesia).

4. Citilink Indonesia
Informasi lebih lengkap dapat di akses melalui link ini http://www.citilink.co.id
Kelebihan :

Biaya penerbangan sangat murah.
Armada yang digunakan adalah Airbus dan Boeing 737-400.
Biaya kelebihan bagasi hanya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000,- per kg.
Bagasi yang diberikan secara gratis adalah 20 kg.
Penumpang dengan nomor tiket sama , beban bagasi dapat digabung. Misalkan 3 orang dalam 1 tiket, masing-masing penumpang free 20kg, sedangkan total bagasi 3 orang tersebut adalah 56 kg. Maka beban maksimal yang dapat dibawa oleh 3 orang tersebut adalah 60 kg (digabung).
Metode pembayaran dapat dilakukan melalui ATM Bersama, ATM Mandiri, ATM Prima, dan Kartu Kredit.
Kekurangan :

Rute penerbangan yang disediakan masih sedikit.
Produk makanan yang dijual masih sedikit.
Biaya penggantian nama penumpang dan jadwal penerbangan masing-masing Rp 200.000,-
Tidak disediakan makanan gratis bagi penumpang.
Pembatalan tiket uang tidak kembali (hangus)
Dari penjelasan diatas, didapatkan kesimpulan bahwa, dalam membeli tiket penerbangan pikirkan kira-kira berapa beban bagasi yang akan dibawa. Jika bepergian dalm rangka liburan, akan lebih baik membeli beban bagasi minimal 20 kg dan pembelian dengan nomor tiket yang sama. Belilah tiket melalui Online karena pembelian harga tiket dengan harga promo hanya bisa didapat dengan pembelian online. Andai ada yang mengalami hal yang sama seperti aku dalam hal kelebihan bagasi menggunakan maskapai Air Asia, mending bagasinya di Cargo aja. Biaya lebih rendah. Jika perjalanan penerbangan agak jauh, mending persiapkan minuman dan makanan sendiri ataupun membeli makanan saat pembelian tiket. Tapi ada baiknya jika membawa selalu air mineral untuk menghindari dehidrasi.
Sekedar mengingatkan, setelah membaca artikel ini, minta tolong ya.. Di share ke FB atau twitter. Terus diisi ya voting yang ada di pojok kanan atas dari halaman ini. Diisi juga kolom reaksi setelah membaca artikel ini, apakah bagus, penting, bermanfaat, atau yang lainnya. Bagi yang mau copy kata-kataku, jangan sampai lupa menyertai link dari halaman ini. Kalau ada yang bingung, silahkan tuliskan pertanyaan di form komentar. Makasi emoticon-Smilie

Soniya Gunawan at 2:01 AM

61 comments:

AnonymousMay 23, 2013 at 4:35 AM
teliti sebelum membeli, Air asia memang seperti pengen mendidik penumpangnya untuk lebih smart dan ngga manja. Bagasi air asia akan jauh lebih murah bila beli online. Jujur sih, untuk pelayanan dan profesionalisme saya prefer air asia. Btw, bagi yg sebel sama kewajiban bagasi AA untuk flight domestik, skip bagasi masih bisa kok.. ya itu tadi, kita kudu smart .. hehehe.
Trus beli online pembayaran bisa kok pakai niaga and kartu kredit.

Untuk Garuda.. yup saya setuju.. garuda is the best pelayanannya.
Untuk Lion air : setuju.. kelebihan lion hanyalah harga yg kompetitif, pesawat baru dan rute yang banyak.



Quote:


Diubah oleh piresdodo 01-12-2014 13:03
nona212
nona212 memberi reputasi
1
118.3K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.