haperuzakAvatar border
TS
haperuzak
[Dendam KMP] Inisiator interpelasi Jokowi sulit cari logika kenaikan BBM
Merdeka.com -Salah satu inisiator interpelasi kenaikan harga BBM dari Fraksi Golkar, Aditya Anugrah Mohamengatakan, ada sejumlah alasan mendasar perlu digunakannya hak interpelasi terhadap pemerintah Presiden Joko Widodo ( Jokowi) yang menaikkan harga BBM.
"Pertama pemerintah baru 30 hari bekerja dan kondisi masyarakat yang tengah dihimpit kesusahan yang berharap akan adanya perbaikan, serta menginginkan kepekaan sosial," kata dia saat dihubungi wartawan, Kamis (27/11).
Alasan kedua, tambah Aditya, sulitnya mencari alasan dan logika ekonominya atas kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. Karena posisi saat ini harga minyak dunia yang cenderung menurun.
"Dari USD 150 menjadi USD 73.5 atau turun 30 persen dari target asumsi ICP di APBN 2015. Sehingga kami menilai momentumnya sangat tidak tepat," tegas Aditya.
"Ketiga, belum adanya konsep dan perencanaan terukur, memadai serta komprehensif dari dampak kenaikan ini, sektor transportasi umum, BBM nelayan, UKM dan sebagainya," imbuhnya.
Selain itu, politikus Golkar ini menegaskan, belum terlihat komitmen nyata dan adanya langkah upaya sistematis dari pemerintah tentang arah kebijakan konversi BBM ke BBG. Juga soal pengembangan energi alternatif terbarukan, seperti panas bumi, air, bahan bakar nabati dan lain sebagainya.
"Yang Kita miris di mana negara tetangga kita Malaysia malah menurunkan harga jual BBM untuk masyarakat," tegasnya.
Aditya menambahkan, dampak kenaikan harga BBM sangat luas terhadap kebutuhan bahan pokok dan sektor lainnya.
"Sampai saat ini harga-harga kebutuhan pokok terus naik dan tidak bisa dikontrol, yang makin memicu laju inflasi kebutuhan dasar itu. Cabai misalnya, sudah di angka Rp 100 ribu dan ini tidak sejalan dengan program pemerintah untuk menjaga inflasi pada tahun 2015 sebesar 4,4 persen sebagaimana amanat UU APBN 2015," tutupnya

http://m.merdeka.com/politik/inisiator-interpelasi-jokowi-sulit-cari-logika-kenaikan-bbm.html
0
5.9K
110
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.