Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini CARANYa agar anak balita agan BERHENTI NGOMPOL saat tidur (aye udah BUKTIIN gan!)

lockhideAvatar border
TS
lockhide
Ini CARANYa agar anak balita agan BERHENTI NGOMPOL saat tidur (aye udah BUKTIIN gan!)

Agan2 pernah donk ngalamin waktu kecil puser agan2 di kasih capung sama orang tua kita, tujuannya agar agan2 kecil ga ngompol lagi. Cara ini kadang berhasil, tapi lebih banyak gagalnya. Meski ber-kali2 puser kita digigit sama capung, tetep aje kita ga bisa berhenti dari kebiasaan ngompol hehehee.. ayo ngaku deh yang kecilnya sering ngompol.. emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak

Ini ga hanya terjadi sama agan2 aja. Kebiasaan ngompol mungkin pernah dialami semua orang saat kecil. Ngompol merupakan hal alami yang terjadi pada anak2. Namun jika sudah terlalu sering, maka kebiasaan ngompol akan sangat mengganggu, misalkan kasur jadi bau pesing dan membuat kita harus sering-sering jemurin kasur. Nah untuk menghindari ini, biasanya kebanyakan orang tua akan akan memakaikan popok instan pada anaknya. Namun kekurangannya selain menimbulkan penyakit kulit, penggunaan popok instan dalam jangka panjang akan menyebabkan anak malas belajar pipis sendiri dan juga mengakibatkan pengeluaran agan semakin membengkak. Maklum aja, pengeluaran rutin terbesar anak balita dihabiskan untuk membeli susu formula dan popok instan. Nah disini aye bagi pengalaman aye sekaligus tipsnya agar anak agan ga ngompol lagi, setidaknya mengurang frekuensi ngompolnya.
emoticon-Angel

Cerita berawal saat anak aye (perempuan) yang berusia 2 tahun mengalami ruam (bintik-bintik) pada area kemaluannya. Lalu aye dan istri putusin buat konsultasi ke dokter. Dan setelah di analisa, menurut dokter ruam itu diakibatkan oleh air kencing yang terdapat dalam popok instan sekali pakai yang sering dikenakan anak aye. Masih menurut dokter, anak usia 2 tahun sebaiknya udah gak menggunakan popok instan lagi baik saat tidur ataupun beraktifitas sehari-hari. Lalu dokter memberikan saran agar aye dan istri mulai mengajari anak aye pipis sendiri. Dan berikut tips yang diberikan dokter agar anak berhenti ngompol gan:
emoticon-Baby Girl

1. Sebelum beraktifitas di pagi hari, pastikan agan selalu bilang ke anak “kalo kamu pengen pipis, kamu bilang ya ‘mama pengen pipis’” atau kalimat peringatan lain sesuai bahasa yg digunakan di keluarga agan. Ulangi dan peringatkan kembali anak kita di siang dan sore harinya.

2. Sebelum tidur, pastikan agan meminta anak agan untuk pipis terlebih dahulu. Kalo dia bilang ga mau pipis ya udah biarin aja, mungkin saat itu dia sedang belum ingin pipis.

3. Sesaat sebelum tidur, agan peringatkan lagi “kalo kamu pengen pipis kamu bangun ya, terus kamu bangunin mama deh dan bilang ‘mama pengen pipis’”. Agan ulangi lagi dan tanyakan apa dia paham dengan maksud agan. Pastikan anak agan mengangguk pertanda bahwa dia mengerti dan paham perintah agan. Ini bertujuan untuk menanamkan ingatan dalam memori otaknya dan membuat ia berkomitmen untuk melakukan perintah agan tersebut.

4. Dalam waktu 3-4 jam setelah anak tertidur, bangunkan ia dan bawa segera ke kamar mandi. Pada awalnya anak akan marah atau menangis saat kita bangunkan. Agan harus “tega” dan bawa anak dengan “paksa” ke kamar mandi meskipun matanya kadang masih tepejam. Tapi ini biasanya ini tidak berlangsung lama. Dalam 1-2 minggu anak agan akan mulai terbiasa dengan kebiasaan ini dan tidak menangis lagi.

5. Nah ini bagian akhir yang terpenting gan. Setelah sampai di kamar mandi, agan buka keran air hingga terdengar suara air keran keluar. Ini bertujan untuk menstimulasi/merangsang anak untuk pipis. Nah setelah agan buka keran air lalu mulai deh minta anak agan untuk pipis (buat anak cewek usahakan untuk jongkok, sedangkan anak laki2 boleh jongkok atau berdiri). Untuk awal2 biasanya pipis anak sedikit gan, tp ini normal karena mungkin belum terbiasa.
emoticon-Request

Saran aye sih lakukan hal ini setidaknya selama 3 minggu atau lebih sampai anak ga ngompol lg gan. Tapi biasanya dalam 1-2 minggu anak udah ga ngompol lagi dan mulai terbiasa pipis sendiri. Setelah sebulan agan gak perlu melakukan kegiatan ini lagi. Anak agan akan mulai bisa menahan kencing sepanjang malam. Dan jika dia ingin pipis ditengah malam maka dia akan terbangun dan agan harus mengantarnya ke kamar mandi.

Saat mempraktekan tips ini, pastikan agan dan pasangan harus disiplin, sabar dan telaten. Agan dan pasangan jg harus berkomitmen dan konsisten menjalankan tips ini. Memang berat sih untuk bangun tengah malam dan membawa anak ke kamar mandi, apalagi saat ngeliat sikecil menangis (rasanya ga tega gan). Tapi ini akan menjadi kebiasan baik bagi anak agan kedepannya. Agar lebih disiplin, agan coba pasang alarm di hp atau jam weker dan set deringnya 3-4 jam setelah anak agan tertidur.

Nah adapun keuntungan dari anak2 agan yang ga ngompol lagi diantaranya adalah:
1. Anak agan akan terbiasa pipis sendiri
2. Kasur agan akan terhindar dari bau pesing
3. Agan ga perlu repot2 setiap hari jemurin kasur yang kena ompol
4. Pengeluaran agan berkurang untuk membeli popok instan

Nah sekian tips dari aye gan.. semoga membantu anak agan untuk berhenti ngompol.
emoticon-Peluk

Oya btw, aye juga punya game2 dan aplikasi android yang bagus dan cocok buat agan dan pendidikan anak2 agan. Buat agan2 aye kasih gratis dah alias grentoong.. silakan cek TKP-nya disinigan.

Makasih ya gan udah mampir di trit aye ini.. emoticon-Kiss
emoticon-Baby Boy
catros
catros memberi reputasi
1
8K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.