Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kuchizukaAvatar border
TS
kuchizuka
Sepeda Bambu yang Ramah Lingkungan
Sepeda Bambu yang Ramah Lingkungan


Sepeda Bambu yang Ramah Lingkungan

Quote:


REPUBLIKA.CO.ID, GHANA — Bahan baku dalam pembuatan sepeda konvensional dinilai kurang ramah lingkungan. Dalam menjawab persoalan itu, bambu bisa menjadi salah satu solusinya.

“Sepeda bambu mulai mendapat banyak perhatian di kancah internasional, bahkan hal ini juga dibahas dalam Konferensi Perubahan Iklim,” ucap Chief Executive Officer International Boomers Danso seperti yang dilansir dari BBC pada Jumat (26/9).

Aluminium, baja, titanium dan serat karbon merupakan beberapa bahan baku dalam pembuatan rangka sepeda konvensional. Bahan baku itu dinilai kurang ramah lingkungan karena proses produksinya menimbulkan polusi berupa karbon.

Selain tidak menimbulkan polusi dalam proses produksinya, bambu juga dinilai memiliki struktur yang cukup kuat dan ringan sehingga dapat digunakan sebagai rangka sepeda.

Bambu memiliki kekuatan sekitar 28.000 newton per square inch (psi), sedangkan baja hanya 23.000 newton psi. Sruktur serat dalam batang bambu juga dinilai dapat menyerap guncangan dan getaran dengan lebih baik dibanding dengan bahan konvensional.

Sepeda bambu sebenarnya pernah berkembang pada tahun 1894. Setelah sempat menghilang, kini ide ini mulai muncul kembali seiring dengan isu perubahan iklim dan kemiskinan di Gana.

Bambu juga menjamin ketersediaan bahan baku jangka panjang karena bambu dalah tanaman dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Beberapa jenis bambu tertentu dapat tumbuh sekitar 35 inch dalam 24 jam.

Selain itu bambu akan selalu tumbuh setelah batangnya dipotong. Hal ini menyebabkan setiap setelah panen bambu tidak perlu dilakukan penanaman kembali.
0
1.6K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.