Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • IYONG ASLI GOMBONG...MAU BERNOSTALGIA GAN....! YANG MAU IKUT MASUKKKKK

alwaysgegeAvatar border
TS
alwaysgege
IYONG ASLI GOMBONG...MAU BERNOSTALGIA GAN....! YANG MAU IKUT MASUKKKKK





KE GOMBONGGGGGGGG....!!

.....................................................................................................................................................
Gombong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Gombong merupakan kota kecamatan yang mempunyai letak strategis karena memiliki beberapa objek wisata yang sedang berkembang. Objek-objek wisata tersebut antara lain Bendungan Sempor yang terletak 7 km di sebelah utara Gombong. Bendungan tersebut merupakan sumber irigasi, pembangkit listrik dan objek pariwisata. Bendungan tersebut pernah jebol dan memakan korban lebih dari 130 orang meninggal dunia. Namun sekarang bendungan tersebut telah dibangun kembali.

Di samping itu 18 km di sebelah selatan agak ke barat terdapat Pantai Puring, Pantai Ayah, Pantai Buayan, Pantai Logending dan beberapa goa stalagtit/stalagmit yang masih asli (Goa Petruk) dan goa yang sudah dipugar (Gua Jatijajar). Selain itu juga ada Pantai Karangbolong. Pada bulan tertentu diadakan acara ritual ngunduh sarang burung walet di pantai tersebut, karena banyak burung walet yang meletakkan sarangnya di tebing-tebing curam yang ada di Pantai Karangbolong. Di bagian Utara kota Gombong yaitu persisnya di desa sidayu terdapat benteng Van der Wijck, sebuah benteng tua peninggalan belanda. Saat ini benteng tersebut digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga.

YUKKK DI MARIIIII.....

Supaya iyong gak laper menjelajah...icip SOTO GOMBONG duyuuu



MAREEEE KITA BERNOSTALGIA....

GUA JATIJAJAR



KARANG BOLONG BEACH



BENTENG VAN DER WICK


Merupakan salah satu peninggalan colonial Belanda yang berada di Kompleks Secata A ( Sekolah Calon Tamtama A ) Gombong beralamat di jalan Sapta Marga Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Benteng ini seluruhnya terbuat dari batu bata merah dan memiliki ciri “ ciri khusus yang berbeda dengan benteng “ benteng lain peninggalan Belanda di Indonesia. Di Benteng inilah Soeharto mantan Presiden Indonesia ke 2 pernah di latih kemiliteranya.

Dibangun pada abad ke XVIII oleh Belanda untuk pertahanan, dan bahkan kadang-kadang untuk menyerang. Nama benteng ini diambil dari VAN DER WIJCK, nama yang terpampang pada pintu sebelah kanan, kemungkinan nama komandan pada saat itu.
Mudah dicapai dari pusat Kota Gombong. Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama FRANS DAVID COCHIUS (1787 - 1876), seorang Jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen yang namanya diabadikan menjadi Benteng GENERAAL COCHIUS.
Selanjutnya Benteng pertahanan ini digunakan untuk sekolah militer. Setelah direnovasi menjadi tempat wisata, area ini dilengkapi dengan taman, kolam renang dan arena permainan anak-anak.


GOA PETRUK



PANTAI AYAH



WADUK SEMPOR


Sempor adalah salah satu waduk terbesar yang ada di daerah selatan Jawa Tengah, selain Wadaslintang.

Waduk ini dibangun untuk membantu pengairan sawah yang ada di Kebumen, Banyumas, dan Cilacap. Lokasinya cukup strategis, sehingga pemerintah Kabupaten Kebumen mempromosikannya sebagai objek wisata.

Waduk ini sangat cantik, dan punya beberapa fasilitas wisata. Traveler bisa naik perahu keliling waduk, berfoto ria, atau sekadar melepas lelah dengan berteduh di bawah pohon rindang. Tak sulit untuk mencapai Waduk Sempor, Anda bisa naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum menuju Kecamatan Sempor.

