Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cloudhernAvatar border
TS
cloudhern
Konsisten Tolak BBM dari Era SBY Hingga Jokowi!
Konsisten Tolak BBM dari Era SBY Hingga Jokowi, PKS: Sudah Dikaji!
M Iqbal - detikNews

Jakarta - Masih ingat saat PKS menolak kenaikan harga BBM bersubsidi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)? PKS konsisten dengan sikapnya, dan kini kembali menyampaikan penolakan saat negara dipimpin Presiden Joko Widodo.

"Sama aja sikapnya, sudah dikaji. Makanya kita lihat di dalam klausulnya (pernyataan sikap penolakan PKS-red). Kalau dicermati, kan PKS mengatakan di samping ada solusi yang jangka pendek, ada jangka panjang," kata ketua DPP PKS Jazuli Juwaini di gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/11/2014).

Solusi jangka panjang dimaksud di antaranya diversifikasi energi, membangun infrastruktur‎ energi yang kokoh, memperbaiki sistem transportasi masal, meningkatkan lifting minyak, melakukan audit efisiensi impor BBM oleh auditor independen, membuat target yang jelas dalam pembangunan kilang dan SPBU baru dan lainnya.

"‎Bukan karena PKS oposisi, tapi cintanya PKS kepada pemerintah makanya PKS sampaikan dengan solusi," papar politisi asal Banten itu.

Namun yang beda, penolakan terhadap kebijakan pemerintah saat ini akan dibarengi dengan pengajuan hak anggota DPR yaitu hak interpelasi. Alasannya, karena DPR merasa tidak dilibatkan berdiskusi untuk menaikkan harga BBM.

"Di UU APBN memang menaikkan harga BBM hak presiden, tapi kita tak punya ruang diskusi saat ini. Ruang kita tinggal bertanya‎. Fraksi PKS akan ambil dan galang langkah konstitusional seperti hak interpelasi," ujarnya.

Lalu mengapa sata era SBY penolakan PKS tidak diajukan juga hak interpelasi?

"Karena waktu itu di UU (APBN)ayat 14, pemerintah tidak boleh ambil keputusan kecuali libatkan DPR. Artinya mereka (pemerintah era SBY) sudah disampaikan secara kelembagaan. Sekarang kita tak ikut campur di internal pemerintah," jawab Jazuli.

Sebagaimana diketahui, saat pemerintahan era Presiden SBY, PKS memang keras menolak kenaikan harga BBM hingga menyebar spanduk-spanduk.

Padahal PKS bagian dari partai pemerintah. Akibatnya, menteri PKS saat itu terancam dicopot.
(iqb/fdn)


http://m.detik.com/news/read/2014/11/18/192622/2752119/10/konsisten-tolak-bbm-dari-era-sby-hingga-jokowi-pks-sudah-dikaji

Luar biasa... memang konsisten dan bukan pencitraan ky moncongputihdanomwiwi...
Diubah oleh cloudhern 27-11-2014 13:15
0
3.4K
55
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.