Tiket masuknya sangat murah, Rp 2.000 saja per orang. Sayang, pemerintah setempat tampak kurang serius mempromosikan waduk ini. Hal itu terbukti dari minimnya promosi, serta fasilitas yang kini sudah tak beroperasi seperti hotel dan restoran. Panggung hiburan pun tampak terbengkalai. Padahal, Waduk Sempor bisa jadi objek wisata yang potensial.

PANTAI LOGENDING



TEROWONGAN IJO, JATIJAJAR



STASIUN GOMBONG


Stasiun Gombong (GB) adalah stasiun kereta api kelas I yang terletak di Desa Wonokriyo Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Stasiun yang terletak pada ketinggian +18 m ini termasuk dalam Daerah Operasi V Purwokerto. Stasiun ini pun jauh lebih terkenal dibanding Stasiun Kebumen.

Berdasarkan kisah sejarah Gombong, Belanda pernah membangun Benteng Van der Wijck sebagai basis kekuatan militer Belanda, serta membangun stasiun yang kelak dikenal sebagai Stasiun Gombong. Okupansi penumpang di stasiun ini cukup bagus, serta menjadi andalan masyarakat dari Kecamatan Gombong, Sempor, Rowokele, Buayan, Kuwarasan, dan Puring yang ingin naik kereta api. Ada 23 kereta api yang melayani Stasiun Gombong, dan merupakan salah satu stasiun di lintas Kroya-Kutoarjo dengan fasilitas reservasi tiket online.

Stasiun ini memiliki 5 jalur. Jalur 1, 2, dan 4 sebagai jalur untuk persilangan dan jalur 2 sebagai jalur utama (lurus). Khusus untuk jalur 5 digunakan sebagai sepur badug untuk bongkar muat pupuk di gudang PT Pupuk Sriwidjaja Palembang. Stasiun ini kini telah dilengkapi mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM).

TARIAN LAWET


Diciptakan pada tahun 1995 oleh seniman Kebumen. Menceritakan tentang aktifitas burung lawet dalam mencari makan sampai kembali ke sarangnya. Diperagakan minimal 2 orang penari perempuan. Durasi 10 menit.

INGKUNGAN SURAN


Upacara selamatan dalam rangka memperingati seorang tokoh ulama besar jawa yang bernama Syech Ibrahim Asmoro Kondi. Pelaksanaannya pada bulan Syura /Muharam yang jatuh pada Jum’at Kliwon atau kalau tidak ada hari Jum’at Kliwon pada bulan itu, maka dilaksanakan pada hari Jum’at Pon. Peserta adalah warga Dusun Kuwarisan Kelurahan Panjer baik itu muslim,non muslim, penduduk asli maupun pendatang yang sudah menikah atau pernah menikah dan para keturunan yang ada di luar daerah.

setiap tahun jumlah peserta meningkat .Tahun 1995 oleh MURI dijadikan Event Budaya Tumpengan dan Ingkung terbanyak se Indonesia yaitu 4557 buah. Dilaksanakan pada setiap bulan Suro/ Muharam.

KUDA LUMPING


Jenis Kesenian ini sangatlah merakyat di Masyarakat Kabupaten Kebumen . Puluhan kelompok grup kesenian kuda lumping telah terbentuk. Jumlah grup ada 95. Jumlah Grup Kesenian Kuda lumping merupakan yang terbanyak di Kabupaten Kebumen , bahkan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Kebumen Tahun 2008 , Kabupaten Kebumen menciptakan kudalumping ukuran paling besar dan mendapatkan piagam MURI kategori Kuda Lumping terbesar se Indonesia.

waduuuhhh gan...ane lapar lagi setelah jalan-jalan ke Gombong dan sekitarnya...cari ahhh kuliner gombong yang lain...

LOTEK TAHU ULEG



SOTO BEBEK



LANTING



Udah ahh gan..ane capek abis muter-muter gombong semoga terobati yaa gan....
Diubah oleh alwaysgege 27-11-2014 05:49
0
11.2K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.